Pengertian Email Client

Kita pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya ’email’, karena tentu saja di era sekarang ini hampir semua orang memiliki apa yang kita sebut dengan email. Email memiliki banyak fungsi terlebih di zaman sekarang di mana semua hal di dunia nyata ada di dunia maya. Tapi, apa kita sudah tahu dengan ’email client’? Nah untuk mengetahui beberapa hal tentang e-mail client, kita bisa langsung simak pembahasan yang ada pada artikel di bawah ini!

 

Pengertian Email Client

Pengertian Email Client

Email client, email reader atau yang lebih formal disebut Mail User Agent adalah sebuah program komputer yang berguna untuk mengelola email pengguna.

Arti email client ini mengacu pada sebuah sistem yang digunakan supaya dapat mengakses kotak surat email pengguna.

E-mail client merupakan software khusus yang digunakan pengguna e-mail untuk mendownload, mengirimkan dan menerima pesan melalui e-mail tanpa browser. 

Kita cukup menjalankan software email client dan secara otomatis email akan terdownload ke komputer kita. Saat kita tidak terkoneksi dengan internet, kita tetap dapat membaca email yang sudah kita download itu. Baca Juga: Pengertian CC Dan BCC Dalam Email

Pesan yang dikirimkan dan diterima melalui sebuah software ini memungkinkan kita untuk terhubung ke dalam sebuah server, sehingga komputer kita akan berfungsi sebagai sebuah client dari server e-mail ini.

Software E-mail Client

Dan berikut ini adalah daftar software email client yang bisa kita gunakan :

  • Outlook Express
    Outlook express merupakan software yang secara otomatis terinstall pada Windows XP pada full install. Cara menggunakannya sangat praktis, hanya saja tidak memiliki fitur perlindungan SPAM yang efektif.
  • Microsoft Outlook
    Microsoft outlook adalah software yang masuk dalam Microsoft Office. Software ini memiliki beberapa fitur, yang di antaranya adalah sudah terintegrasi dengan kalender, to do list, dan mempunyai mekanisme perlindungan SPAM yang cukup baik.
  • Thunderbird
    Thunderbird adalah software gratis ini dikembangkan oleh Mozilla yang dilengkapi dengan fitur perlindungan SPAM yang sangat fleksibel sebab bisa kita atur secara detail.Software ini pun dilengkapi dengan e-mail tagging yang cara kerjanya mirip dengan label pada Gmail. Kekurangan dari software ini adalah tidak memiliki integrasi langsung dengan kalender meskipun tersedia add-on untuk kalender.
  • Mail pada Mac OS X
    Mail pada Mac OS X atau biasa kita sebut Apple Mail, software Mail ini sudah otomatis terinstall pada Mac OS X. Sebagai software mail client pada Mac OS X, software ini mempunyai fitur perlindungan SPAM yang baik. 
  • Windows Mail
    Windows Mail merupakan pengganti Outlook Express pada Windows Vista. Windows mail merupakan versi baru dari Outlook Express, Windows Mail dilengkapi berbagai fitur baru dari Outlook Express.Di antaranya adalah perlindungan terhadap SPAM yang lebih baik dan integrasi dengan kalender yang sudah termasuk di dalamnya.

Pengertian Email Client

  • eM Client
    eM client ini sudah dirilis untuk waktu yang cukup lama, dan memiliki perkembangan yang sangat panjang sebab itulah eM Client berkembang menjadi aplikasi klien email terbaik untuk Windows. Dalam versi gratis, eM Client memberi batas untuk penggunaan non-komersial dan dua akun email.
    eM Client mendukung Gmail, iCloud, Exchange, dan Outlook.com, kontrol sentuh, pencarian cepat dan integrasi kalender dan kontak. eM Client juga mempunyai software chat yang terintegrasi dengan Jabber dan Google Chat, hal ini merupakan alternatif yang baik untuk aplikasi kelas berat seperti Outlook.
  • Mailbird Lite
    Mailbird Lite bukan sekadar sebuah aplikasi email, aplikasi ini merupakan keseluruhan platform komunikasi tempat dimana kita dapat menambahkan aplikasi untuk penjadwalan, chatting, sinkronisasi file dan kerja sama tim.
    Pengguna dengan fitur gratis tidak bisa mendapatkan beberapa fitur seperti pembacaan cepat, snoozing dan preview lampiran, namun Mailbird Lite tetap merupakan pilihan yang sangat baik.Versi Lite ini biasanya hanya bisa digunakan untuk menghubungkan satu akun email, namun pengembang aplikasi Mailbird Lite sudah cukup mengoptimalkannya supaya dapat diakses dengan cepat dan memiliki tampilan yang bagus.
  • Claws Mail
    Claws Mail lebih cocok digunakan oleh pengguna yang berpengalaman, sebenarnya, aplikasi ini tidak sulit digunakan, namun aplikasi ini membutuhkan penyaringan email khusus dan dukungan untuk jumlah akun email yang tidak terbatas.Berbeda dengan email client gratis lainnya, Claws mewajibkan pengguna mengatur setting POP3/ IMAP pengguna secara manual. Jika kita menggunakan Gmail, kita mungkin akan perlu mengatur setelan akun Google dan memberikan akses untuk aplikasi yang dianggap berpotensi kurang aman ini.Tidak seperti email client modern lainnya, kita tidak memiliki pilihan untuk mengirim email HTML, karena Claws hanya mendukung email dengan format teks biasa.

    Namun karena banyak menghilangkan beberapa fitur yang dirasa tidak perlu, Claws dapat bekerja dengan sangat cepat. Fungsi pencariannya sangat bagus, dan dapat diupgrade menggunakan plugin.

    Claws Mail mungin tidak termasuk ke dalam aplikasi email dengan tampilan yang paling baik, tapi Claws dapat menjadi pilihan gratis yang bagus jika kita menghargai performa daripada gaya. Aplikasi ini juga sering diperbarui secara teratur oleh pengembangnya demi kenyamanan kita sebagai pengguna.

  •  Opera Mail

    Pengembang dari Opera selalu menganggap bahwa email adalah fitur yang paling penting dari browser yang bagus, dan akhirnya Opera mengusahakan untuk mengembangkan email client gratis yang Opera buat sendiri yang diberi nama Opera Mail. Opera mail ini tersedia sebagai aplikasi mandiri, tidak perlu harus diakses dengan browser.

    Fitur Opera Mail ini meliputi template email yang sangat bermanfaat untuk penggunaan bisnis, penyaringan dan pengurutan email, pengurutan email yang ada disini yaitu pengurutan yang didasarkan menurut jenis dan berbagai pilihan penyesuaian lainnya.

    Opera Mail juga dapat mengimpor RSS Feed, menjadikannya alternatif yang baik untuk aplikasi web seperti Feedly.

Kelebihan Email Client

Email client memiliki beberapa keunggulan yang sedikit banyak dapat membantu kita dalam proses pengorganisasian email. Berikut adalah beberapa keunggulan jika kita menggunakan software email client :

  • Dapat menghemat koneksi internet.
  • Kita hanya perlu terkoneksi ketika akan melakukan Send and Receive.
  • Kita dapat membaca dan menulis email secara offline–tanpa kuota.
  • Proses membaca pesan dari kotak masuk email sangat mudah. Kita hanya perlu mengklik subject pesan yang ada di kotak masuk email, lalu dalam sekejap kita akan secara otomatis bisa membacanya.
  • Hampir seluruh program email client memiliki fitur Auto Preview–yaitu fitur yang mempermudah kita untuk membaca email.
  • Kita pun tidak perlu khawatir memikirkan kuota, karena pesan-pesan e-mail kita akan secara otomatis berpindah dari mail server ke komputer pribadi yang kita miliki.

Pengertian Email Client

KelebihanKelemahan
Dapat menghemat koneksi internet.Keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail yang kita miliki.
Kita hanya perlu terkoneksi ketika akan melakukan Send and Receive.Kita hanya dapat mengakses e-mail melalui komputer pribadi yang kita miliki, tidak bisa melalui komputer tetangga, warnet, terlebih lagi komputer dari luar negeri.
Kita dapat membaca dan menulis email secara offline--tanpa kuota.Apabila dalam menggunakannya kita kurang berhati-hati, pesan-pesan rahasia di dalam kotak masuk kita bisa saja dibaca oleh orang lain dengan mudahnya.
Proses membaca pesan dari kotak masuk email sangat mudah. Kita hanya perlu mengklik subject pesan yang ada di kotak masuk email, lalu dalam sekejap kita akan secara otomatis bisa membacanya.
Tidak semua email client mempunyai fitur yang disebut Identity atau fitur yang dapat melindungi privasi yang kita miliki saat mengakses email.
Hampir seluruh program email client memiliki fitur Auto Preview--yaitu fitur yang mempermudah kita untuk membaca email.
Kita pun tidak perlu khawatir memikirkan kuota, karena pesan-pesan e-mail kita akan secara otomatis berpindah dari mail server ke komputer pribadi yang kita miliki.

Kelemahan Email Client

Selain memiliki kelebihan yang cukup mumpuni, tentunya email client tentunya juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah :

  • Keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail yang kita miliki.
  • Kita hanya dapat mengakses e-mail melalui komputer pribadi yang kita miliki, tidak bisa melalui komputer tetangga, warnet, terlebih lagi komputer dari luar negeri.
  • Apabila dalam menggunakannya kita kurang berhati-hati, pesan-pesan rahasia di dalam kotak masuk kita bisa saja dibaca oleh orang lain dengan mudahnya.
  • Tidak semua email client mempunyai fitur yang disebut Identity atau fitur yang dapat melindungi privasi yang kita miliki saat mengakses email.

Kesimpulan

Dari artikel yang sudah sama-sama kita baca di atas, kita akhirnya mengetahui bahwa email client adalah jenis software yang dapat membantu kita untuk mengelola email. Software ini cocok sekali untuk kita yang memiliki bisnis atau yang emailnya banyak diisi oleh hal-hal penting. Semoga penjelasan yang ada di atas bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat lain untuk kita sebagai pembacanya, ya, sobat!

Add comment