Apa itu Server Proxy ?

Server proxy adalah sebuah program komputer yang sangat berperan penting sebagai penghubung komputer dengan internet serta mengamankan data yang ada di komputer dengan tindakan untuk melakukan request terhadap content dari internet. Memiliki tugas sebagai pengendalian aktivitas dari lalu lintas paket data yang dilewatinya. Dengan itu aplikasi client serta server yaitu web browser, web server, FTP dan diantaranya monitor yang dapat dikendalikan oleh proxy server. 

Untuk penggunaan server proxy yang paling utama untuk koneksi pada internet yang membuat jaringan menjadi cepat dan stabil saat diakses dibandingkan dengan menggunakan koneksi biasa tanpa perlu mengatur pengaturan pada proxy server dan tentunya jauh lebih unggul menggunakan proxy server.

Bagaimana cara kerja server proxy ?

Untuk cara kerja server proxy dengan menggunakan user untuk layanan pada server proxy setelah itu akan melakukan permintaan data yang terdapat di internet (public server) dengan itu proxy akan meneruskan permintaan tadi ke internet dengan seolah olah memintanya. Jika sudah diterima oleh user maka proxy akan memberi respon kepada user yang dimana seolah-olah ia yang menjadi public servernya serta server proxy juga dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang bahkan identita perusahaan. Baca juga: Apa itu Artificial Intelligence (AI) ?

Fungsi pada server proxy

Server proxy memiliki tiga fungsi yaitu :

  • filtering

Filtering yang memiliki fungsi Firewall yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap suatu gangguan bahkan serangan yang berasal dari jaringan luar. Sehingga konfigurasi yang bertujuan untuk menolak situs web pada waktu tertentu.

  • connection  sharing

Memiliki fungsi sebagai gateway yang menjadi suatu batas antar jaringan luar dan jaringan lokal. Gateway juga memiliki fungsi sebagai titik sejumlah koneksi dari pengguna lokal yang akan terhubung kepadanya dan jaringan luar juga akan terhubung kepadanya. Sehingga mampu membuat koneksi jaringan lokal ke internet yang akan digunakan untuk menyambungkan gateway secara connection sharing atau bersama-sama.

  • caching

Caching yang memiliki mekanisme penyimpanan suatu objek yang sudah diminta dari berbagai server di internet. Mekanisme caching sendiri bertujuan untuk menyimpan objek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang akan diperoleh dari internet.

Manfaat penggunaan server proxy :

  • Penyimpanan dan Kecepatan
    Manfaat lainnya adalah server proxy bisa melakukan cache. Dari website saat kamu meminta data website yang pernah atau sering kamu kunjungi hal ini bisa membuat akses internet yang kmu gunakan menjadi cepat.
  • Mengontrol Penggunaan Internet
    Server proxy juga dapat membantu para orang tua untuk lebih mudah mengontrol anak-anak saat sedang menggunakan internet. Server  proxy juga digunakan oleh perusahaan agar karyawannya bisa mengakses situs website yang mengganggu produktivitas karyawan. Perusahaan juga bisa login ke semua permintaan web dan juga bisa memonitor sehingga tidak terjadi pemblokiran website perusahaan serta bisa memantau berapa banyak waktu yang habiskan  karyawannya untuk menghabiskan waktu membuka website.
  • Privacy yang terjaga
    Perusahaan pasti menggunakan server proxy untuk browsing internet yang sebenarnya memiliki privasi yang sangat terjaga. Karena dari beberapa proxy akan mengubah alamat IP serta data informasi pribadi. Selanjutnya akan membuat server menerima alamat baru yang akan diakses lewat IP sehingga membuat data kamu aman dan tidak mudah untuk dicuri orang lain.

Jenis jenis server proxy :

Jenis-jenis server proxy memiliki empat jenis yaitu :

  • High Anonymity Server Proxy

High Anonymity Proxy merupakan  jenis server proxy yang tidak terdefinisikan dirinya sebagai server proxy serta tidak menyediakan alamat IP original. Server proxy yang menggunakan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP yang menuju server proxy sehingga pengguna dapat melihat bahwa peran server proxy sebagai klien.

  •  Anonymous Server Proxy (Proxy Anonim)

Anonymous Proxy merupakan jenis server proxy yang akan memberikan informasi mengenai komputer kepada penggunanya. Saat pengguna melakukan request pada website, pada saat itu juga website tidak dapat mengetahui alamat IP pribadi pengguna, namun hanya mengetahui IP server proxy nya saja.

  • Reverse Server Proxy

Reverse server proxy salah satu jenis yang dapat digunakan untuk mencegah klien yang akan terhubung dengan data sensitif. Sehingga pada saat caching server proxy diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun begitu saja.

  •  Transparent  Server Proxy (Server Proxy Transparan)

Pada umumnya Transparent server proxy banyak dipakai di komputer orang kantor. Dengan  melanjutkan permintaan penggunanya ke sumber yang diinginkan tanpa memberikan informasi data diri dari komputer pengguna. 

Kegunaan dari web server proxy 

  1. Alamat IP yang ada pada komputer akan tersembunyi.
  2. Situs yang diblokir oleh ISP akan diakses kembali.
  3. Situs yang bersifat sensitif atau berbahaya akan diblokir.
  4. Menyaring cookies yang tidak kamu inginkan.
  5. Meningkatkan privasi dan keamanan pengguna internet.

Contoh dari server proxy 

  1. FTP Server Proxy yang merupakan  cache dari lalu lintas untuk permintaan FTP dan dengan menggunakan konsep relaying.
  2. Socks Server Proxy adalah jenis server proxy yang menyediakan koneksi tertentu dengan bergantung pada protokol Socks yang memungkinkan jenis-jenis data seperti TCS atau UDP.
  3. SSL Server Proxy dengan jenis server yang dikembangkan dengan menggunakan konsep TCP relaying untuk digunakan dalam protokol proxy SOCKS yang memungkinkan untuk meminta Halaman Web.
  4. HTTP Server Proxy yang dikembangkan untuk memproses suatu permintaan dari satu arah ke halaman web untuk menggunakan protokol HTTP.

Kelebihan dari server proxy yaitu 

  • Keamanan jaringan yang sangat terjaga dengan adanya server proxy sebagai pembatas antara jaringan luar dan jaringan lokal.
  • Dapat mengakses kembali situs-situs yang sudah diakses sebelumnya menjadi sangat cepat karena akses tersebut tidak perlu lagi ke jaringan luar namun pada direktori cache server proxy.
  • Dilengkapi dengan fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content serta waktu akses.
  • Mengurangi penggunaan dari bandwidth koneksi internet pada user.
  • Meningkatkan suatu kinerja dari jaringan internet.
  • Dapat melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu.

Kekurangan dari server proxy 

  • Pada suatu situs yang belum pernah dibuka akan menjadi lebih lambat yang mengharus untuk meminta terlebih dahulu kepada surver proxy, selanjutnya baru surver proxy yang akan meminta request dari client kepada penyedia layanan internet.
  • Jika server proxy terlambat dapat melakukan update cache, agar client mendapatkan content ketika belum update untuk melakukan request content.
  • Kesalahan pada fungsi yang dimana ada konten tidak sengaja terblokir.
  • Proxy server kemungkinan terjadi keterlambatan dalam melakukan update.

Kesimpulan
Server proxy adalah salah satu layanan keamanan internet yang sangat penting bagi perusahaan. Banyak manfaat dari server proxy yaitu Mengontrol Penggunaan Internet, Kecepatan dan Penyimpanan yang sangat terjaga. Dengan kamu mengetahui server proxy, manfaat, serta cara kerjanya. kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut tidak hanya dikantor saja namun di rumah juga untuk mengawasi anak-anak dengan mengaktifkan layanan server proxy untuk memonitor atau memantau keluarga kamu.

Add comment