Keinginan atau Kebutuhan 

Kebanyakan orang-orang akan sulit menentukan sebuah keinginan dan kebutuhan. Terkadang kita sebagai manusia sering keliru saat membedakan kebutuhan atau keinginan yang pada akhirnya bisa saja membuat kita menjadi boros.

Secara jelas keinginan atau kebutuhan memiliki definisi yang berbeda, maka dari itu kita harus tau terlebih dahulu definisi dari keduanya agar kita tidak salah memilih.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kebutuhan?

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang meliputi sandang, pangan, dan papan yang menunjang segala aktifitas dalam kehidupan keseharian manusia

Dan apa sih yang dimaksud dengan keinginan ? 

Keinginan adalah segala sesutau tambahan yang berasal dari kebutuhan lebih terhadap segala sesuatu yang dianggap kurang, saat kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki kewajiban untuk segera terpenuhi.

Secara rinci keinginan atau kebutuhan didalam kehidupan di bedakan menjadi beberapa, berikut sebagai bahan pertimbangan dari keduanya yaitu :

Berdasarkan sifatnya

Kebutuhan mempunyai sifat mengikat atau wajib diutamakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan keinginan mempunyai sifat tidak mengikat atau tidak wajib untuk dipenuhi segera. Keinginan yang dipengaruhi oleh perasaan, pendapat, dan juga pandangan pribadi.

Kebutuhan memberikan manfaat yang dihasilkan setelah memenuhi suatu kebutuhan sendiri. Keinginan memberikan manfaat untuk kepuasan diri sendiri yang bisa membuat kita menjadi boros.

Berdasarkan fungsi dan selerannya

Kebutuhan mempunyai fungsi sebagai tolak ukur untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan keinginan mempunyai fungsi selera yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk memenuhinya.

Nah, dari keduanya kita sudah bisa memilih mana yang lebih didahulukan, Karna kebanyakkan orang-orang tidak bisa mengendalikan nafsu mereka sendiri dan selalu merasa tidak puas dengan apa yang mereka miliki. Dan kita harus lebih berfikir kritis lagi dalam memilih yang seharusnya harus dibeli  dari pada kebutuhan yang memang tidak harus dibeli. 

Ada beberapa faktor yang memicu itu terjadi, diantaranya adalah makanan dan minuman yang mahal, rumah yang besar ,bertingkat dan mewah, mobil baru yang mengkilap, handphone keluaran terbaru dengan harga yang melejit, serta fashion yang semakin hari semakin trends dan masih banyak lagi. 

Keinginan seringkali merupakan perwujudan untuk menegaskan status sosial seseorang sekaligus membuktikan kepada orang lain bahwa mampu untuk memilikinya.

Apakah sebuah keinginan tidak boleh dipenuhi? 

Tentunya boleh, asalkan semua kebutuhan yang penting telah mendapat perhatian. Dan jangan sampai sebuah keinginan yang tidak penting menggeser kebutuhan yang lebih penting dan esensial.

Dan apakah benar keinginan selalu tidak baik dan tidak boleh dipenuhi? 

Tergantung kondisi dan kemampuan kita saat itu. Jika kita memiliki banyak uang, membeli barang yang mahal dan memiliki wibawa tentu sah-sah saja asalkan bukan dengan niat menyombongkan diri.

Sebaliknya jika penghasilan Anda masih terbatas tapi memaksa, maka di sinilah letak permasalahannya, kalian bisa melakukan apa saja dengan cara apapun demi sebuah keinginan tercapai,  bahkan kalian bisa menyusahkan serta merugikan orang lain yang ada disekitar anda, dan tentunya berdampak negative.

Sedangkan orang yang memiliki uang banyak sekalipun bukan berarti bisa membeli apa saja yang diinginkan. Karena, kebanyakkan orang yang seperti ini tentunya lebih memprioritaskan kebutuhan, ketika semua kebutuhan sudah terpenuhi sedangkan keinginan menjadi yang kedua setelah kebutuhan.

Kesimpulan

Kebutuhan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan di dalam kehidupan Sedangkan, Keinginan hanya sebagai tambahan dari kebutuhan yang sudah terpenuhi. Prinsip nya adalah pengendalian diri sangatlah berperan penting dalam memilih diantara keduannya dan menilai secara teliti lagi apa yang perlu dipenuhi. Dengan demikian kita akan menjadi seseorang yang mengambil keputusan dengan bijaksana. Maka dari itu kita harus pintar memilih ya dalam memilih.

Okey sekian dari pembahasan mengenai keinginan atau kebutuhan di video kali ini, semoga bermanfaat ya buat kita semua. Terimakasih dan salam teknologi.

Add comment