LIBRA

Berbeda dengan pembahasan LIBRA kali ini yang dimana libra merupakan salah satu mata uang global yang akan diresmikan oleh fecebook. Wah penasaran ngga nih ? 

Libra yang di perkirakan akan diluncurkan pada Januari tahun 2021 mendatang. Membuat gempar masyarakat Indonesia yang penasaran akan hal ini.

Apakah itu LIBRA ?

Libra adalah mata uang digital berbasis rantai blok berizin (permissioned blockchain)  atau rantai blok privat (private blockchain) yang diusulkan oleh perusahaan media social asal Amerika Serikat yaitu Fecebook dengan melalui sebuah konsorsium bernama Libra Association. Libra Association merupakan organisasi yang akan mengolah serta memastikan kestabil mata uang libra.

Konsorsium yang akan mengontrol Libra beranggotakan sejumlah perusahaan besar di ranah teknologi dan financial serta organisasi nirlaba.

Kata Libra sendiri berasal dari bahasa Romawi kuno yang kerap dipakai sebagai ukuran berat. Simbol mata uang Poundsterlingnya pun berasal dari L di Libra.

Libra layaknya token yang bisa ditransaksi, sebagai mata uang libra  bisa disimpan atau ditransfer, tidak hanya untuk berbelanja online melainkan bisa digunakan untuk berbelanja offline, serta  membayar transportasi umum.

Libra mata uang kripto yang menyediakan sebuah dompet digital yang disebut Calibra. Calibra sendiri merupakan aplikasi yang terpisah dan menempel diaplikasi fecebook messenger dan whatsapp untuk memudahkan transaksi berjalan dengan lancar.

Facebook mengatakan bahwa Libra bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki akses ke platform perbankan pada umumnya.

Libra yang merupakan mata uang kripto, juga sering disebut-sebut sebagai investasi, seperti saham atau obligasi, yang jika dibeli memiliki nilai tambah. Namun, disini libra ditegaskan sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial di seluruh dunia.

Selain itu juga, para pengguna Libra dapat mengirim uang secara global ke pengguna lainnya serta  dapat membayar produk atau layanan yang mendukung penggunaan mata uang digital ini. 

Mata Uang Libra berbasis jejaring blockchain dan tidak memiliki desain sebagai aset spekulatif seperti bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif. 

Agar lebih stabil libra tidak menampilkan nilai harganya kepada konsumen, namun nilai harga libra juga tidak dipatok ke satu mata uang saja. 

Nilai harga libra nantinya akan dikaitkan dengan beberapa mata uang lainnya. Ketika yang lainnya semata-mata didorong oleh penawaran dan permintaan, Libra akan dinilai berdasarkan deposit bank dan obligasi jangka pendek milik pemerintah dalam mata uang, seperti Dolar, Pound, dan Euro.

Kehadiran libra merupkan mata uang kripto yang dikeluarkan oleh fecebook mengalahkan pamor bitcoin, yang dimana libra memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bitcoin.

Lalu apa sih yang membedakan LIBRA lebih unggul dari Bitcoin?

  • Libra dan Bitcoin sama-sama bisa ditukar dengan uang tunai, namun yang membuat keduanya berbeda, libra sebagai mata uang yang cenderung digunakan untuk transaksi sehari-hari yang bersifat komersil. 

Sedangkan Bitcoin sebenarnya juga bisa digunakan bertransaksi atau membeli barang secara online. Hanya saja, mata uang kripto ini belum tetap sebagai sebuah sistem pembayaran komersil dan belum diatur oleh organisasi perbankan.

  • Libra yang memiliki kestabil, karena ditompang asosiasi perbankan yang mampu melakukan tugas dengan baik. Libra juga mengibaratkan nilai kursnya dari aktivitas gabungan mata uang ternama, mencakup Dollar AS, Euro, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan Bitcoin tidak diatur oleh organisasi perbankan atau bahkan pemerintah karena esensinya memang independen dan terbuka. 

Dalam artian, nilai kurs Bitcoin bisa “dimainkan” secara liar oleh orang-orang yang berkecimpung di ranah ini. Hal inilah yang menyebabkan nilai Bitcoin dengan cepat naik-turun.

  • Libra adalah mata uang kripto yang stabil, karena dikelolah oleh libra Association , Sedangkan Bitcoin adalah mata uang kripto yang sangat mudah berubah-ubah.

Namun beredar isu privasi mengenai libra, yang dimana transaksi libra dilakukan lewat calibra yang dibuat oleh fecebook. Adakah kemungkinan dimana data prilaku belanja dan penggunaan belanja akan dikumpulkan dan di jual kepemasang iklan ?

Karena calibra merupakan aplikasi yang berbeda, maka dari itu calibra tidak akan membagikan data penggunanya kepada fecebook. Fecebook juga berjanji menghormati privasi pengguna libra. 

Seperti yang kita ketahui bahwa fecebook bisa menjual data pribadi kita untuk kepentingan iklan politik, maka dari itu apakah kita masih percaya dengan apa yang sudah dijanji fecebook?

Kesimpulan 

LIBRA yang merupakan mata uang kripto yang dapat digunakan secara global,yang dimana bisa membantu untuk mempermudah transaksi berjalan dengan lancer.

Dan dengan beredarnya isu mengenai libra merupakan mata uang yang akan mempermudah kita untuk transaksi di tahun baru yang akan datang yaitu 2021. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya  ?

Add comment