Apa itu Analisis SWOT?

Hallo sobat gaptex.id! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu cara menanalisa bisnis atau usaha yang sedang kita jalani, metode ini dikenal dengan nama analisa SWOT. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk langsung simak saja artikel yang sudah ada di bawah ini!

Apa itu Analisis SWOT

Pengertian SWOT

SWOT merupakan kependekan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Setiap praktik bisnis tidak mungkin mencapai kesuksesan kalau tidak direncanakan secara matang.

Kita bisa mengatakan bahwa bisnis tanpa modal teori yang kaku pun masih bisa menghasilkan keuntungan. Ya, bisnis akan menghasilkan keuntungan bagi pelakunya, namun seperti apa, dan apakah akan bertahan apalagi meningkat? Untung memang iya, tapi belum tentu bisa disebut sukses.

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek. Baca Juga: Apa itu Virtual Reality?

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT.

Semua pelaku bisnis pasti memiliki sejumlah tujuan yang ingin dicapai. Tanpa adanya strategi yang jelas, sulit sekali mewujudkan semua tujuan itu.

Strategi itulah yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis SWOT. Teknik analisis ini bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan atau kelompok bisnis, tapi secara perseorangan, misalnya jika hendak mewujudkan impian pekerjaan atau karir.

Faktor yang memengaruhi analisis SWOT

Dalam penerapannya, tentu ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil dari analisis SWOT ini, beberapa faktor tersebut terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan yang sudah ada di bawah ini!

Faktor internal

1. Strength

Strength atau huruf S pada kata “SWOT” adakah analisis terhadap kekuatan yang dimiliki oleh bisnis yang akan kita jalankan, seperti segi kualitas, lokasi, atau unsur kekuatan lain yang membuat kita lebih unggul ketimbang kompetitor lainnya.

Apa itu Analisis SWOT

Buatlah daftar kekuatan sebanyak-banyaknya sehingga kita bisa mengetahui apa yang membedakan bisnis yang kita miliki dengan bisnis serupa yang mirip dengan bisnis yang kita punya. Tujuannya, agar kita mempunyai ciri khas yang membuat bisnis kita berbeda dari kompetitor dengan ide bisnis sejenis.

Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

2. Weakness

Weakness yang diwakilkan dengan huruf W merupakan kelemahan bisnis kita jika dibandingkan dengan kompetitor.

Perkirakan segala kekurangan yang bisnis kita miliki agar ketika hendak melakukan promosi, kita bisa mengetahui poin mana yang mempunyai letak “aman” hingga tidak menyinggung kelemahan yang dimiliki oleh bisnis yang kita miliki.

Tapi di sisi lain, jika kita bisa memanfaatkan kekurangan yang ada menjadi kelebihan pada strategi periklanan bisnis itu sendiri maka itu lebih baik lagi.

Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Faktor eksternal

1. Opportunity

Opportunity merupakan peluang yang bisa kita raih setelah menganalisis posisi bisnis kita melalui dua faktor internal di atas.

Peluang juga bisa kita tentukan melalui penghitungan budget yang akan kita keluarkan untuk melakukan promosi atau iklan tertentu. Buatlah perencanaan program di awal pembuatan bisnis yang bisa kita perbarui setiap 3-6 bulan sekali agar kita bisa menganalisis program mana yang efisien untuk kita gunakan ke depannya.

Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

2. Threat

Threat dalam bahasa Indonesia adalah ancaman, tapi bukan mengartikan ancaman dalam bentuk serangan dari kompetitor, melainkan bagaimana masa depan bisnis yang kita miliki ini berdasarkan keputusan yang kita ambil saat ini.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhitungkan dan masukkan dalam kolom threat, seperti ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, serta breakeven point atau titik impas kembalinya modal bisnis yang sudah kita keluarkan di awal.

Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Apa itu Analisis SWOT

Contoh Analisis SWOT

Jika masih belum memahami analisis SWOT melalui faktor yang sudah dijelaskan beserta contoh-contoh pertanyaan berdasarkan komponen dasar untuk menganalisis, berikut ini adalah contoh yang bisa kita gunakan sebagai pedoman untuk membuat analisis bisnis yang kita miliki sendiri.

Analisa SWOT Tokopedia.

1. Strength

  • Tokopedia ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli
  • Gampang ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi)
  • Tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan yang lain.
  • Merupakan situs jual beli online yang sudah masuk dalam kategori Unicorn.

2. Weaknesses

  • Tokopedia ini hanya memakai bahasa indonesia sehingga situs ini susah untuk go internasional.
  • Karena bergantung dengan internet, sinyal internet kadang susah dijangkau di daerah-daerah tertentu.

3. Opportunities

  • Masyarakat di Indonesia sebenarnya masih ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online), Karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu.
  • Biasanya jual beli online itu biasanya memakai bahasa Inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa Inggris, Kesempatan itulah yg diambil karena tokopedia sendiri  memakai bahasa Indonesia yang artinya memudahkan masyarakat Indonesia sendiri untuk jual beli online.

4. Threat

  • Ancaman dari situs jual beli online lain yang semakin terkenal dengan promo yang lebih besar.
  • Ancaman dari hacker.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan yang ada pada artikel di atas, kita tentu paham bahwa analisis SWOT merupakan strategi yang cukup penting untuk dilakukan demi kemajuan bisnis yang kita miliki itu sendiri. Yap, semoga penjelasan tentang analisis SWOT yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kita bahkan mungkin bisa bermanfaat untuk kita yang sedang membangun bisnis, ya, sobat!

Add comment