Apa itu Virtual Reality?

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan teknologi 3D yang biasanya ada saat kita menonton beberapa film. Nah, namun, sudahkah kita tahu soal Virtual Reality yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi 3D yang selama ini kita kenal? Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut soal Virtual Reality yang diperkirakan akan semakin berkembang beberapa tahun mendatang!

Apa itu Virtual Reality?

Pengertian Virtual Reality

Virtual reality merupakan teknologi yang berguna untuk membangkitkan suasana 3D yang nyata, sehingga membuat penggunanya merasa seperti berada di dunia nyata meskipun simulasi yang ada di depannya adalah efek semata.

Virtual reality bekerja dengan cara memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata. Dengan kata lain, virtual reality adalah proses penghapusan dunia nyata di sekeliling manusia, kemudian membuat si pengguna merasa tergiring masuk ke dunia virtual yang sama sekali tak bersentuhan dengan dunia nyata. Baca Juga: Apa itu Gopher?

Sebuah teknologi dapat dikatakan sebagai virtual reality jika sudah memenuhi beberapa persyaratan misalnya:

  • Tampilan gambar.
  • Grafis.
  • Visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan perspektif dari penggunanya.
  • Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri.

Elemen Virtual Reality

Untuk memunculkan sensasi nyata dari virtual reality diperlukan perangkat pendukung. Perangkat yang digunakan untuk mendukung teknologi virtual reality biasanya berupa helm, walker, headset, suit dan sarung tangan (glove).

Perangkat-perangkat tersebut bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin indra yang dimiliki manusia. Tentunya dengan banyak indra yang terlibat dalam vertual reality akan berbanding lurus dengan tingkat sensasi nyata dari dunia virtual yang dimunculkan.

Berikut ini adalah elemen yang ada di dalam Virtual Reality:

  1. Virtual world, merupakan sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
  2. Immersion, adalah sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion ini dibagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu:
  • Mental immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata.
  • Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
  • Mentally immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality.
  1. Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan.
  2. Interactivity, merupakan elemen yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world.
    Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya adalah gambar-gambar bersifat dinamis. Melalui Headphone atau speaker, pendengar akan mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah-olah merasakan pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

Apa itu Virtual Reality

Manfaat Virtual Reality

Mungkin kita bertanya-tanya untuk apa teknologi ini diciptakan? Mungkin pula kita berpikir bahwa teknologi ini hanya diciptakan demi kesenangan ketika seseorang memainkan suatu permainan atau menonton film. Eits, salah! Virtual Reality ini memiliki manfaat lain selain untuk bersenang-senang, berikut adalah beberapa manfaat lain dari Virtual Reality:

Teknologi VR kini sudah merambah ke dunia medis dan kedokteran, salah satu contohnya adalah pendidikan dan pelatihan medis, HumanSim, yang menekankan pada tagline Learning by doing.”

Beberapa program yang dapat dipelajari oleh calon paramedis adalah pengobatan saat perang, melihat proses operasi, atau mempelajari simulasi lingkungan rumah sakit interaktif. Selain itu, pada beberapa teknologi yang lebih canggih, pengguna VR bahkan bisa melaksanakan operasi di realitas maya.

Penggunaan VR di dunia militer bisa dilakukan dengan mengadakan simulasi perang dengan tampilan seperti video game. Tapi, biasanya para pengguna harus mengenakan alat tertentu yang ditempel ke bagian tubuh sehingga dapat terbaca di dunia virtual. Motion Reality merupakan salah satu perusahaan penyedia alat untuk merealisasikan simulasi virtual militer yang bisa digunakan hingga 13 orang sekaligus dalam sekali periode simulasi.

Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, Ford, sudah mulai menggunakan VR untuk melakukan simulasi desain dan uji coba produknya. Di tahun 2015, Ford melakukan simulasi 3D VR pada acara ACM SIGGRAPH yang dilakukan oleh Vice President Ford, Elizabeth Baron. Selain itu, penggunaan VR di bidang transportasi juga bisa digunakan untuk simulasi kendaraan.

Berlatih menerbangkan pesawat dengan menggunakan unit asli tentunya menghabiskan dana yang tidak sedikit, selain itu, keselamatan jiwa juga masih menjadi ancaman saat berlatih menerbangkan unit pesawat. Saat ini, kita bisa menggunakan VR untuk menyimulasikan penerbangan pesawat. Selain lebih aman, biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar dan sewa pesawat juga bisa terpangkas.

Kita tidak perlu takut dengan kualitas gambar yang buruk, sebab salah satu flight simulator, FlyInside, sudah menyediakan simulasi penerbangan pesawat secara detail sehingga kita tidak asal menerbangkan, tapi juga bisa mengatur pesawat melalui tombol fungsi yang ada di dalam pesawat asli.

Pasar Selfridges di London pernah mempromosikan jam tangan menggunakan VR agar calon pembeli dapat mencoba produk dengan sensasi seperti mengenakan jam tangan asli. Perusahaan yang bergerak di bidang fashion, Balmain, juga pernah menyelenggarakan sebuah program dengan menggunakan VR. Pengunjung diperbolehkan menggunakan VR yang menayangkan sketsa desain pakaian dari Creative Director Balmain, Olivier Rousteing, yang dibungkus dalam tayangan selama 5 menit. Event bertajuk “My City of Lights” ini dilangsungkan pada 16-29 April 2018 di toko Balmain Milan, Paris.

Apa itu Virtual Reality

Inilah salah satu kelebihan utama lainnya dari penggunaan VR, yaitu untuk memajukan dunia pendidikan. Contoh yang dapat kita gunakan adalah platform pembelajaran Unimersiv yang sudah bekerja sama dengan Oculus dan Samsung Gear VR.

Saat ini, Unimersiv telah menyediakan aplikasi dengan berbagai jenis simulasi yang bisa kita gunakan untuk merasakan kehidupan di masa lampau, mempelajari anatomi tubuh manusia dengan detail, atau bahkan menjelajahi luar angkasa. Yap, sekarang belajar tidak hanya soal tatap muka di kelas saja loh!

Di dunia arsitektur, Virtual Reality dapat berfungsi untuk melakukan simulasi terhadap bangunan. Tak hanya itu, pengguna VR juga bisa melakukan tes terhadap ukuran dan ketepatan susunan bangunan yang telah mereka buat sebelumnya.

Efek Negatif Virtual Reality

Selain memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, Virtual reality tentu juga memiliki efek negatif yaitu Cybersickness.

Cybersickness adalah gangguan yang sering dialami dalam penggunaan virtual reality. Penderita akan merasa ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Tekadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu walaupun sebenernya penderita sudah kembali ke dunia nyata.

Jadi, gangguan ini tidak boleh dianggap remeh karena penderita biasanya susah kembali ke dunia nyata dan selalu terangan-angan dalam dunia yang tidak nyata.

Kesimpulan

Nah setelah membaca artikel yang ada di atas tentu kita sudah mengetahui manfaat Virtual Reality di berbagai jenis bidang. Meski penggunaan Virtual Reality terlihat sangat membantu kita, tapi ingat, kita harus tetap hati-hati saat menggunakan VR. Saat kita sudah melepas peralatan VR-mu, yang tertinggal di realitas maya biarlah tetap tinggal di sana jangan dibawa lagi ke dunia nyata.

Yap, semoga informasi yang ada di atas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kita ya, sobat!

FacebookTwitter

Add comment