Aplikasi Terbaik GRATIS Untuk Produktivitas

Menjadi produktif merupakan poin penting dalam hidup ini, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Produktifitas dalam bekerja maupun dikehidupan sehari-hari dapat menjadi tolak ukur yang digunakan dalam menilai kualitas kita sebagai pekerja ataupun pribadi kita sendiri. 

Hidup yang produktif juga dapat membentuk serta mengajarkan kita menjadi pribadi yang lebih disiplin dan teratur.

Seiring dengan perkembangan zaman.

Smartphone yang semakin canggih. 

Semakin membuat banyak masyarakat mengunakan berbagai aplikasi didalam smartphone yang kita gunakan.  

Akan tetapi, dengan adanya aplikasi yang semakin banyak didalam smartphone kita malah membuat penggunanya lebih sering untuk bermain social media ataupun bermain game yang justru dapat menurunkan produktivitas didalam diri kita sendiri, bahkan bisa menjurus ke arah yang negative.

Seharusnya, smartphone dengan berbagai aplikasi yang diciptakan di dalamnya dapat membuat penggunanya lebih produktif. 

Maka dari itu, di video kali ini aku akan membahas 4 aplikasi terbaiq gratis untuk meningkatkan produktivitas. Apakah aplikasi yang disebutkan sudah ada di smatphone kalian ?

  • Canva

Jikalau kalian membutuhkan aplikasi untuk membantu kalian dalam hal mendesain, canva adalah jawabannya.

Canva merupakan sebuah aplikasi yang sangat membantu kita dalam hal mendesain sesuai dengan yang kita butuhkan. Kalian bisa mendesain poster, kartu ucapan, brosur atau kebutuhan visual lainnya dengan menggunakan aplikasi ini di smartphone ataupun memalui pc kalian. 

Canva menyediakan berbagai macam gambar yang unik yang dapat digunakan secara gratis. Canva juga menyediakan template yang bisa di edit sesuai dengan kebutuhan kita, jikalau kita belum mempunyai konsep desainnya.

Canva sendiri didirikan oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams pada tahun 2012 lalu.

Aplikasi ini pun tidak sulit untuk digunakan, cara kerjanya sungguh sederhana. Tinggal masuk ke aplikasi tersebut, pilih layout yang diinginkan, pilih gambar yang ingin digunakan, lalu desain sesuai dengan keinginan. 

  • To Do Ist

To do ist merupakan salah satu aplikasi yang dapat meningkatan produktivitas kalian. 

To do ist merupakan sebuah aplikasi layanan pengelola daftar pekerjaan (task maneger) yang diluncurkan oleh Amir Salifehendic pada tahun 2007. 

Aplikasi ini cocok untuk mengelola daftar tugas yang kompleks, sebagai contohnya dengan aplikasi ini kita dapat menetapkan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas tertentu, lalu membagikannya kepada si penanggung jawab tersebut. Nah si penanggung jawab yang ditunjuk bisa menandai bila tugasnya telah selesai.

Meskipun  bisa menangani tugas-tugas yang kompleks, to do ist tetap simple digunakan. Aplikasi to do ist juga bisa digunakan secara offline, lalu akan menyinkronisasinya begitu online.

Kalian bisa mengakses aplikasi ini di smartphone dan berbagai sistem operasi lain. Aplikasi ini sangat mempermudah untuk melihat tugas apa yang harus diselesaikan.

  • Breathly

Apakah kalian tahu para orang sukses biasanya memulai harinya dengan cukup awal bahkan bangun sebelum subuh. Bahkan, pakar karier mengatakan selain bangun pagi, mereka menyediakan waktu untuk bernafas dalam tiga menit agar membuat produktif seharian.

Menurut pelatih kepemimpinan Carole Gaskell, menyediakan waktu hanya tiga menit untuk bernafas dalam-dalam adalah salah satu cara yang dilakukan oleh orang-orang sukses untuk membuatnya produktif sepanjang hari.

Selain itu juga disaat bekerja terlalu keras atau melakukan aktivitas yang terlalu berat sering kali membuat kita merasa tercekik dan sulit untuk bernafas. 

Padahal dengan bernafas, dapat memberikan kita kemampuan untuk memproses informasi lebih cepat, dapat juga mengoneksikan kepala, jantung serta perut dengan energi produktif, dapat memberikan ketenangan, membuat focus lebih jelas, dan masih banyak lagi.

Bernafas dengan baik juga sangat diperlukan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Temen-temen dapat menggunakan aplikasi Breathly ini untuk pelatihan pernapasan dan relaksasi agar membantu temen-temen bernafas dengan baik. 

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di ios maupun android.

  • Google Docs

Banyak sekali fitur yang kita pakai setiap harinya tetapi kita tidak menyadari kegunaan sepenuhnya dari fitur tersebut. 

Terkadang fungsi dari fitur yang tidak kita perhatikan itu bisa membuat perbedaan besar dalam produktivitas. Mungkin, salah satu dari fitur tersebut adalah Google Docs.

Google Docs adalah salah satu layanan yang penting dan mudah digunakan. Google Docs adalah salah satu fitur gratis dari Google yang digunakan untuk layanan pengolah kata hingga sebagai penyimpanan data yang berbasis web. 

Google Docs juga bisa digunakan untuk menulis apapun, dimanapun, dan dapat membagikannya kepada siapapun yang kalian inginkan. 

Google Docs juga memungkinkan kita untuk dapat mengedit sebuah dokumen secara bersamaan.

Produktivitas merupakan modal utama yang diperlukan agar tetap focus dalam menjalani karier maupun kehidupan kita. 

Jangan lupa untuk bersemangat setiap harinya. Karna semakin kita bersemangat, semakin tinggi juga produktivitas kita. Semakin kita produktif dapat membuat kita menjadi lebih baik.

Add comment