Handphone bisa mendengar pembicaraan ?

Handphone, Siapa sih yang nggak kenal dengan handphone. Tentunya semua orang di dunia pasti memiliki salah satu  teknologi masa kini yang satu ini. Namun gimana ya jika handphone yang  kita miliki bisa mendengar dan merekam semua pembicaraan ? Mengejutkan bukan.

Ternyata kabar yang sedang membuming menimpa teknologi yang jadi teman kita di kehidupan sehari-hari yaitu handphone. Katanya nih, handphone yang kita miliki dan hampir setiap waktu selalu ada di sekitar kita bisa mendengar dan merekam semua pembicaraan kita tanpa melakukan googling terlebih dahulu.

Hal ini berdampak merugikan untuk orang-orang yang tidak ingin data serta privasinya di ketahui. Walaupun handphone merupakan benda mati tapi handphone memiliki kecanggihan yang luar biasa dengan medengar serta merekam percakapan yang ada di dunia nyata.

Menurut Dr. Peter Hannay, konsultan keamanan senior di perusahaan keamanan siber Asterisk, ia mengatakan kalau itu sangat mungkin terjadi namun caranya tidak segila yang kita bayangkan. Disetiap Handphone yang kita punya memiliki mikrofon yang mampu menangkap semua pembicaraan yang sedang kita bicarakan.

Kabarnya sih ini menjadi rahasia besar bagi perusahaan teknologi raksasa buat menarik pengiklan yang sangat menguntungkan di strategi pemasaran. Jika iklan di televisi memanfaatkan penonton saat prime time, sedangkan iklan di internet melacak riwayat pencarian kita. Baca juga: IGTV Bakal Monetisasi.

Dimana mikrofon dapat mendengar dan menampilkan iklan pada sebuah aplikasi sama persis dengan apa yang sedang kita pikirkan dan kita bicarakan. Hal ini lah yang membuat kita sadar bahwa handphone secara tidak langsung mendengarkan apa yang sedang kita bicarakan.

Ternyata handphone juga bisa mendengarkan pembicaraan kita karena ada pemicu yang lain. Wah pemicu yang seperti apa yahh ?

Pemicu yang menyebabkan itu terjadi diantaranya adalah “ hey Siri” dan “ okay Google.” Keduanya merupakan asisten handphone yang memiliki kecanggihan yang luar biasa. Jika  tidak ada pemicu, maka data yang kamu berikan hanya bisa diproses dalam handphone saja.

Namun jika kamu memiliki aplikasi third party di handphone seperti aplikasi Facebook  dan instagram yang bisa mengakses data tanpa adanya pemicu . Semua juga tergantung mereka yang akan menggunakan datanya atau tidak.

Hal ini juga terjadi beberapa waktu yang lalu, dimana media social instagram yang diminati banyak orang diramaikan dengan kabar bisa mendengar percakapan yang kita lakukan di kehidupan nyata. Instagram menampilkan sebuah produk yang sedang dibicarakan lewat sebuah iklan yang dimana pada saat itu juga tidak sama sekali dicari, dibagikan, bahkan disukai.

Contoh yang nyata dan sering terjadi juga, saat kita sedang membicarakan satu topic misalnya liburan. Tanpa kita sadari seketika aplikasi tersebut menampilkan sebuah iklan yang berhubungan dengan topic yang sedang dibahas dengan menampilkan iklan berupa harga hotel, tiket pesawat, dan destinasi yang ada disana.

Saat itu lah handphone yang kita miliki semakin diyakin kan bahwa bfisa mendengar percakapan didunia nyata lewat mikrofon yang ada di handphone. Dengan menampilkan iklan yang bertujuan untuk menaikan sebuah target pemasaran.

Kalian tau nggak ,? ternyata tidak hanya aplikasi instagram saja loh yang bisa melakukan hal itu , namun ada beberapa aplikasi yang lain seperti google dan fecebook. Wahh hal yang sangat mengejutkan bukan ?

Seperti yang kita tau google merupakan mesin pencarian terbesar didunia yang digunakan pengguna secara global. Aplikasi yang satu ini juga bisa mengakses pembicaraan kita lewat mikrofon yang ada dihandphone.

Jika google melakukan hal itu , maka sudah bisa kita tanggapi bahwa platform yang lain juga melakukannya. Tidak ada alasan buat mereka untuk tidak melakukan hal ini karena strategi ini sangat menguntungkan di sistem pemasaran. Selain itu, kesepakatan end-use dan hukum yang telah mengizinkan untuk melakukan hal tersebut.

Terjadi juga di salah satu aplikasi yang penggunanya ada di seluruh dunia yaitu fecebook. Fecebook yang merupakan sebuah situs yang menghadirkan layanan jejaring sosial dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi dengan para pengguna lainnya.

Dilengkapi dengan data yang tertera di fecebook baik jenis kelamin, hobbi dan yang lainnya, membuat fecebook sangat mudah untuk saling berinteraksi  dengan mikrofon handphone yang dapat merekam percakapan kita. Maka dari itu fecebook sering menampilkan apa yang sedang kita pikirkan lewat iklan yang ada di halaman beranda fecebook.

Namun hal ini di bantah oleh perusahaan fecebook, yang dimana fecebook menyangkal telah melakukan perekaman percakapan. Menurut fecebook hal ini terjadi karena  fecebook merekam jejak digital kita, entah dari likes, history, relasi, dan foto yang mungkin kita sendiri lupa pernah melakukannya.

Hal ini juga di ungkapkan oleh Dr. Peter Hannay yang menjelaskan bahwa walaupun layanan jejaring sosial menghargai data kita, bukan berarti data kita aman dari instansi pemerintah. Kebanyakan perusahaan teknologi berada di AS, jadi NSA atau CIA bisa saja meminta mereka mengungkapkan datamu, tidak peduli itu legal atau tidak di negaramu.

Beberapa Negara membatasi warganya untuk tidak menggunakan aplikasi yang memicu data dirinya terancam, yaitu Korea Utara. Korea Utara sering disebut-sebut sebagai negara paling negara yang paling tertutup dan restriktif di dunia. maka dari itu korea utara sangat membatasi masyarakatnya untuk berinteraksi dengan social media termasuk fecebook.

Nah, gimana nih teman-teman setelah kalian tau bahwa handphone bisa mendengar pembicaraan kamu, apakah kamu masih berani untuk menggunakan handphone tersebut atau malah takut untuk menggunakannya ?

Kesimpulannya

Jadi kesimpulannya dengan adanya teknologi terkini yaitu Handphone yang dapat mendengarkan ucapan kita membuat kita harus lebih berhati-hati lagi dalam setiap melkukan aktivitas yang berhubungan dengan handphone.

 

 

 

 

Add comment