Apa itu Artificial Intelligence (AI) ?

Artificial Intelligence (AI) atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan yang dikelola oleh manusia melalui mesin untuk meniru tindakan manusia serta berpikir seperti manusia. Artificial Intelligence merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan sama halnya seperti manusia yang membutuhkan pengalaman serta data supaya kecerdasannya.

Beberapa point pentingnya adalah learning, self  dan correction reasoning diperlukannya belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajarnya tidak selalu disuruh oleh manusia, tapi juga bisa belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman saat manusia menggunakannya. 

Artificial Intelligence terbagi menjadi dua yaitu strong AI dan weak AI. Strong AI merupakan sistem dengan kemampuan kognitif manusia dan disajikan dengan tugas yang tidak dikenal. Sistem strong AI juga, ternyata dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia.

Sedangkan , Weak AI merupakan sistem yang dirancang khusus dan dilatih untuk mengeksekusi tugas tertentu. Asisten pribadi virtual, seperti yang terdapat pada Apple SIRI merupakan salah satu contoh weak AI.

Diterapkan pada suatu mesin yang menunjukkan sifat-sifat yang ada di manusia yaitu, dimana suatu prosesnya meliputi pembelajar (aturan untuk menggunakan informasi serta memperoleh informasi), penalaran (dengan menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan yang menghasilkan kesimpulan yang pasti) dan koreksi diri. 

Karakteristik ideal dari artificial intelligence adalah mengambil sebuah tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu dan kemampuannya untuk merasionalisasi.

Ada keempat faktor secara garis besar dari kecerdasan buatan yaitu :
1. Acting humanly, yaitu suatu sistem yang dapat bertindak layaknya seorang manusia.
2. Thinking humanly, yaitu suatu sistem yang bisa berpikir seperti halnya seorang manusia.
3. Think rationally, yaitu suatu sistem yang mampu berpikir secara rasional sama halnya seperti manusia.
4. Act rationally, yaitu suatu sistem yang mampu bertindak secara rasional sama seperti Think rationally.

Cara kerja artificial intelligence :

Cara kerjanya dengan menggabungkan sejumlah besar data dengan cepat, memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data serta pengolahan berulang, dan algoritma cerdas. Merupakan salah salah satu bidang studi yang sangat luas dengan mencakup banyak teori,  teknologi, dan metode serta sub bidang utama diantaranya :

  • Pembelajaran mesin, dengan menggunakan metode jaringan neural, penelitian operasi, statistik,  dan fisika untuk menemukan wawasan yang tersembunyi dalam data dengan cara eksplisit diprogram untuk tempat mencari bahkan menyimpulkan sesuatu.
  • Jaringan neural merupakan suatu pembelajaran mengenai mesin yang terdiri atas unit-unit yang saling berhubungan. Salah satunya neuron yang memproses informasi dengan menanggapi masukan eksternal serta menyampaikan berbagai informasi setiap unit. Dengan suatu proses yang membutuhkan banyak umpan pada data yang bertujuan untuk mendapatkan makna dari data yang tidak terdefinisi dan  menemukan koneksi.
  • Pembelajaran mendalam, menggunakan jaringan neural yang sangat besar, memanfaatkan kemajuan dalam daya komputasi meningkatkan teknik pelatihan untuk mempelajari pola kompleks dalam sejumlah besar data, dan penerapan umumnya mencakup pengenalan gambar serta ujaran.
  • Memproses bahasa alami, kemampuan komputer untuk memahami, menganalisis, dan menghasilkan bahasa manusia. Tahap selanjutnya adalah interaksi bahasa alami yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan komputer serta menggunakan bahasa sehari-hari yang normal yang bertujuan untuk melakukan tugas.

Kegunaan Artificial Intelligence :

kamu bisa merasakan kegunaan dari artificial intelligence  dalam kehidupan sehari-hari yaitu,

  • Pengiriman dan transportasi, Tesla merupakan salah satu perusahaan yang telah memperkenalkan kendaraan yang bisa mengemudi sendiri. Diantaranya kendaraan umum yang menjadi atonom seperti bus atau kereta api dan sudah banyak perusahaan seperti GE dan Toyota yang telah melakukannya.
  • Media sosial, Artificial Intelligence sangat berpengaruh dengan apa yang kita lakukan dan dapat mengambil semua riwayat web browser, interaksi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan media sosial kamu sesuai dengan interest.
  • Smart home dan perangkatnya, adanya smart devices seperti speaker pintar yang mampu mempelajari perilaku kita dari waktu ke waktu yang bertujuan untuk membuat hidup jauh lebih nyaman. Dengan adanya AI semua nya serba canggih dan terbantu sebagai kamu bisa memprediksi kapan kamu ingin makan, kapan memesan bahan makanan, suhu kamar pilihan kamu, kapan harus menyalakan dan mematikan lampu.

Contoh dari Artificial Intelligence :

  • Siri 

Siri merupakan asisten pribadi dari Apple di iPhone dan iPad yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah yang berinteraksi dengan pengguna iPhone dalam rutinitas sehari-hari. Siri membantu untuk menemukan informasi, melakukan panggilan suara, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan,  membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender. Dengan menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan permintaan bahasa alami dan pertanyaan yang cerdas serta mampu memahami. Merupakan salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar dari mesin smartphone.

  • Tesla

Tesla merupakan sesuatu yang meniadakan driver manusia pada saat di dalam mobil. Merupakan salah satu teknologi mobil terbaik yang sudah tersedia sampai sekarang. Mobil ini sudah banyak meraih penghargaan juga fitur seperti mengemudi sendiri, inovasi teknologi mutlak, dan  kemampuan prediktif. Baca Juga: Apa Itu Zero-Day Exploit?

  • Netflix 

Merupakan layanan konten yang sangat populer dengan menggunakan teknologi prediktif untuk merekomendasikan berdasarkan pilihan, minat, reaksi, serta perilaku konsumen.

  • Pandora

Pandora merupakan salah satu solusi teknologi artificial intelligence yang paling populer. Ini juga disebut DNA musik pada 400 karakteristik musik, tim musisi ahli secara individual menganalisis lagu. Sistem yang bagus untuk merekomendasikan rekam jejak dan untuk rekomendasi lagu yang tidak pernah diperhatikan, meskipun disukai orang.

  • Alexa 

Alexa merupakan produk revolusioner yang dapat membantu dalam mencari informasi di web, berbelanja, mengontrol lampu, mengatur janji, switch, menjawab pertanyaan, membaca audiobook, melaporkan lalu lintas dan cuaca,memberikan skor dan jadwal olahraga , memberikan info tentang bisnis lokal, dan lainnya menggunakan Layanan Suara Alexa.

  • Boxever 

Boxover secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan melalui pembelajaran mesin untuk mengatur lapangan bermain, membuat perjalanan yang tak terlupakan dan membantu pelanggan menemukan cara baru. Merupakan perusahaan yang sangat bergantung pada pembelajaran mesin agar juga menyampaikan momen mikro atau meningkatkan pengalaman pelanggan dalam industri perjalanan serta pengalaman yang dapat memuaskan pelanggan.

  • Flying Drones 

Merupakan sistem pembelajaran yang kuat dengan menerjemahkan lingkungan ke dalam model 3D melalui sensor serta kamera video yang dapat melihat posisi drone di ruangan dengan hanya menyambungkan ke langit-langit. Algoritma generasi lintasan memandu drone tentang bagaimana dan kemana harus bergerak. Sistem yang menggunakan Wi-Fi yang bertujuan pengiriman produk, pembuatan video, atau pelaporan berita dengan mengendalikan drone.

  1. Google(Nest Learning Thermostat )

Merupakan  proses pembelajaran mesin yang sangat cerdas dalam program itu sendiri dalam waktu sekitar satu minggu saja dan mempelajari suhu secara otomatis akan mati untuk menghemat energi ketika tidak ada orang dirumah. Nest Learning Thermostat yang menggunakan algoritma serta perilaku untuk menghemat energi yang berdasarkan perilaku dan jadwal.

Kesimpulan
Dari beberapa penerapan Artificial Intelligence yang semakin populer mempengaruhi cara kita hidup,meningkatkan pengalaman pelanggan, dan berinteraksi. Kita tidak tau di tahun yang akan datang apakah banyak pengembangan, perbaikan, dan penerapannya.

Add comment