Apa Itu Niche Market?

Hallo, sobat gaptex.id! Sudah tahu apa itu niche market? Niche market merupakan ‘pasar’ yang memiliki fokus yang lebih kecil dibanding mass market yang mempunyai fokus yang tidak terbatas. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang niche market dan sebagainya, yuk simak penjelasan yang ada pada artikel di bawah ini!

apa itu niche market

Pengertian Niche Marketing

Berdasarkan besarnya, market atau pasar terbagi menjadi dua, yaitu mass market dan niche market.

Niche adalah topik atau pokok pembahasan utama dari suatu website.

Pernah muncul istilah micro niche di dunia internet marketing dan bisnis online. Dari bahasanya, micro niche dapat diartikan sebagai niche yang lebih khusus atau sangat spesifik. Misalnya kalau nichenya gadget, micro niche-nya adalah merek gadget tertentu. Baca Juga: Pengertian Hyperlink

Tapi untuk saat ini, website micro niche sudah sangat jarang ditemukan. Khususnya untuk website yang dioptimasi dengan SEO. Alasannya karena google lebih menyukai website yang kaya konten.

Mass market adalah pasar cakupannya yang luas atau umum namun masih sesuai dengan segmentasi.

Secara umum niche market dapat diartikan sebagai kelompok konsumen yang memiliki ketertarikan produk namun produk tersebut memiliki spesifikasi khusus.

Niche market memang penting dalam dunia bisnis, termasuk pula bisnis online. Tujuannya memang untuk menangkap sebagian kecil calon konsumen di pasaran.

Perbedaan utamanya dari mass market dan niche market adalah pada besar kecilnya target pasarnya. Mass market memiliki kecenderungan target pasar yang cukup luas. Sementara untuk niche market sasarannya lebih spesifik atau khusus. Seperti namanya, fokusnya pun lebih kecil sehingga lebih mudah melakukan segmentasi pasar.

Lain halnya dengan niche market, mass market juga memiliki kecenderungan abai terhadap segmentasi pasar. Dalam mass market konsumen sifatnya heterogen dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga terkadang kesulitan menemukan konsumen yang loyal. Selain heterogen, kompetitornya pun juga semakin banyak. Sedangkan untuk niche market lebih tersegmentasi dengan baik.

apa itu niche market

Keuntungan Mengembangkan Niche Market

Berikut ini adalah keuntungan dari mengembangkan niche market yang perlu kita ketahui:

  1. Merupakan salah satu cara beriklan yang efektif karna fokus pada kelompok pasar yang spesifik.
  2. Jika kita memilih niche market, kompetisi akan berkurang sehingga akan mempermudah untuk memasarkan produk atau jasa kita.
  3. Lebih mudah dan lebih murah untuk menjangkau konsumen yang akan dibidik. Ini karena niche market mempunyai target yang sfesifik tidak terlalu luas, sehingga perusahaan bisa lebih focus untuk mengembangkan pasar tersebut.
  4. Niche market memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik, dengan mengetahui masalah dan kebutuhan pelanggan yang unik perusahaan bisa menawarkan sesuatu untuk memenuhi keinginan tersebut. Dan karena yang ditawarkan itu yang dicari kebutuhan makan demand nya pun akan tinggi.
  5. Niche market memungkinkan kita untuk membuat prOduk atau sesuatu yang unik dan menguntungkan. Jika kita sudah tau apa keinginan konsumen, apa masalah yang sedang di hadapi maka berarti kita sudah menang satu langkah. Karna makin banyak kita mengenal prospek, makin bagus peluang kita untuk menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan.
  6. Memilih niche market berarti memilih bisnis yang unik. Jika kita menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan atau bisa jadi perusahaan kita yang pertama membuat produk unik tersebut makan dijamin produk kita akan di ingat lebih lama oleh para konsumen bahkan selamanya.
  7. Membidik niche market memungkinkan kita menjadi ahli dalam bidang tersebut. Dengan membidik niche market mau tak mau kita jadi terpacu untuk menggali informasi lebih dalam mengenai produk kita lebih dalam sehingga bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari konsumen. Lama kelamaan kita akan menjadi expert atau ahlinya dari produk tersebut.
  8. Jumlah niche market tidak terbatas. Seperti kita ketahui disetiap pasar sebenarnya terdapat ceruk-ceruk yang sangat potensial untuk digarap. Jadi sebenarnya kita masih sangat banyak mempunyai peluang untuk menggarap niche market dan mengembangkannya.

apa itu niche market

Keuntungan Mengembangkan Niche Market
cara beriklan yang efektif.
kompetisi akan berkurang.
Lebih mudah dan lebih murah.
memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik, dengan mengetahui masalah dan kebutuhan pelanggan.
memungkinkan kita untuk membuat prOduk atau sesuatu yang unik dan menguntungkan.
memungkinkan kita menjadi ahli dalam bidang tersebut.
memilih bisnis yang unik.
Jumlah niche market tidak terbatas.

Langkah memilih Niche Market

Setelah kita mengetahui apa itu niche market dan kelebihannya dalam berbisnis online, kini saatnya kita menentukan dan memilih niche marketmu sendiri. Dalam memilih niche market ini tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tidak salah langkah dalam berbisnis. Berikut beberapa di antaranya yang wajib dipertimbangkan sebelum mengeksekusinya:

  • Lakukanlah Riset Pasar Terlebih Dahulu

Langkah awal dan yang paling penting agar niche market dapat berjalan dengan baik ialah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar memang hal mendasar dalam bisnis apapun, termasuk bisnis online yang sedang kita tekuni. Dalam melakukan riset pasar kita harus benar-benar memperhatikan tren apa yang sedang tren di masyarakat.

Untuk melakukan riset pasar, sebaiknya kita perlu pengujian terlebih dahulu. Misalnya apakah produk tersebut layak dipasarkan dan kita mencari tiga orang dahulu yang mau membeli produk yang dijual selain orang-orang yang kita kenal.

Kemudian, lakukan penelusuran dan pengkajian kembali apakah produk yang sedang kita tawarkan memang menyelesaikan dan dibutuhkan masyarakat. Termasuk pula siapa para kompetitor dari produk yang kamu tawarkan.

  • Tentukan pasar yang lebih spesifik

Kini, setelah kita sukses melakukan riset pasar maka tentukan segmentasi pasarnya secara spesifik atau khusus. Tujuan menentukan niche market yang spesifik adalah untuk memudahkan kita lebih fokus terhadap sebuah produk tertentu. Kita pun bisa memberikan layanan dan solusi yang optimal kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, dengan spesifikasi khusus ini kamu lebih bisa mempertahankan kualitas produk.

Meski spesifik, kita pun harus menentukan apakah segmentasi pasar tersebut menguntungkan atau tidak. Pastikan pula jika produk dari bisnis online yang ditawarkan tersebut memiliki calon konsumen potensial. Sehingga, bisnis online dapat berjalan dengan baik. Contohnya saja jika kita ingin spesifik memulai bisnis online di bidang fashion dan makanan, tentu ini menjadi bisnis yang menguntungkan. Sebab, keduanya tidak akan pernah mati dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat setiap saat.

  • Tentukan sesuai passion

Tidak hanya memilih pasar yang spesifik dan riset pasar di awal saja, dalam memilih niche market passion atau minat juga sangat menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Sebab, jika kita menjalankan bisnis bukan pada bidang yang disenangi akan sulit untuk berkembang. Semisalnya saja jika passion yang kita miliki adalah olahraga, sangat cocok untuk berbisnis online dalam menjual peralatan olahraga.

Dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion, tentu kita akan mudah menjalankannya. Kita juga lebih tahu siapa calon konsumen dan pasar yang potensial dalam bisnis tersebut. Selain itu, kita pun tidak akan merasa kesulitan dalam membuat konten yang menarik untuk memasarkan produk di dunia digital baik melalui website maupun media sosial. Sebab konten menjadi sebuah kunci utama dalam bisnis online yang kamu jalankan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel yang ada di atas, kita jadi lebih tahu bukan tentang niche market, bagaimana cara menentukan niche market, dan sebagainya. Semoga apa yang sudah kita baca pada penjelasan di atas bisa membuat pengetahuan kita, ya, sobat!

Add comment