Pengertian dan Fungsi EXE

Kita yang sering menggunakan komputer pasti sudah akrab dengan file yang berjenis .exe. Namun, banyak di antara kita yang tidak tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan file .exe, apa fungsi dari file .exe dan apakah kekurangan dari file berjenis ini atau bagaimana cara membuka file exe ini?

Nah, supaya kita lebih mengetahui semua pertanyaan yang ada di kepala kita tentang file berjenis .exe ini, ada baiknya kita langsung saja menyimak penjelasan lengkap yang sudah tersedia di bawah.

pengertian dan fungsi exe

Pengertian Exe

Exe merupakan ekstensi file dari file yang dapat dieksekusi dan berisi baris perintah atau kode yang bisa langsung dijalankan oleh sistem operasi seperti windows.

File yang dapat dieksekusi ini akan menjalankan sekumpulan instruksi atau kode yang ada saat kita membukanya.

File-file dengan format ini dapat langsung dimengerti oleh mesin, dan bisa secara otomatis dijalankan oleh sistem operasi komputer. Baca juga: Pengertian Web API Untuk Pemula.

Fungsi Exe

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, file.exe bisa menjadi salah satu jenis file yang amat berguna karena biasanya digunakan untuk menjalankan suatu program di komputer.

Ketika kita mengklik file-exe,rutin-built-in (baris bahasa pemrograman) komputer secara otomatis akan meng-eksekusi atau menjalankan kode-program yang bisa mengatur beberapa fungsi di dalamnya untuk menjadi aktif. Singkatnya, file-exe berguna untuk menginstal dan menjalankan program dan routine.

File yang berekstensi exe ini dapat kita temui dalam beberapa kasus misalnya saat ada aplikasi yang belum terinstall. Aplikasi ini biasanya berbentuk file yang biasa kita gunakan ketika menginstall sesuatu di PC.

Berikutnya adalah ketika kita ada aplikasi yang baru berhasil kita instal, yang masih hasilnya masih berwujud file mentah yang telah di instal sebelumnya. Setelah kita menginstall aplikasi tersebut biasanya akan ada icon-icon di dekstop. Icon ini sebenarnya shortcut yang mengarah ke file.exe di Drive C.

Kasus lain yang dapat membuat kita menemukan file jenis ini adalah ketika terdapat file-file yang dapat terbuka langsung tanpa harus di install terlebih dahulu aplikasinya atau file-file yang perlu dikompresi seperti zip atau rar.

Kekurangan Exe

Walaupun menjadi file yang sangat berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi di komputer, file berekstensi exe dapat menjadi file yang berbahaya. Hal ini dikarenakan file exe biasanya digunakan oknum tidak bertanggung jawab sebagai sistem pengiriman virus atau aktivitas lain yang dapat membahayakan komputer yang kita miliki.

File.exe yang telah berisi virus berbahaya ini akan sangat mudah menyerang komputer kita. Jika diklik, biasanya muncul animasi dari sebuah kartun atau permainan yang terlihat sederhana sekali. Tetapi, diam-diam, ada kode tidak terlihat yang berjalan di latar belakang komputer kita sehingga dapat menginfeksi komputer.

Dan jika kita biarkan hal itu terjadi, maka selama beberapa jam atau beberapa hari setelahnya komputer milik kita mungkin akan menjadi tidak stabil dan lama kelamaan mengalami kerusakan yang mungkin cukup serius.

Pencegahan Virus dari File EXE

Karena potensi adanya virus berbahaya di dalam file berjenis ini, saat men-download file exe ada baiknya kita melakukan scan virus dengan antivirus yang baik sebelum membuka file .exe.

Untuk melakukan hal ini, banyak pakar keamanan yang menyarankan pengaturan browser sehingga situs-situs yang ada tidak bisa menjalankan program secara otomatis. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kita kesempatan memantau program mana yang baik dan tidak untuk dikirimkan ke komputer.

File Exe umumnya tidak diperbolehkan untuk diedit sebab file ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta, perjanjian lisensi per-koneksi yang dikeluarkan oleh pembuatnya. Melakukan hacking file exe adalah perbuatan yang ilegal dalam kasus ini.

Namun ada beberapa pengecualian dalam hal ini, misalnya dalam hal perangkat lunak domain publik. Perangkat lunak domain publik menjadi milik masyarakat dan secara legal dapat diubah oleh siapa saja.

Selain itu, karena format file berjenis exe ini merupakan file yang rawan virus maka kita diminta untuk harus terus berhati-hati. Para ahli keamanan merekomendasikan kita untuk menjaga checker virus up to date dan menghapus email juga tidak sembarang mengklik email dari pengirim yang tidak kita dikenal.

Nama-nama Exe

Setelah membahas mengenai apa itu .exe dan pengertian serta definisi .exe, ada baiknya kita mengenal nama-nama .exe yang umum dan sering kita temui adalah sebagai berikut:

  • Setup.exe; Nama umum untuk penginstal program perangkat lunak. Ketika dibuka, komputer akan otomatis memulai proses instalasi.
  • Install.exe; Nama lain yang populer untuk pemasang perangkat lunak.
  • Cmd.exe; Program shell yang digunakan oleh Windows 2000 yang terbaru, menggantikan shell COMMAND.COM.

Cara Membuka File Exe

1. Buka dan cari file berjenis Exe yang dimaksud di komputer kita. Sebelum membuka file Exe, kita harus meninjau lokasi pada hard drive yang kita miliki.

Jika kita mendownloadnya melalui Internet, kita dapat memeriksa Preferences menu browser web yang kita punya–hal ini akan membantu kita mengetahui di mana file yang kita download akan disimpan.

Klik “My Computer” untuk membuka Windows Explorer, lalu lanjutkan dengan mengklik folder di mana file tersebut disimpan sampai ikon terlihat.

Pengertian dan Fungsi Exe

2. Selanjutnya adalah kita perlu mengklik dua kali pada file Exe. Setelah kita menemukan icon file itu, klik dua kali di atasnya.

Sebuah kotak akan muncul untuk meminta kita melakukan konfirmasi sebelum melanjutkan tindakan. Hal ini tidak selalu terjadi, tergantung pada versi Windows yang kita miliki dan pengaturan keamanan yang ada pada komputer kita. Jika kita sudah yakin bahwa file yang akan kita buka tersebut berasal dari sumber yang terpercaya, klik “OK” untuk membukanya.

Pengertian dan Fungsi EXE

3. Langkah berikutnya adalah mengikuti saja petunjuk yang muncul setelah mengklik dua kali pada file tersebut. Kebanyakan file exe ini digunakan untuk menginstal aplikasi perangkat lunak dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.

Dalam hal ini, satu set installer prompt akan muncul meminta kita untuk menentukan preferensi instalasi yang kita miliki. Ikuti petunjuk dari awal hingga akhir supaya kita berhasil melakukan instalasi perangkat lunak.

Jika file eksekusi yang kita gunakan adalah file untuk menjalankan seluruh program, program ini akan muncul setelah mengklik dua kali file tersebut. Beberapa game komputer kecil dikemas dengan cara yang seperti ini.

Pengertian dan Fungsi EXE

Setelah menginstal aplikasi perangkat lunak dari file exe, akan lebih aman jika kita menghapus executable atau memindahkannya ke recycle bin untuk menghapusnya.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan tentang file yang memiliki format exe dari artikel di atas, dapat kita simpulkan bahwa file dengan format .exe adalah file yang sangat berguna dengan fungsinya yang bisa langsung menjalankan sistem operasi seperti windows saat diklik. Namun, kita diminta sangat berhati-hati dan ada baiknya menggunakan alat pemindai virus pada komputer saat hendak membuka file berjenis ini dikarenakan banyak virus yang biasanya dimasukkan oknum tidak bertanggung jawab yang bisa merusak komputer yang kita miliki.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kita semua, ya!

Add comment