Apa Itu Hotfix?

Hallo sobat gaptex.id! Pernahkah mendengar tentang hotfix? Mungkin hotfix merupakan istilah yang asing di telinga kita karena istilah hotfix memang kurang lazim digunakan. Hotfix ini berkaitan erat dengan isu pembaharuan software. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu hotfix, yuk langsung simak penjelasan yang ada pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Hotfix?

Pengertian Hotfix

Hotfix adalah sebuah update terhadap suatu software yang didesain untuk memperbaiki bug maupun lubang keamanan tertentu.

Berbeda dengan version update secara umum, hotfix sering kali dibuat secara mendadak dan dirilis secepat mungkin untuk meminimalisir efek negatif dari masalah yang sedang dihadapi. Sehingga, hotfix merupakan sesuatu yang amat penting. Baca Juga: Pengertian NetFlow

Kita dapat menerima notifikasi tentang kehadiran hotfix melalui e-mail atau melalui pemberitahuan di dalam program itu sendiri. Hotfix dapat hadir dengan label “critical update” atau “security update”. Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna untuk melakukan update hanya dengan meng-klik tombol update di dalam program.

Pada awalnya hotfix adalah suatu istilah yang digunakan pada patch software yang diaplikasikan untuk menjalankan sistem.

Namun, istilah ini kemudian lebih general, yakni hotfix adalah paket single atau cumulative yang termasuk di dalamnya satu atau lebih file yang digunakan untuk mengatasi masalah pada software, atau yang biasa dikenal dengan software bug.

Hotfix adalah Sebuah paket aplikasi yang berisi beberapa file dan dipakai untuk menangani masalah yang terjadi pada sebuah produk software (bug). Biasanya, hotfix dibuat untuk pengguna software tertentu dan tidak bisa didistribusikan di luar penggunanya.

Sangat disarankan untuk melakukan update hotfix sesegera mungkin untuk menghindari kemungkinan masalah lain pada software. Terlebih, bila masalah tersebut merupakan sesuatu yang kritis dan genting seperti celah keamanan data.

Hal Yang Penting Diperhatikan

Namun, sebelum setuju untuk melakukan instalasi kita wajib memastikan bahwa notifikasi hotfix yang kita terima adalah pembaruan resmi berasal dari pihak pengembang software.

Kita bisa memeriksa situs web si pengembang untuk melihat update history dan release note untuk program yang kita gunakan. Jika benar bahwa pihak pengembang merilis hotfix, maka kita dapat segera menginstal hotfix itu dengan aman.

Jika tidak, dikhawatirkan bahwa pemberitahuan hotfix yang kita terima palsu, dan file-file yang diminta untuk diunduh justru merupakan file-file berbahaya. Kita juga dapat mampir ke forum-forum diskusi pengguna program yang sama di internet untuk mencari tahu tentang pemberitahuan hotfix yang kita terima.

Perlu kita ketahui, karena hotfix didesain secara khusus untuk menangani isu spesifik tertentu, biasanya hotfix memiliki ukuran yang kecil. Sehingga, hotfix juga dapat disebut sebagai “patch”, sebab ia “menambal” bug atau lubang keamanan.

Apa Itu Hotfix

Dalam konteks Microsoft Windows, hotfix adalah patch kecil yang dipakai untuk menangani masalah tertentu, biasanya berupa lubang keamanan.
Hotfix adalah kode (kadang-kadang disebut patch) yang memperbaiki bug di suatu produk. Pengguna produk dapat diberitahukan melalui email atau memperoleh informasi tentang perbaikan terbaru saat ini di situs Web vendor perangkat lunak dan mengunduh perbaikan terbaru yang ingin mereka terapkan.

Perbaikan terbaru terkadang dikemas sebagai satu set perbaikan yang disebut hotfix gabungan atau service pack. Quick fix engineering (QFE) adalah istilah Microsoft yang lebih baru untuk perbaikan terbaru. Hampir tidak mungkin untuk memiliki daftar lengkap semua masalah kesalahan yang dapat terjadi pada PC Windows.

Faktanya adalah bahwa Microsoft mengembangkan dan mengkonfigurasi Windows dan perangkat lunaknya sehingga kompatibel dengan semua kombinasi perangkat keras komputer, tetapi tidak dapat memprediksi perilaku abnormal atau kesalahan karena konfigurasi tertentu dan khusus atau penggunaan yang kurang umum.

Inilah sebabnya mengapa Microsoft merilis aliran konstan pembaruan kecil, patch, dan perbaikan panas untuk memperbaiki bug, masalah keamanan, atau masalah fungsi kecil. Pembaruan keamanan penting dari semua versi Windows selalu dirilis melalui layanan Pembaruan Windows, yang tidak berlaku untuk perbaikan terbaru yang memperbaiki fitur khusus.

Ini berarti bahwa setiap kali terjadi kesalahan perangkat lunak pada komputer yang kita miliki atau beberapa malfungsi Windows tertentu, mungkin ada perbaikan terbaru yang memperbaiki masalah dan perlu diunduh dan diinstal secara manual.

Apa Itu Hotfix

HotFix pada dasarnya adalah patch atau perbaikan yang diterapkan pada komputer sebagai perbaikan terbaru. Pembaruan yang Microsoft sebut “hotfix” adalah opsional dan tidak ada jaminan bahwa mereka akan memperbaiki masalah setelah instalasi dan reboot.

Mereka selalu spesifik untuk masalah tertentu dan mereka harus memperbaiki bug dan kesalahan yang mempengaruhi hanya sejumlah kecil pengguna. Tidak seperti pembaruan Windows, yang wajib untuk semua PC Windows, perbaikan terbaru adalah jawaban atas masalah yang terdefinisi dengan baik (kurang lebih).

Menemukan perbaikan terbaru untuk masalah tertentu mungkin tidak mudah mengingat jumlah besar dari tambalan ini dan karena deskripsi yang sering samar dan kurang dipahami.

Cara terbaik untuk menemukan solusi untuk masalah adalah dengan melihat halaman dukungan Microsoft.

  • Setiap patch memiliki nomor ID unik dan dikaitkan dengan halaman informasi.
  • Setiap tambalan memiliki aplikasi terbatas untuk jenis tertentu dari versi Windows.
  • Mencari tambalan di situs dukungan Microsoft seharusnya sudah cukup, tetapi seringkali informasi yang lebih baik ditemukan di Google.

Jika ada perbaikan yang tersedia untuk masalah dengan Windows atau program Microsoft lainnya seperti Office, kita akan menemukan tautan unduhan untuk perbaikan terbaru.

Sayangnya, Microsoft tidak memiliki halaman global yang merupakan daftar semua perbaikan terbaru tetapi setidaknya tiga bagian yang berbeda untuk dicari.

  • Buletin keamanan Microsoft tempat mencari informasi tentang masalah keamanan.
  • Microsoft Download Paling populer yang, meskipun tidak didedikasikan untuk HotFix, adalah halaman di mana lebih mungkin untuk menemukan unduhan patch yang memecahkan masalah yang lebih umum.

Kita juga dapat mencoba mencari solusi untuk masalah di forum Technet Microsoft, situs resmi di mana pengguna ahli IT dapat memecahkan masalah yang paling tidak jelas sekalipun.

Cara lain untuk menemukan perbaikan Microsoft adalah WHDownloader, alat yang mengkatalog setiap pembaruan dan patch yang dirilis oleh Microsoft. Gunakan sederhana, cukup unduh dan instal program, pilih versi Windows (atau Office) dan ikuti daftar.

Kita dapat mengklik setiap pembaruan atau perbaikan terbaru untuk membuka halaman dukungan dari situs Microsoft. Sayangnya, program ini tidak memiliki indeks pencarian internal yang baik dan membuat tidak mungkin menemukan solusi untuk masalah.

Selain Hotfix adalah yang Microsoft sebut Fix It, yang merupakan program yang memperbaiki masalah konfigurasi Windows. Untuk menginstal perbaikan terbaru dari Microsoft kita mungkin harus melalui prosedur untuk memvalidasi keaslian Windows.

Dalam beberapa kasus instalasi mungkin gagal, artinya komputer tidak kompatibel dan perbaikan tidak berlaku. Setiap perbaikan yang terinstal dapat dilihat dengan membuka bagian Program dan Fitur dari Control Panel, lalu mengklik ” Lihat pembaruan yang diinstal “.

Sebagian besar pengguna Windows, bagaimanapun, tidak akan perlu menginstal perbaikan terbaru Microsoft. Mereka hanya melayani sebagian kecil pengguna yang terpengaruh oleh masalah tertentu, yang dapat diabaikan orang lain dengan aman.

Namun, mengetahui cara menemukan dan memasang tambalan dapat menghemat jam kerja kita saat terjadi kesalahan.

Kesimpulan

Artikel di atas sudah memberitahu kita tentang apa itu hotfix, dan hal lain yang berkaitan dengan hotifx. Singkatnya hotfix merupakan sebuah update terhadap suatu software yang didesain untuk memperbaiki bug maupun lubang keamanan tertentu. Semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita, ya, sobat!

Add comment