DEFI (Decentralized Finance)

APA ITU DEFI?

Defi atau decentralized finance adalah sebuah sistem moneter yang dibangun diatas teknologi Blockchain Ethereum untuk mendapatkan pinjaman berupa asset crypto yang bersifat menghadirkan layanan keuangan terbuka dan transparan bagi semua orang.

Defi sendiri bisa menjadi salah satu alternative untuk setiap layanan keuangan yang ada saat ini, seperti pinjaman ataupun tabungan.

Banyaknya masyarakat didunia ini yang kekurangan pada akses layanan finansial menjadikan salah satu motivasi dibuatnya sistem defi ini.

Karena sifat jaringan blockchain yang permissionless, berarti terbuka buat siapa saja, dimana mereka tinggal dan berapa saja dana yang dimiliki.

Berbeda misalnya dengan bank konvensional yang bisa menutup akun dari customers yang tidak memenugi persyaratan, karakter blockchain merupakan tahan sensor.

Tau ga temen-temen kalau saat ini Defi sedang sangat digandrungi dan diperbincangkan oleh para pelaku crypto. Padahal dulunya orang-orang yang ada didunia cryptocurrency dan blockcain tidak mengetahui apa itu Defi.

Ini menanakan kalau ekosistem cryptocurrency dan blockcain terus berkembang dan menjadi salah satu solusi permasalahan sistem finansial yang ada saat ini. 

Di awal juli 2020, Defi menjadi perbincangan banyak orang karena beberapa sebab. Salah satunya karena konsep liquidity mining, atau bahasa lainnya biasa disebut dengan yield farming. 

Yield farming merupakan sebuah tahap dimana starup defi memberikan insentif agar mendapatkan user.  Starup defi memberikan token kepada user yang berperan sebagai liquidity provider. Token tersebut mungkin nantinya bisa saja akan bernilai tinggi. 

Dan pada akhir juli 2020, total value lock in defi mencapai 3,6 billion USD atau lebih dari Rp. 50 Triliun.

Berkembangnya teknologi dalam ekosistem blockchain merupakan salah satu alasan cryptocurrency menjadi komoditas investasi yang menarik saat ini. Baca juga: Mengapa Emas Bukan Merupakan Investasi ?

MANFAAT DEFI (DECENTRALIZED FINANCE)

1. Kemudahan Dalam Mengakses

Bagi masyarakat yang tinggal didaerah berpenghasilan rendah  dan tidak memiliki akses layanan keuangan, bisa mendapatkan akses ke layanan keuangan yang disediakan oleh Defi. Pengguna di Defi juga dapat mengakses dimana saja asalkan memiliki koneksi internet. Selain itu juga bukan hanya sebagai layanan finansial yang terbuka bagi penggunanya, tetapi juga bagi pemiliknya.

2. Mengecilkan Biaya

Defi dapat mengurangi biaya transaksi dikarenakan tidak membutuhkan perantara pada setiap layanannya, sehingga penggunanya tidak perlu untuk membayar biaya tambahan untuk transaksi.

3. Pemberi Pinjaman

Ini merupakan salah satu jenis aplikasi terpopuler dari ekosistem Defi. Bila dibandingkan dengan sistem kredit tradisional, transaksi pinjaman dalam Defi bisa dilakukan dengan instan, bisa juga untuk menjamin asset digital tanpa pemeriksaan kredit

4. Layanan Defi Tidak Akan Ditutup 

Bila kita bandingkan dengan bank, jika terjadi suatu masalah atau krisis, bisa saja layananya akan ditutup dan akhirnya tidak bisa mengakses data yang mereka miliki. 

Namun di Defi, hal tersebut tidak akan terjadi, soalnya akses layanan keuangan yang ada pada Defi dibangun diatas Blockchain. Data pengguna akan aman dikarenakan memiliki banyak salinan yang tersebar di jaringan.

5. Tanpa Perantara

Defi yang dibangun diatas teknologi Blockchain tidak membutuhkan perantara untuk melakukan transaksi, pengguna bisa memegang kendali atas dana ataupun asset yang dimiliki dan bisa memantaunya bila ada perubahaan serta transaksi dapat dilakukan dengan cepat. 

DAMPAK DEFI (DECENTRALIZED FINANCE)

  • Transaksi Yang Tahan Sensor

Transaksi yang tahan sensor maksudnya adalah kehadiran defi dapat sangat membantu masyarakat untuk melindungi dana mereka dari inflasi atau kebijakan ekonomi yang merugikan. 

  • Penggunaan Yang Cukup Mudah

Defi mempunyai beberapa jenis transaksi yang lebih mudah dan tidak terlalu kompleks, sehingga bisa dengan mudah untuk dimengerti. Misalnya pebisnis di Indonesia bisa mendapatkan modal dan investasi dari user di negara lain.

  • Akses Global Kelayanan Finansial

Banyaknya masyarakat yang susah untuk mengakses pada layanan finansial yang disebabkan oleh berbagai kendala, salah satunya seperti jarak yang jauh antara kegiatan ekonomi dan provider layanan. Hal tersebut menjadi salah satu motivasi dibangunnya defi. Dengan adanya defi, hal tersebut dapat diatasi. 

Nah dalam  sistem yang terdesentralisasi ini, trader di sebuah perusahaan finansial dunia akan mempunyai akses ke level yang beragam. Misalnya kepada kelompok petani yang ada di Indonesia maupun negara lain.

APA SAJA DEFI YANG MENARIK

Dianntara sekian banyak token defi yang tersedia, berikut ini aku mau kasih tau beberapa yang sangat menarik untuk kita miliki:

1. YFI ( Yearn Finance)

Yfi ( Yearn Finance) adalah token ERC-20, berbasis blockchain Ethereum yang digunakan untuk mengatur segala protocol didalam ekosistem yearn finance. token ini bisa didapatkan melalui interaksi dengan protocol-protokol tersebut.

Sebagian kecil transaksi yang dipotong oleh Yearn Finance dan dikumpulkan dalam pool yield finance yang hanya bisa diakses oleh pemilik token yfi.

Pada artikel ini dibuat, harga YFI adalah Rp. 254.847.949,84 

2. AAVE (LEND)

AAVE (LEND) atau yang sering juga disebut sebagai ETHLend, merupakan token asli AAVE yang dibangun berdasarkan starndar ERC-20, token LEND bisa digunakan untuk mengurangi biaya. 

Protocol AAVE dengan token asli mereka adalah sebuah perusahaan terkemuka dalam bidang keuangan terdesentralisasi (defi) yang memungkinkan penggunanya mengakses ke protocol open-source dan non custodian untuk menciptakan pasar uang.

Pada saat artikel ini dibuat, harga AAVE adalah Rp. 966.097,19

3. YFII 

YFII atau DFI.money merupakan cabang dari YFI yang dibentuk oleh komunitas crypto china. YFII atau DFI.money adalah sebuah platform DEFI yang betujuan untuk membangun produk berdasarkan perdagangan leverage, pembuatan pasar yang bersifat permissionless, penyediaan likuiditas agregat. Token YFII ini merupakan mata uang yang paling banyak digandrungi di ekosistem defi.

Pada saat artikel ini dibuat, harga YFII adalah RP. 24.810.823,04  

4. UNI

UNI atau UNIswap merupakan sekumpulan program computer yang berjalan di blockchain Ethereum yang memungkinkan pertukaran token terdesentralisasi.

Protocol yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC20 mereka tanpa harus mempercayai siapa pun dengan dana mereka.  Sementara itu juga, siapa pun bisa meminjamkan crypto mereka ke cadangan khusus yang disebut likuiditas. 

Pada saat artikel ini dibuat, harga UNIswap adalah Rp. 53.960,67

5. SNX 

SNX (Synthetic Network Token) merupakan protocol terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses asset sintesis yang didukung crypto tanpa adanya pesaing. Synthetix memainkan peran yang penting bagi ekosistem DEFI karena menyediakan peningkatan aksebilitas ke asset keuangan tradisional dan strategi perdagangan yang lebih canggih.

Pada saat artikel ini dibuat,  harga SNX adalah Rp. 968.173,19

Jadi kesimpulannya dari sistem defi ini adalah difokuskan buat membangun layanan keuangan finansial yang mandiri dan terbuka. 

Add comment