Apa itu Cloud Hosting?

Apa sih cloud hosting itu? Mungkin beberapa di antara kita banyak yang masih bingung tentang beda jenis hosting yang satu ini dengan jenis hosting yang lain. Nah untuk lebih jelas mengetahui tentang si cloud hosting ini, yuk simak penjelasan yang sudah ada pada artikel di bawah ini!

apa itu cloud hosting

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis hosting yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh untuk memaksimalkan kinerjanya. 

Cloud hosting tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” –yaitu menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan ke cloud hosting. Baca Juga: Apa Itu Cloud Storage?

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Jadi, saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat uptime cloud hosting cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated. Cloud hosting secara garis besar sangat berbeda dengan shared hosting pada umumnya. Hosting jenis ini diperuntukkan bagi website yang memiliki pengunjung yang membludak.

Cara Kerja Cloud Hosting

Secara umum cara kerja dari cloud hosting sudah ada pada penjelasan di atas, namun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Server yang ada di dalam cloud hosting akan saling membantu saat melakukan serangkaian program.
  • Di saat satu server mengalami kendala, server lain yang masih aktif lain akan menggantikan tugas server yang bermasalah untuk melayani request website.
  • Proses yang sama terjadi pada saat server mengalami overload. Server lain di dalam cluster yang sama akan membantu server yang kewalahan memproses permintaan dari website.

Jadi, cloud hosting melakukan pendekatan distribusi. Karena setiap permintaan website didistribusikan ke beberapa lokasi sehingga masalah downtime bisa dicegah saat server cluster mengalami gangguan. Cloud hosting menerapkan prinsip tolong menolong antarserver. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pelayanan.

KelebihanKekurangan
Akses yang mudahMasalah privasi
FleksibelPelayanan yang tidak sepenuhnya
Kemudahan ManajemenPenyesuaian
Meningkatkan ketersediaan data
Mampu Menampung Trafik Masif
Performa Tinggi dan Aman

Kelebihan Cloud Hosting

Berikut adalah rangkuman yang bisa kita dapat setelah membaca penjelasan di atas, bahwa kelebihan dari cloud hosting adalah sebagai berikut:

  • Akses yang mudah

Kemudahan dalam mengakses data atau aplikasi merupakan kelebihan utama dari cloud hosting ini. Untuk mengakses aplikasi yang diperlukan saat bekerja, kita–yang memutuskan menggunakan cloud hosting ini–tidak perlu berada pada suatu komputer yang sama karena aplikasi atau data yang dibutuhkan dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui server.

apa itu cloud hosting

  • Fleksibel

Dengan menggunakan cloud hosting, maka kita tidak perlu melakukan proses pengadaan komputer yang akan memakan banyak waktu. Cukup dengan melakukan self-provisioning saja, maka kapasitas yang dibutuhkan telah siap digunakan.
  • Kemudahan Manajemen

Proses monitoring maupun manajemen server akan lebih mudah dilakukan karena semua akan terkoneksi dengan website secara langsung. Nantinya pengguna hanya cukup melihat dashboard saja untuk mengetahui status global server. Lalu untuk membuat, melakukan upgrade, manage server, serta menginstalasi software sangat mudah karena sudah disediakan tools secara otomatis.

Layanan Full Managed ini membuat pengguna tidak perlu ribet untuk melakukan instalasi dan konfigurasi website, karena semua kemudahan ada dalam satu dashboard. Kita dapat menggunakan fitur Auto Installer untuk menginstall dan mengkofigurasi website dari awal hingga akhir.

Kita juga dapat menggunakan WordPress Stagging untuk melakukan uji fitur dan ide baru di sandbox sebelum website kita live. Selain Auto Install dan WordPress Stagging, masih banyak fitur yang ditawarkan seperti LiteSpeed Web Server dan WP Accelerator.

LiteSpeed Web Server merupakan teknologi yang menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada. Sedangkan WP Accelerator membantu kita mempercepat loading website dan performa website menjadi leih optimal

  • Meningkatkan ketersediaan data

Cloud hosting ini biasanya  dibuat dengan desain yang high availability, maksudnya sistem tersebut berada pada suatu data center yang menjamin ketersediaan listriknya, pendingin ruangan, dan berbagai kebutuhan yang menjamin fasilitas pendukung bekerja maksimal selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.
  • Mampu Menampung Trafik Masif

Kita tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung. Teknologi cluster yang diterapkan pada cloud hosting memungkinkan website dapat menampung trafik yang masif.

Teknologi cluster memungkinkan server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.
  • Performa Tinggi dan Aman

Layanan cloud hosting mempunyai berbagai macam fitur unggulan. Fitur yang dimiliki sangat membantu kita membangun website menggunakan arsitektur handal.

apa itu cloud hosting

Pengembang dapat dengan mudah menambahkan resource saat trafik tinggi dan menguranginya ketika trafik sudah mulai normal kembali.

Jadi menggunakan cloud hosting, kita dapat menciptakan platform yang cepat, fleksibel, dan dengan mudah dikustomsisasi.

Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invansi ilegal, dan penyalahgunaan data. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan intergritas data.

Selain itu, layanan penyedia cloud hosting juga menambahkan algoritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

Kekurangan

Setelah membahas keunggulan dari layanan cloud hosting, tentu Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari layanan ini. Tentu saja semua layanan ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan kekurangan dari layanan cloud hosting yang perlu Anda ketahui.

  • Masalah privasi

Tentu saja jika menggunakan teknologi dan internet melalui teknologi cloud, maka data kita disimpan di dalam server, dimana server tersebut bukan milik kita sendiri. Cloud provider bisa saja mengakses data milik tersebut tanpa sepengetahuan kita. Tentu hal ini akan menjadi salah satu kekurangan dari layanan ini.
  • Pelayanan yang tidak sepenuhnya

Tentu setiap layanan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Biasanya akan selalu ada batasan tergantung dari servis yang kita gunakan. Selain itu, cloud provider bisa saja tidak konsisten juga dalam meberikan layanan mereka.
  • Penyesuaian

Biasanya setiap perusahaan pengguna cloud hosting harus memerhatikan regulasi dari bisnis yang dimiliki. Maksudnya, cloud service provider memang diharapkan bisa menyamakan level peneyesuaian untuk penyimpanan data didalam cloud. Perlu diketahui bahwa cloud hosting memang masih relatif muda untuk bidang teknologi, sehingga pemilik data memang diharapkan untuk berhati-hati dalam hal penyimpanan data ini.

Kesimpulan

Penjelasan di atas adalah beberapa hal tentang cloud hosting yang perlu kita ketahui. Setelah mengetahui lebih detail, kita bisa menimbang-nimbang mengenai layanan ini. Jadi, kuncinya di sini adalah kita membutuhkan cloud hosting ketika website kita memiliki trafik tinggi–diakses oleh lebih dari 100.000 pengguna tiap harinya, berarti kita memang perlu upgrade ke layanan cloud hosting.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk menambah wawasan, ya, sobat!

Add comment