Cara Daftar UMKM BRI Online Lewat HP Terbaru 2022, Gratis !!

Cara Daftar UMKM – Di masa pandemi ini, harus diakui emang ekonomi lagi berat-beratnya ya gaes, apalagi bagi para pelaku UMKM. Tapi pemerintah tentunya gak tinggal diam kok.

Ada banyak bantuan yang bisa didapetin buat para pelaku UMKM. Tapi lo harus tau dulu Cara Daftar UMKM Online 2022 Lewat HP biar bisa dapetin bantuannya. Nominal yang dikasih pemerintah buat para pelaku UMKM ini cukup lumayan gaes.

Walaupun gak terlalu banyak, seenggaknya bisa buat ngidupin usaha lo tuh biar tetep eksis di masa – masa sulit gini. Penasaran apa aja bantuan yang disediain dan gimana cara daftarnya? Yuk langsung aja kita bahas.

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Sebenernya ada banyak bantuan pemerintah yang bisa lo dapetin. Baik sebagai pelaku UMKM maupun sebagai warga biasa.

Tapi karena di kesempatan kali ini gue bakal ngebagiin info terkait Daftar BLT UMKM 2022 Online, jadi untuk cara daftar bantuan yang gue pakai di sini adalah BLT untuk UMKM ya gaes.

Nah, sebelum ke Cara Daftar UMKM biar lo bisa dapet bantuan. Lo harus tau dulu nih, persyaratan apa aja yang harus lo siapin biar proses pengajuannya lancar jaya.

Oke, berikut ini beberapa dokumen persyaratan yang harus lo siapin :

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP
  • Foto usaha skala mikro (UMKM)
  • Nomor Induk Berusaha
  • Bukti kepemilikan UMKM yang bisa berupa Nomor Izin Berusaha (NIB), Surat Keterangan Usaha (SKU), atau bisa juga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Cara Daftar Online UMKM 2022 ini juga punya beberapa persyaratan dasar yang harus lo penuhi, diantaranya :

  • Harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bukan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, atau TNI/Polri
  • Tidak dalam masa pinjaman dari bank atau dalam masa KUR (Kredit Usaha Rakyat)
  • Punya usaha berskala mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM. Surat ini sendiri bisa didapatkan dari Dinas Koperasi dan UKM di masing-masing daerah.

Bagaimana Cara Daftar UMKM Online untuk Mendapatkan Bantuan Pemerintah?

Bagaimana Cara Daftar UMKM Online untuk Mendapatkan Bantuan Pemerintah

Kalau semua syarat di atas udah terpenuhi dan lo siapkan, sekarang saatnya menuju ke Cara Daftar UMKM Online 2022 Gratis biar lo bisa dapetin bantuannya ya gaes. Yuk langsung aja terapin cara – cara di bawah ini :

  1. Pertama kunjungi situs tempat lo daftarin usaha lo di https://oss.go.id/ Daftar Online UMKM
  2. Setelah itu login pake akun yang udah lo punya ya gaes
  3. Kalau belum punya akun, klik tombol Registrasi buat daftarin diri
  4. Buat akun di menu itu dengan ngikutin semua prosedur yang udah disediain, pastikan lo udah siapin semua data yang dibutuhkan yaa
  5. Kalau pembuatan akun selesai, baru lo bisa login dengan cara klik tombol Perizinan Berusaha terus lanjut dengan klik Perseorangan
  6. Setelah login, lo harus pilih pendaftaran NIB dengan menyesuaikan jenis usaha yang lo jalani
  7. Selanjutnya lo harus mengisi formulir yang udah disediakan
  8. Kalau udah, klik tombol simpan
  9. Terus klik tombol lanjutkan
  10. Proses selanjutnya adalah klik tombol tambah usaha buat nambahin data usaha yang lo punya
  11. Isi semua data yang diminta terkait usaha yang diajukan
  12. Kalau udah, klik simpan dan lanjutkan
  13. Kalau usaha lo masih tergolong berskala kecil, maka lo bisa isi bagian formulir komitmen prasarana usaha dengan pengajuan izin lingkungan dan izin lokasi
  14. Klik selanjutnya, di sini akan diperlihatkan rangkuman semua data yang udah lo isi, pastikan semuanya udah benar
  15. Kalau semua udah dirasa benar, kasih tanda centang di kotak disclaimer
  16. Lalu setelah itu klik proses NIB

Proses Cara Daftar UMKM di atas emang cukup panjang gaes, tapi lo gak perlu khawatir karena semua proses tersebut bisa dilakukan secara online. Sehingga bakal menghemat waktu dan tenaga lo banget nih.

Sebagai tambahan info, kalau tempat tinggal dan tempat usaha lo punya alamat yang berbeda, lo bisa melampirkan dokumen tambahan yang diperlukan, yaitu Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Surat ini akan memperkuat bukti kalau usaha tersebut emang bener – bener punya lo dan lo yang jalanin. Setelah semua proses pendaftaran di atas selesai, lo bisa pantau hasilnya melalui laman e-form BRI. Lo bisa cek di alamat berikut : eform.bri.co.id/bpum.

Jenis Bantuan Pemerintah Selama Pandemi

Jenis Bantuan Pemerintah Selama Pandemi

Gak cuma bantuan di atas, pemerintah juga kasih banyak bantuan lain buat masyarakat untuk meringankan beban selama pandemi.

Jadi selain Cara Daftar UMKM buat bantuan BLT UMKM, di sini Gaptex.id juga bakal kasih tau lo semua bantuan apa aja yang bisa lo dapetin selama pandemi ini.

1. Bantuan Subsidi  Listrik

Bantuan ini akan secara otomatis lo dapetin kalau daya listrik di rumah lo pake 450 W atau 900 W. Subsidi yang dikasih yaitu berupa subsidi 50%. Atau bisa juga dibilang diskon separuh gitu lah gaes.

Tapi buat lo yang listriknya di atas itu, gak bisa dapet ya gaes. Menariknya, lo gak harus daftarin diri kaya Cara Daftar UMKM sebelumnya. Karena pemerintah melalui PLN akan langsung memotong tagihan lo pada saat pembayaran.

2. Bantuan untuk Warung dan PKL

Selain UMKM, pedagang kaki lima dan warung-warung pasti juga terdampak pandemi dengan cukup telak. Kalau kebetulan lo punya usaha tersebut dan terdampak pandemi sehingga pendapatan lo menurun, lo bisa banget buat ngajuin bantuan yang satu ini.

Bantuan buat warung dan PKL ini sendiri diturunkan untuk menyasar 1 juta warung dan pedagang kaki lima. Bentuknya yaitu berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai 1,2 juta rupiah.

Sekali lagi walaupun gak terlalu banyak, tapi udah cukup buat menghidupi usaha lo kan. Jadi gunakan sebijak-bijaknya ya gaes.

3. BLT 1,2 Juta Melalui Kartu Prakerja

Kartu ini sebenernya bukan dikhususkan dalam keadaan pandemi karena perencanaannya udah ada dari sejak sebelum pandemi. Tapi bantuan ini juga bisa banget lo manfaatkan buat memperbaiki keadaan.

Karena Kartu Prakerja ini punya fungsi yang menarik banget bagi para pencari kerja. Selain adanya uang tunai yang bisa lo dapetin, mereka juga nyediain berbagai macam pelatihan dan lo bakal dikasih saldo buat ikutin pelatihan tersebut.

Program ini bagus banget buat lo yang lagi nyari kerja buat nambah skill untuk di dunia kerja nantinya.

4. BPUM Untuk Pengusaha Mikro

BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro adalah bantuan yang gak jauh beda kaya bantuan BLT UMKM yang udah gue jelasin di atas. Cara daftar UMKM di program bantuan ini cukup mudah.

Mungkin yang agak ribet nanti kalau lo udah mau nerima bantuannya karena harus pergi ke bank. Karena penting dan luasnya jangkauan bantuan ini, gak heran kalau mungkin menurut lo Cara Daftar UMKM ini tergolong cukup ribet.

Tapi hal ini cukup baik untuk memverifikasi betul-betul kalau program bantuan ini bisa sampai ke tangan yang membutuhkan.