Apa itu NIC ?

Network Interface Card atau yang sering disebut disingkat dengan NIC. Merupakan salah satu alat elektronik yang berbentuk kartu jaringan pada slot ekspansi pada komputer dan dibuat di sebuah papan PCB yang akan melaksanakan sebuah konversi sinyal yang membuat sebuah workstation dapat mengirim dan menerima data dalam sebuah jaringan. 

Slot yang digunakan dapat berupa slot ISA atau PCI serta terdapat juga beberapa card khusus untuk laptop atau notebook dengan socket PCMCIA. Sedangkan output portnya yang dapat berupa port BNC, UTP, dan AUI.

Network Interface Card ditemukan oleh seorang yang sangat jenius yang bernama Robert Metcalfe. Ia juga yang sudah menemukan konsep dasar dari Ethernet dengan tujuan menghubungkan komputer yang terdapat di Xerox’s Palo Alto Research Center maka dari itu konsep ini dikembangkan.

Memiliki nama lain yang sering disebut juga dengan Ethernet card sering disebut juga dengan LAN card. Network Interface Card juga memiliki alamat khusus yang disebut ethernet address atau MAC address dengan berupa kode heksa 48-bit dan tiap NIC alamat berbeda-beda.

Ethernet pada tahun 1980 oleh Digital Equipment Corporation (DEC) dengan menggunakan metode akses transmis. Ethernet yang dulunya dikembangkan menggunakan paket digital serta kontrol yang didistribusikan untuk mengirimkan sebuah data melalui area network yang sangat banyak digunakan untuk jaringan lokal atau LAN. Ethernet juga merupakan skenario perkabelan dan juga pemrosesan sinyal pada data untuk sebuah jaringan komputer. 

Transmisi dikenal dari beberapa jenis Ethernet yaitu :

  • Ethernet Standard baseband yaitu 10 base 5
  • Ethernet The Wire baseband yaitu 10 base 2
  • Ethernet Unshielded Twisted Pair baseband yaitu 1 base 5
  • Ethernet Broadband yaitu 10 base 36

Jika sebuah komputer yang hendak berkomunikasi dengan komputer lainnya, secara tidak langsung akan memancarkan suatu sinyal untuk mencari alamat yang akan dituju.

Apabila alamat sudah ditemukan selanjutnya komunikasi antar dua kartu ethernet bisa dilakukan. Namun jika NIC  dituju ternyata sedang berkomunikasi dengan kartu ethernet lain nya, maka akan terjadi tabrakan data atau collision. Untuk dapat memulai komunikasi kembali pastikan keduanya berhenti memancarkan sinyal, untuk itu kamu perlu menunggu kembali sinyal yang akan muncul dalam waktu yang acak.

Jenis dari Network Interface Card (NIC)

  • Network Interface Logical

Network Interface Card  Logical merupakan sebuah software yang tidak bisa didefinisikan secara fisik melainkan dapat mendefinisikan dirinya sendiri seolah-olah ia adalah sebuah Network Interface Card. Baca juga: Apa itu Server Proxy ?

  • Network Interface Physical

Network Interface Card Physical yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk card digunakan di bagian slot yang terletak pada motherboard. Berguna untuk dipakai di kehidupan sehari-hari yang mempunyai port RJ-45 dengan komputer yang berjaringan menggunakan kabel agar terkoneksi.

Tugas utama dari Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) yang memiliki tugas penting diantaranya tugas yang paling utama adalah mengubah aliran data dalam bentuk paralel dalam sebuah kubus pada komputer untuk menjadi aliran yang berbentuk serial. Aliran data tadi yang berbentuk serial dapat di transmisikan ke dalam media jaringan komputer.

Fungsi dari Network Interface Card (NIC) 

Network Interface Card (NIC) yang memiliki fungsi sebagai sarana mengirim data serta menerima data dengan melalui jaringan kabel. Berikut tugas Network Interface Card (NIC) yaitu :

  1. Network Interface Card  yang memiliki fungsi untuk menerima data yang akan ditransfer dari komputer lain lewat kabel jaringan. NIC juga memiliki fungsi yang dapat menerjemahkan ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.
  2.  Network Interface Card yang memiliki fungsi yang dapat mentransfer data ke komputer lain dengan mempersiapkan terlebih dahulu data yang ada di komputer agar dapat dilewatkan ke media penghubung.
  3. Network Interface Card  juga memiliki fungsi yang dapat mengontrol aliran data antara komputer dan sistem perkabelan.
  4. Network Interface Card  juga memiliki fungsi sebagai penghubung jaringan lokal.
  5. Network Interface Card juga memiliki fungsi mempermudah keperluan saat mengirim data serta informasi antar komputer.

Cara Kerja Network Interface Card (NIC) 

Network Interface Card (NIC) yang mempunyai cara kerja pada lapisan fisik yang dimana cara kerjanya mengolah data lalu dipecahkan menjadi bit lalu dikirim dengan melalui jaringan ke komputer yang lain dengan dirangkai menjadi data yang utuh. Setiap Network Interface Card (NIC) mempunyai suatu kode unik tersendiri. Terdiri dari 12 kode digital yang disebut dengan Media Access Control address. 

Media Access Control (MAC) address yang memiliki tujuan untuk menghindari tabrakan antara data pada jaringan. Misalnya, node akan mengirimkan sebuah paket data, maka dari itu sebelumnya melihat terlebih dahulu apakah jaringan itu sedang mengirimkan paket data atau tidak. Apabila node sudah dilihat, jika jaringan tidak melakukan pengiriman paket data, maka node akan melakukan tugasnya yaitu mengirimkan paket data tersebut.

Collision akan terjadi apabila ada paket data yang diluncurkan pada saat node sedang mengirimkan sebuah paket data. Saat collision terjadi, node serta jaringan akan berhenti secara bersamaan untuk mengirimkan paket data. Kemudian setelah berhenti, maka jaringan serta node akan menunggu waktu secara acak untuk dapat mengirimkan paket data.

Sedangkan paket data yang sudah mengalami collision akan dikirim kembali saat ada kesempatan. Cara kerja ini sering disebut juga dengan metode CSMA (Carrier Sense Multiple Access) atau CD (Collision Detection), yaitu sebagai pengurus bagi pengiriman data oleh komputer atau node itu secara serentak.

Kelebihan dari Network Interface Card (NIC) 

  1. Network Interface Card  mempunyai kelebihan untuk menambah serta mengurang kan node dan komputer tanpa mengganggu operasi yang sedang dijalankan.
  2. Network Interface Card  mempunyai kelebihan yaitu kabel dan jarak LAN tidak terbatas.
  3. Network Interface Card  mempunyai kelebihan dengan harga yang sangat murah.
  4. Network Interface Card mempunyai kelebihan yang sesuai untuk sebuah rangkaian yang kecil.

Kekurangan dari Network Interface Card (NIC) 

  1. Network Interface Card mempunyai kekurang pada bagian kabel yang dimana  kabel tulang belakang (Backbone) atau node nya bermasalah, maka sebuah rangkaian tidak dapat berfungsi dengan baik.
  2. Network Interface Card mempunyai kekurangan yang memerlukan terminator dari kedua ujung kabel tulang belakang (Backbone).
  3. Network Interface Card mempunyai kekurangan yang dapat mengesan kerosakan.
  4. Network Interface Card  mempunyai kekurangan yang terdapat pada pengulangan (repeater) jika LAN berada di jarak jauh.
  5. Network Interface Card mempunyai kekurangan yang terdapat pada perisian tambahan yang diperlukan untuk mengelakkan saat terjadi pelanggaran (collision) pada data.
Kesimpulan
Network Interface Card yang merupakan bagian komponen logika yang termasuk dalam perangkat lunak, perangkat keras, dan tata cara mengoperasikan suatu komputer serta fasilitas komunikasi dengan tujuan untuk mengontrol setiap operasi dan bertukar informasi yaitu, seperti Ethernet.

Berikut penjelasan mengenai Network Interface Card (NIC)semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Add comment