Apa Itu Cloud Storage?

Zaman sekarang, segala hal dapat diakses melalui internet. Penyimpanan secara online atau penyimpanan yang tidak membutuhkan wujud dalam bentuk fisik seperti flashdisk sudah bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Nah, apa sih kelebihan dan kekurangan hal ini? Yuk kita ketahui lebih lanjut dengan membaca penjelasan yang sudah ada pada artikel di bawah ini!

APA ITU CLOUD STORAGE

Pengertian Cloud Storage

Cloud storage merupakan media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk mengakses data.

Cloud storage merupakan terobosan baru dalam dunia  penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati karena berbagai alasan. Kita tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat kita menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. Baca Juga: Pengertian SUSE Linux

Selain itu, karena seluruh data disimpan ke dalam server, keamanannya pun lebih terjamin dan tidak mungkin hilang. Data yang kita simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data juga dapat kita akses melalui perangkat gadget apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage bisa kita dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kita bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan.

Perkembangan cloud storage pun saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.

Cara Kerja Cloud Storage

Umumnya, proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage ini merupakan kegiatan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet.

  • Server akan memberikan kita akses untuk mendownload atau melakukan perubahan saat kita ingin membuka data-data yang ada tersebut.
  • Biasanya layanan cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja. Sebagian besar aplikasi pada cloud storage juga tidak perlu melakukan instalasi karena sudah terpasang pada media internet, misalnya Google Drive.
  • Kita hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan membuat akun untuk bisa menggunakan Google Drive. Seperti yang kita ketahui bahwa Google Drive ini dibawa oleh salah satu perusahaan besar yakni Google Inc maka yang bertindak sebagai server adalah pihak Google itu sendiri.
KeuntunganKerugian
Memudahkan Berbagi FileMembutuhkan Akses Internet
Kemungkinan Kerusakan Atau Kehilangan Data Sangat Kecil Dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi
Mudah, Ringan, dan RingkasSulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down
Tidak Membutuhkan Perangkat Keras Dan Hemat BiayaRentan Terhadap Peretasan

Keuntungan Cloud Storage

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dan cara kerja dari si cloud storage ini, berikutnya kita akan membahas tentang kelebihan yang dimiliki si cloud storage ini, berikut adalah beberapa kelebihannya:

APA ITU CLOUD STORAGE

1. Memudahkan Berbagi File

Layanan cloud storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihannya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengunggah file yang akan disebarkan.

Di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berbagi antarkaryawan di mana dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

Ketika berbagi file, seringkali kita saling mengirim file (entah lewat email atau flashdisk). Makin lama kita bisa dibuat bingung dengan yang mana file yang benar, judul yang semakin tidak jelas, dll. Dengan data di cloud, file tetap sama, dan kita bisa menambah catatan untuk perubahan yang dilakukan.

2. Kemungkinan Kerusakan Atau Kehilangan Data Sangat Kecil 

Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Di mana hal ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk dan lain sebagainya. 

3. Mudah, Ringan, dan Ringkas

Data cloud storage berada di internet, tentu saja kita bisa dengan mudah mengaksesnya. Dengan catatan ada koneksi internet. Tidak perlu repot membawa perangkat (beserta kabel) terlalu banyak seperti saat dahulu.

4. Tidak Membutuhkan Perangkat Keras Dan Hemat Biaya

Pada dasarnya cloud storage membantu bisnis yang kita jalankan untuk menghemat biaya dalam pemenuhan kebutuhan penyimpanan data. Di mana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakannya tidak perlu lagi melakukan penyimpanan lokal sehingga hal ini juga tidak perlu menggunakan hardware seperti hard disk ataupun flash disk.

APA ITU CLOUD STORAGE

Kerugian Cloud Storage

Meski memiliki kemudahan yang cukup banyak, namanya juga sesuatu buatan manusia–pasti tidak ada yang sempurna, ya, sobat. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari cloud storage:

1. Membutuhkan Akses Internet

Yap. Namanya juga penyimpanan online. Jadi, saat kita ingin mengakses data-data yang akan digunakan kita harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat mengakses cloud storage, jika tidak maka aplikasi ini tidak dapat diakses. Untuk dapat mengunggah maupun menyimpan file dengan cepat juga sangat dibutukan koneksi internet yang stabil.

2. Dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi

Maih berhubungan dengan internet, apabila kita ingin menyimpan data yang memiliki ukuran yang cukup besar tentu akan menjadi masalah jika internet tidak dalam kondisi stabil. Koneksi internet harus dalam kondisi stabil dan cepat untuk dapat mengakses file secara cepat, jika tidak maka akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down

Yaa namanya juga penyimpanan online, sobat, maka tidak jauh-jauh masalahnya tetap pada ‘dunia online’ itu sendiri. Ketika server mengalami down, maka data yang telah kita simpan dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

4. Rentan Terhadap Peretasan

Masalah yang satu ini juga merupakan masalah yang biasa kita temui dan sulit kita hindari jika berkaitan dengan dunia online, peretasan! Cloud storage juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. File-file ataupun data yang telah kita simpan di dalam cloud storage bisa saja dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu kita juga perlu berhati-hati nih, sobat!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentu kita jadi lebih memahami tentang penyimpanan secara online atau cloud storage ini, ya,sobat? Kita jadi mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cloud storage bahkan kita tahu bagaimana cloud storage ini bekerja.

Media penyimpanan berbasis online ini merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena mudah, gratis dan memberikan banyak keuntungan yang lainnya–meski ada beberapa kekurangan yang tetap saja perlu kita waspadai seperti rentan peretasan.

Semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan, ya, sobat gaptex.id!

Add comment