Nikola Tesla Kalah Dimasa Lalu Menang Dimasa Depan

Apakah kalian tahu asal usul dari:

  Sistem ac pada arus listrik

  Radio

  Motor listrik

  Remote control

  Dan Trafo tegangan tinggi

Tapi pertanyaannya, emang sepenting apa sih harus tau?

Asal Usul Arus Listrik

Siapa ya yang punya ide brilliant dibalik itu semua?

Emang apa si pentingnya untuk tau itu?

Oke deh langsung aja kita bahas.

Nikola tesla. Mungkin dari kalian belum mengenal atau tidak tahu sama sekali dengan pria ini. Nah kalau begitu, kalian harus tau nih!

Taukah kalian bahwa seorang nikola tesla memiliki peran penting untuk hidup kebanyakan umat manusia sekarang ini.

Berkat ide gilanya, listrik dapat menjadi sumber energi dan mengalir hingga manusia bisa saling terhubung satu dengan lainnya. Baca Juga: Strategi Marketing Unik Coca Cola.

Biasanya, orang yang sudah dikenal oleh banyak orang terutama yang sudah mencangkup tokoh legendaris dunia pastinya mempunyai hidup yang nyaman dengan bergelimangan harta.

Tapi tidak dengan nikola tesla, alih-alih memiliki hidup mewah dan dikenal oleh semua orang. Nyatanya hidup seorang nikola tesla malah justru kebalikannya.

Namanya seolah tenggelam oleh Thomas Alva Edison yang hidup di zaman yang sama. Nama yang kita kenal dalam sejarah sebagai pencipta bola lampu sejak kita duduk dibangku sekolah.

Tesla memang lebih muda dibandingkan dengan edison, tapi ia adalah seorang penemu dan ilmuan paling jenius di abad ke 19.

Karena pemikiran anehnya tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuatnya dijuluki sebagai ilmuan gila.

Nikola tesla yang lahir pada 10 juli 1856  di kroasia ini adalah penemu arus bolak-balik listrik dari radio yang terkenal dengan kejeniusannya.

Awalnya, sang ayah mendorong tesla untuk menjadi pendeta karena ia tumbuh di keluarga pendeta Orthodox. Tetapi ia lebih menyukai sains.

Nikola tesla menamatkan sekolahnya di university of prague. Dan pada tahun 1870 an, ia pindah ke Budapest lalu bekerja di perusahaan telepon. Nah di kota inilah, tesla menemukan ide untuk membuat motor listrik.

Saat usianya 28 tahun, ia memutuskan untuk meninggalkan eropa dan pindah ke amerika serikat.

Di negeri paman sam itu, tesla bekerja di perusahaan milik Thomas Alva Edison. Tepatnya di tahun 1884, ia resmi bekerja dikantor milik Edison yang bergerak di industry listrik DC (Direct Current).

Ternyata dua ilmuan ini bek`erjasama mengembangkan banyak inovasi. Kebanyakan dari inovasi-inovasi tersebut merupakan temuan dari Edison.

Sayangnya, karena perbedaan pandangan, kerjasama mereka tidak bertahan lama. Nikola tesla memutuskan berhenti bekerja dengan Edison. Edison yang focus pada bisnis tidak cocok dengan mindset tesla.

Pada 1885, nikola tesla memulai untuk membuat penemuannya sendiri. Ia menghasilkan lebih dari 30 hak paten untuk temuannya di tahun 1887 dan 1888.

Selama hidupnya, nikola tesla sudah banyak sekali menyumbangkan penemuan yang berguna hingga saat ini. Seperti yang sudah aku sebutkan di awal tadi, ada:

  Sistem ac pada arus listrik

  Radio

  Motor listrik

  Remote control

  Dan Trafo tegangan tinggi

Meskipun banyak penemuan hebat yang sudah ia temukan tapi itu tidak serta merta membuat nikola tesla dihormati.

Bahkan karena ide-ide dari penemuannya dianggap aneh, ia sering dianggap gila.

Tesla selalu punya banyak konsep untuk penemuannya yang pada masa itu dianggap mustahil.

Selain namanya yang tenggelam, perjalanan kehidupannya juga sangat tragis. Sebab pada tahun 1895, laboratorium milik tesla habis terbakar. Banyak catatan dari penemuannya yang ikut hangus terbakar.

Tidak hanya sampai disitu, kemalangan pun terus menghampiri hidup nikola tesla. Karena di tahun 1917, ia mengumumkan kebangkrutannya.

Tesla menghabiskan sisa hidupnya dengan selalu menggarap penemuan-penemuan baru. Semasa hidupnya pun, ia tidak menikah dan hanya mempunyai beberapa sahabat, ia juga kerap menghabiskan waktunya seorang diri.

Ia juga dianggap memiliki gangguan mental karna obsesinya pada angka 3 dan di hari-hari akhir hidupnya tesla habiskan dengan memberi makan burung merpati, bahkan tesla mengklaim dapat berkomunikasi dengan merpati.

Nikola tesla meninggal di usia 86 tahun pada 7 januari 1943 dalam keadaan miskin dan seorang diri disebuah penginapan di new York.

Lebih tragisnya lagi, yang menemukan ia meninggal bukan kerabatnya, melainkan seorang pembersih dari penginapan itu.

Nama nikola tesla memang tenggelam di masa lalu tapi nyatanya sekarang, idenya tersebut telah diambil oleh penemu-penemu selanjutnya.

Berkat jasanya lah manusia abad ini lebih mudah menyelesaikan berbagai masalah dalam keseharian.

Tesla dan penemuannya adalah keajaiban abad ke 19 yang pantas dikenang dan wajib bagi kita semua untuk membuka kembali catatan tentang tesla dengan segala yang pernah ia gagas dan temukan.

Satu hal yang paling aku suka dari nikola tesla adalah dedikasi yang tinggi seseorang pada bidangnya. Hanya sedikit orang seperti tesla yang bisa kita temukan pada abad ini.

Ia rela jalani hidup dengan mengabdikan diri pada konsistensi untuk menemukan hal-hal baru di dunia listrik dan mekanika, yaitu dua hal yang menjadi konsentrasinya.

Ia juga rela berpuluh tahun bekerja dalam kondisi pekerjaan yang sangat tidak menguntungkan sehingga ia tidak pernah bergelimang harta dalam segi finansial.

Kita seharusnya belajar dari tesla untuk tidak ragu membangun serta menyebarkan ide-ide yang kita punya di dalam bidang apapun sepanjang ide itu bermanfaat bagi umat manusia, walaupun akan mendapatkan kritikan paling menyakitkan.

Nah setelah temen-temen sudah mendengar sampai sini, apakah temen-temen sudah menangkap poinnya dari video ini? kenapa penting untuk kita mengetahui kisah pria yang terlupakan ini dalam sejarah? padahal ia memiliki peran sangat penting untuk hidup kebanyakan umat manusia sampai sekarang.

Jika sudah, berarti temen-temen luar biasa.

Jika belum, coba tolong ditonton kembali dan diresapi.

Semoga di artikel kali ini bisa mengingatkan temen-temen kembali tentang sejarah yang sudah mengubah dunia dalam mempermudah kehidupan umat manusia pada abad ini.

Add comment