Apa itu Cloudflare?

Hallo, sobat gaptex.id! Apa itu cloudflare? Mungkin pertanyaan ini kini sedang bersarang di kepala kita. Untuk menjawab semua pertanyaan tentang Cloudflare yang ada, yuk langsung simak saja penjelasan dalam artikel yang sudah ada di bawah ini!

apa itu cloudflare

Apa itu CloudFlare?

Cloudflare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dan juga beberapa kerugian dari CloudFlare.

CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting.

CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat. Baca Juga: Pengertian Brainware

CloudFlare merupakan salah satu layanan Content Delivery Network (biasa disebut dengan singkatan CDN) dan juga merupakan layanan Web Security. Layanan dari Cloudflare ini bisa kita dapatkan dengan gampang dan tarifnya gratis.

Cloudflare ini sebenarnya bisa dikatakan CDN unggulan jika dibandingkan dengan CDN umumnya. Hal ini disebabkan karena Cloudflare mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Cloudflare sendiri punya berbagai macam paket yaitu Pro, Bussiness, dan Enterprise.

Apa sebenarnya CDN?

CDN adalah suatu sistem yang akan menyediakan konten secara cepat kepada end user dan ini ada pada berbagai data center di internet. Konten yang disebarkan melalui CDN ini biasanya berupa konten statis. Jadi, cara kerjanya adalah dengan menyebarkan konten-konten statis web ke beberapa data center yang ada.

Pada saat konten statis di-loading dari web (js, gambar, css, video, dan berbagai jenis konten lain) penggunanya akan langsung menerima konten dari lokasi yang  terdekat dengan CDN, bukan lewat server web-nya. Dalam hal inilah letak keunggulan Cloudflare, sebab website kita sebagai pengguna dapat ter-loading lebih cepat oleh end user di mana pun berada.

Memang, CDN sebenarnya tidak diberi secara cuma-cuma atau gratis, namun Cloudflare bersedia memberikan CDN gratis untuk kita dengan tambahan fitur-fitur yang lainnya.

CDN ini mampu menghemat bandwith Cloudflare serta menyebarkannya ke semua konten statis yang ada di web, baru setelahnya menyebarkannya kembali ke seluruh data center CloudFlare tersebut.

Sebagai gambaran sederhana, CloudFlare bertindak sebagai penghubung antara pengunjung dan server website. Tujuannya supaya website terhindar dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung website. Pengunjung website ini sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Visitor. Visitor adalah pengunjung berupa manusia pada umunya.
  2. Robot. Perayap dan robot adalah pengunjung  berupa program yang bertujuan untuk memindai setiap halaman website, dan dapat menghabiskan banyak bandwidth server.
  3. Attackers. Attackers adalah pengunjung yang bertujuan untuk melakukan serangan pada website.

Dengan menggunakan layanan CloudFlare, website yang kita miliki dijamin aman dari berbagai serangan maupun aktivitas yang dapat merusak performa website.

Cara Kerja Cloudflare 

Ketika DNS domain diarahkan ke DNS server milik Cloudflare, maka yang terjadi ketika pengunjung mengakses website akan diarahkan ke Cloudflare lebih dulu, selanjutnya Cloudflare akan melakukan pengecekan ke server hosting yang dipergunakan.

Dengan pola seperti ini, tentu website kita akan lebih aman dari serangan Hack atau Crack.

cara kerja Cloudflare - Rumahweb

 

Fitur-fitur Unggulan Pada CloudFlare

Mirroring : Konten-konten yang ada di situs kita nantinya bakal jadi mirror ke setiap data center Cloudflare. Hal inilah yang sebabkan website kita sebagai pengguna bisa teroptimasi lebih cepat ketika pengunjung berada jauh dari server yang utama.
Caching : Ini berarti Cloudflare menjalankan fungsi caching di waktu dan kondisi tertentu. Fitur yang satu ini bakal menghemat bandwith hosting kita, terutama kalau hosting kita mempunyai limit pada bandwith. Jadi, sederhananya koneksi kita akan berjalan dua arah, yaitu ke web visitor dan ke server-nya.
Firewall : Fitur satu ini bisa melindungi website kita dari ancaman keamanan. Selain itu, kita bisa memblokir IP dari negara-negara lainnya, sehingga kita dapat menentukan visitor yang mana saja yang bisa mengunjungi website.
Analytics : Fitur ini berarti dijalankannya monitoring terhadap segala aktivitas yang ada di website kita. Apa saja aktivitas yang di-monitoring? Contohnya jumlah request yang dikirimkan selama 24 jam terakhir, jumlah unique visitor, asal visitor-nya, dan juga bandwith yang ada selama 24 jam penuh.
Railgun : Fitur ini juga bisa memengaruhi kecepatan website kita. Bahkan Cloudflare dengan fitur ini mengklaim kalau website kita bisa meningkat kecepatannya hingga 300%. Akan tetapi fitur ini hanya bisa dipakai oleh pengguna versi yang berbayar atau jika provider hosting kita ada kerjasama dengan Cloudflare.

Fungsi CloudFlare

Ketika CloudFlare diaktifkan pada website kita, nameserver akan secara otomatis mengikuti nameserver dari CloudFlare. Hal ini akan memungkinkan seluruh aktivitas ke dalam website akan tersaring dan dapat diakses lebih cepat karena semua lalu lintas melalui CloudFlare terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari CloudFlare:

  1. Mengarahkan visitor ke koneksi paling cepat. CloudFlare akan mengarahkan visitor pada data center terdekat, sehingga website dapat diakses dua kali lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan CloudFlare.
  2. Mengawasi lalu lintas berbahaya pada website. CloudFlare akan menerima permintaan akses dan menganalisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak. Hal ini dilihat dari IP, resource yang diakses, dan seberapa sering melakukan akses tersebut ke situs kita. Apabila terlihat seperti sebuah ancaman, CloudFlare akan memblokirnya.
  3. Sebagai cache konten statis. CloudFlare berfungsi sebagai cache konten statis untuk website, misalnya gambar, JavaScript, CSS, dan lain-lain.

apa itu cloudflare

Keuntungan menggunakan CloudFlare

  • Menyembunyikan IP address asli dari web hosting sehingga hacker tidak dapat menyerang server.
  • Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs.
  • Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.
  • Jika registrar tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, kita dapat menggunakan nameservers dari CloudFlare dan menambahkan host DNS records disana.
  • CloudFlare menawarkan layanan gratis dan memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa domain sekaligus.
  • Kita dapat memblokir akses situs dari daerah atau negara tertentu, jika menerima banyak serangan dari negara-negara tertentu.
  • Memberikan SSL gratis, yang dapat juga digunakan pada shared host.

Kerugian menggunakan CloudFlare

Dengan segala kelebihan dari Cloudflare tersebut, sebagai buatan manusia, maka cloudflare ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari  cloudflare:

  • Jika hosting yang kita miliki terletak di  Indonesia, dengan target visitor dari Indonesia juga, tidak disarankan untuk menggunakan CloudFlare. Mengapa? Karena ketika kita menggunakan Cloudflare, maka secara otomatis visitor yang akan mengakses website kita dipaksa untuk route server international atau server luar, sehingga menyebabkan route semakin panjang dan waktu akses semakin banyak. Hasilnya, akses website bisa lebih lama.
  • Apabila terdapat kendala traffic internasional di sisi server hosting, maka website akan berdampak ke speed load website.
  • Jika terjadi kendala atau Issue error di sisi Cloudflare, website kita bisa jadi tidak bisa diakses, walaupun hosting berjalan normal. Kendala yang sering terjadi adalah 502 atau 550 Error. Poin ini yang seringkali kami temui dari keluhan pelanggan, dan itu cukup sering.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas kita mengetahui bahwa cloudflare tidak cukup disarankan untuk website yang target pembacanya adalah pembaca indonesia. Selain itu kita juga mengetahui cara kerja dari cloudflare dan hal lain yang bersangkutan dengan cloudflare.

Semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang dunia jaringan internet ya, sobat!

Add comment