Apa itu Sysprep (System Preparation Tools)?

Hallo, sobat gaptex.id! Sudahkah kita tahu apa itu sysrep? Sysrep merupakan akronim dari system preparation yang memiliki arti sistem persiapan. Nah, apa sih yang dipersiapkan oleh sistem ini? Apa sih sebenarnya sysrep ini? Yuk simak penjelasan tentang System Preparation Tools ini pada artikel yang sudah tersedia di bawah!

Apa itu Sysprep (System Preparation Tools)

Pengertian Sysrep

Sistem Persiapan atau Sysrep adalah sebuah sistem yang mempersiapkan untuk instalasi Windows berupa duplikasi, audit dan pelanggan pengiriman.

Duplikasi juga dapat disebut dengan pencitraan, yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar Windows yang akan dipergunakan kembali ke seluruh sistem. Sedangkan modus audit, memungkinkan pengguna untuk menambahkan driver perangkat tambahan dan aplikasi untuk instalasi Windows tersebut. Baca Juga: Apa Itu Rootkit?

Setelah pengguna menginstal driver tambahan atau aplikasi, pengguna dapat menguji integritas intalasi Windows. Dengan adanya Sysprep, pengguna dapat mempersiapkan gambar yang akan dikirimkan ke klien pengguna saat boot klien Windows dimulai.

Sysprep hanya bisa digunakan untuk mengkonfigurasi instalasi baru dari Windows. Pengguna dapat menjalankan Sysprep sebanyak yang dibutuhkan untuk membangun dan mengkonfigurasi instalasi tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan, kita hanya mampu mengatur ulang aktivasi Windows sampai tiga kali saja. Maka dari itu, kita tidak perlu memakai Sysprep untuk mengkonfigurasi ulang instalasi yang telah dikerahkan pada Windows. Gunakanlah Sysprep seperlunya hanya untuk mengkonfigurasi instalasi baru dari Windows.

Fitur Sysprep

Fitur lain yang fantastis dari Sysprep adalah adanya pilihan Generalisasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar ke komputer lain dalam pengaturan hardware yang tak sama. Kemudian Sysprep memberikan beberapa manfaat berikut ini:

1. Menghapus sistem data dari Windows

Sysprep mampu menghapus semua informasi khusus untuk sistem dari gambar Windows yang di install, termasuk juga tanda pengenal keamanan komputer (SID). Instalasi Windows lalu ditangkap dan dipasang pada seluruh sistem.

2. Mengkonfigurasi Windows ke Modus Audit

Manfaat kedua yang tak kalah penting adalah untuk mengkonfigurasi Windows untuk boot ke modus Audit. Modus Audit memungkinkan kita–pengguna–untuk menginstall aplikasi pihak ketiga atau driver perangkat, dan untuk menguji fungsionalitas dari sebuah komputer.

3. Mengkonfigurasi Windows ke Windows Welcome

Manfaat ini saat ada sistem Windows baru di mulai. Secara umum, pengguna dapat mengkonfigurasi sistem untuk boot ke Windows Welcome sebelum memberikan komputer untuk klien. Selain itu, Sysprep dapat mengatur ulang Windows Product Activation hingga tiga kali.

Secara umum, kita–pengguna–mengkonfigurasi sistem untuk boot ke Windows Welcome segera sebelum memberikan komputer untuk pelanggan.

Apa itu Sysprep (System Preparation Tools)

Cara Sysprep Windows 7

Proses Sysprep yang baru telah disederhanakan. Pengguna hanya bisa menjalankan Sysprep terletak di C: \ Windows \ System32 \ Sysprep untuk mempersiapkan mesin.

Dan tidak ada banyak pilihan bagi pengguna untuk memilih dibandingkan dengan Sysprep sebelumnya. Dari jendela Sysprep, pengguna hanya dapat melihat opsi untuk sistem Cleanup Action & Option Shutdown.

Ada dua pilihan yang tersedia untuk Action Sistem Cleanup, satu adalah ‘Masukkan Sistem Out-of-Box Experience (OOBE)’ yang akan mengatur ulang sistem dan mempersiapkan sistem untuk penataan mode Mini selama reboot. Pilihan lain akan ‘Masukkan Sistem Mode Audit’.

Jika kita–sebagai pengguna–memilih mode ini, selama reboot berikutnya, sistem akan tetap melanjutkan proses persiapan sistem, tapi ketika proses telah selesai, sistem akan boot ke sistem operasi dengan built-in Administrator account.

Dengan Administrator credential built-in, pengguna akan dapat menginstal driver, terhubung ke jaringan dan menginstal perangkat lunak tambahan berdasarkan kebutuhan. Selain itu, pengguna tidak akan melihat peringatan UAC prompt ketika membuat perubahan sistem dalam mode ini.

Hal ini sangat berguna untuk pembangun sistem operasi gambar, kita selalu dapat menjaga basis gambar dengan sisa persiapan sistem pada Mode Audit, jika ada perubahan tambahan harus membuat pada gambar dasar, dapat dengan mudah membuat perubahan.

Meskipun proses eksekusi Sysprep menjadi lebih mudah, tetapi proses menghasilkan jawaban otomatis telah menjadi lebih rumit dibandingkan dengan yang sebelumnya. Dengan format file jawaban baru, kita sebagai pengguna akan dapat menyesuaikan banyak hal.

Mengapa Sysprep diperlukan?

Contoh kasus di mana sysrep menjadi diperlukan adalah saat ada seorang admin network memiliki tugas untuk membangun jaringan dengan banyak PC, sedangkan waktu yang diberikan sangat singkat.

Menginstal seluruh sistem operasi yang ada pada seluruh PC secara manual, satu demi satu, adalah hal yang sulit dan cukup tidak mungkin untuk dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu sempit, bukan?

Maka dari itulah, sysrep ini merupakan sistem yang dibuat dengan guna memudahkan pengguna dalam installasi sistem operasi bagi PC – PC tersebut supaya admin network–atau siapapun yang memiliki kepentingan untuk melakukan instalasi sistem operasi banyak PC dalam waktu yang singkat–tersebut bisa menggunakan software-software clonning yang akan membantu kita untuk menginstall PC – PC tersebut dengan cepat.

Apa itu Sysprep (System Preparation Tools)

Masalah Penggunaan Sysrep

Meski sysrep sangat membantu dan benar-benar memudahkan kita untuk melakukan instalasi sistem operasi untuk PC yang jumlahnya tidak sedikit, namun hal tersebut masih menyisakan masalah bagi kita, di antaranya adalah :

1. Ip adress yang sama untuk semua PC yang diclonning, sehingga akan ada masalah yaitu IP conflict.

2. Nama komputer yang menjadi sama seluruhnya.

3. License key yang sama, hal ini berbahaya jika pada suatu waktu perusahaan yang bersangkutan diaudit oleh team BSA jika mendapati license key yang ada pada sistem tidak sama dengan COA “certificate of Authenticity” yang ada pda PC  yang bersangkutan ternyata tidak sama, maka kita yang bersangkutan bisa tertuduh sebagai pelaku pembajakan.

Meskipun pada dua hal yang dituliskan di atas kita bisa menggunakan cara yang manual untuk mengganti IP adress dan nama komputer kita, namun untuk mengganti license key dari sistem operasi yang kita gunakan pada PC – PC kita, maka kita perlu menggunakan tool khusus untuk mengubahnya.

Lagi pula dengan menggunakan tool ini seluruh perubahan yang kita lakukan akan lebih alami karena dilakukan dengan prosedur yang diarahkan oleh mini setup konfigurasi bawaan dari tool sysprep ini.

Maka dari itu tool sysprep ini di gunakan sebagai solsusi dari permasalahan yang sebelumnya sudah ada pada penjelasan diatas yang dengannya kita bisa me reset, IP Adress, computer name, license key dsb, sehingga kita bisa membentuk sistem operasi yang ada pada network kita, hingga bersifat unik untuk masing masing nya.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentu kita jadi tahu bahwa sysprep merupakan sistem persiapan yang bertugas untuk mempersiapkan instalasi windows berupa duplikai dan lain sebagainya. Sysprep berguna untuk kita yang ingin menginstal lebih dari satu komputer.

Yap, semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia teknologi, ya, sobat!

Add comment