Pengertian Force Close Pada Android

Bagi kita yang menggunakan smartphone android, mungkin kita tidak asing lagi dengan kalimat, “sistem not responding” atau “sistem telah berhenti”, kalimat tersebut sama saja dengan istilah yang sering disebut dengan “force close”.

Force close ini merupakan masalah yang cukup menjengkelkan bagi pengguna android karena saat sedang asyik menggunakan aplikasi, eh, aplikasinya malah dipaksa berhenti. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu force close yang ada pada android, yuk kita langsung baca artikel yang ada di bawah ini!

pengertian force close pada android

Pengertian Force Close

Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, force close memiliki arti dipaksa berhenti.

 

Maksudnya adalah, sebuah aplikasi di ponsel android yang sedang kita gunakan secara paksa harus diberhentikan oleh sistem android dikarenakan suatu alasan.

Mungkin di antara kita yang merupakan pengguna andorid sering mengalami yang namanya force close ketika membuka aplikasi atau game.

Force close pada Android ini biasa disamakan dengan Not Responding saat kita membuka aplikasi di komputer. Baca Juga: Apa Itu EDP?

Penyebab Terjadinya Force Close

Ada banyak kemungkinan yang jadi penyebab force close ini terjadi pada ponsel android yang kita miliki. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penyimpanan Ponsel Tidak Memadai

Dalam suatu smartphone kita mengenal dua jenis penyimpanan yaitu RAM dan ROM. Jika salah satu atau mungkin kedua penyimpanan yang ada dalam android ini sudah penuh atau hanya tinggal tersisa sedikit ruang, kemungkinan terjadi force close tentu akan semakin besar.

Terlebih lagi jika kita merupakan tipe manusia yang senang membuka banyak aplikasi sekaligus, ponsel yang kita miliki akan berpotensi semakin besar untuk mengalami force close. Mengapa penyimpanan berpengaruh sangat besar terhadap performa ponsel android yang kita miliki?

Penyimpanan berpengaruh sangat besar karena jika diibaratkan seperti manusia, maka RAM dan ROM adalah otak. Bayangkan saja jika otak kita sudah terlalu penuh atau dipaksa mengerjakan banyak hal sekaligus. Tentunya kita akan sedikit mengalami masalah, bukan?

Nah begitulah juga ponsel pintar yang kita miliki ini bekerja.

pengertian force close pada android

2. Spesifikasi Dari Smartphone

Force Close ini biasanya sering terjadi pada ponsel pintar yang spesifikasinya menengah kebawah, terlebih jika spesifikasi smartphone yang dimiliki rendah namun tetap dipaksa untuk menjalankan aplikasi yang diperuntukkan bagi smartphone kelas menegah atas. 

Begitulah ponsel pintar yang kita miliki ini bekerja, sepintar apapun ponsel kita, jangan paksakan ia untuk menggunakan aplikasi yang tidak kompatibel dengan spesifikasi yang ia miliki.

3. Aplikasi Mengalami Crash Atau Cacat

Selain kesalahan yang terjadi pada ponsel, kesalahan penyebab terjadinya force close juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang mengalami cacat. Penyebab lain adalah terlalu banyaknya cache pada aplikasi.

Sekarang pertanyaan baru pun muncul di kepala kita apa itu cache? Cache tersebut merupakan informasi yang berguna untuk membantu sebuah android atau smartphone supaya dapat lebih cepat membuka sebuah file atau aplikasi, dan lokasi dari cache ini sendiri tersembunyi.

Selain cache, bisa jadi ada virus yang masuk saat melakukan instal aplikasi sehingga aplikasi mengalami cacat yang menyebabkan android mengalami force close. 
Penyebab Terjadi Force CloseCara mengatasi Force Close
Penyimpanan ponsel tidak memadai.Tidak mengunduh terlalu banyak aplikasi dan menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering dipakai.
Spesifikasi dari smartphone tidak mumpuni.Melihat kecocokan aplikasi yang akan diunduh dengan spesifikasi pada ponsel yang dimiliki.
Aplikasi mengalami cacat.Rutin melakukan pembaruan pada aplikasi yang diunduh.
Terlalu banyak cache pada aplikasi.Menghapus cache aplikasi.
Ada virus yang masuk saat melakukan instal aplikasi.Memeriksa virus yang ada pada smartphone
Mengupdate OS Android.
Melakukan Un-Root Android OS.

Cara Mengatasi Force Close

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari force close ini, kini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi apabila ponsel kita mengalami aplikasi yang dipaksa berhenti ini. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan :

jangan sampai root Android apabila tidak ada kepentingan, serta pasanglah aplikasi resmi dari para publisher terpercaya. Maksudnya aplikasi resmi di sini ialah memang bersumber dari Publisher-nya bukan dari sumber atau modifikasi orang lain.

  • Menghemat Penyimpanan

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat penyimpanan di ponsel kita yaitu tentunya dengan tidak mengunduh terlalu banyak aplikasi, menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering dipakai.

Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan walaupun tidak kita gunakan, contohnya adalah aplikasi sosial media, ketika kita baru saja menghidupkan data seluler, tentu akan ada cukup banyak notifikasi dari aplikasi sosial media yang muncul.

Penyebabnya adalah setelah kita menghidupkan data seluler, maka sosial media akan selalu bekerja di background ponsel pintar yang kita miliki. Semakin banyak aplikasi sosial media yang kita unduh di android, maka dipastikan akan semakin lambat kerja dari ponsel kita.

Cara lain untuk menghemat penyimpanan adalah menghapus cache aplikasi. Meskipun peran cache ini terbilang penting, tetap saja, kalau cache yang ada sudah terlalu banyak, maka kita perlu menghapusnya supaya tidak menjadi beban untuk android atau aplikasi yang kita gunakan.

Semakin sering sebuah aplikasi digunakan maka cache-nya juga semakin besar, jia kita memikiki smartphone dengan spesifikasi yang tinggi mungkin tidak perlu khawatir, tetapi bagi kita yang memiliki smartphone spesifikasi menengah kebawah, maka hal ini penting untuk diperhatikan.

pengertian force close pada android

  • Melihat Spesifikasi

Sebelum mendownload sebuah aplikasi, ada baiknya kita harus melihat detail spesifikasi seperti apa yang direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Karena salah satu penyebab terjadinya force close itu karena spesifikasi smartphone kita yang tidak sanggup untuk menjalankan sebuah aplikasi. Maka dari itu kita harus cermat sebelum mengunduh aplikasi ya, sobat.
  • Berikan Android Jeda

Sesaat setelah kita baru saja menghidupkan android dari keadaan mati total, ada baiknya untuk tidak langsung digunakan, kita perlu menunggu beberapa saat, sampai android sudah benar-benar siap untuk digunakan.

Hal ini juga berlaku saat kita baru baru saja menyalakan data seluler atau wifi, karena biasanya sesaat setelah kita  menghidupkan internet, akan ada banyak notifikasi muncul, tunggu sampai notifikasi sudah tidak muncul lagi, baru gunakan smartphone yang kita miliki.

  • Memeriksa Virus Smartphone

Virus juga bisa menjadi alasan yang menyebabkan terjadinya force close, sehingga untuk mengatasi hal ini, kita harus rutin menggunakan aplikasi antivirus untuk mengecek dan membunuh virus yang bersarang di android.

Ada banyak pilihan aplikasi di google play yang mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk permasalahan virus yang ada.

  • Mengupdate Aplikasi

Kita perlu rutin dalam memperbarui aplikasi yang kita unduh dan sering gunakan, karena seringkali tanpa kita sadari bahwa aplikasi yang kita unduh merupakan aplikasi yang masih dalam tahap BETA atau uji coba. 

Aplikasi yang masih dalam tahap uji coba ini tentunya akan sering membuat kita mengalami force close dan membuat ponsel menyimpan banyak bug.

  • Mengupdate OS Android

Langkah ini bisa kita lakukan jika kita merasa perlu untuk diperbarui ke OS Android terbaru yang tersedia. Pada beberapa ponsel, pembaruan OS Android ini memiliki pemberitahuan yang muncul di panel notifikasi yang ada.

  • Un-Root Android OS

Langkah ini dikhususkan bagi kita yang mungkin pernah melakukan root pada android. Kita perlu melakukan un-root agar ponsel tidak lagi sering mengalami force close.

Dengan melakukan un-root pada Android OS, kemungkinan besar masalah force close tidak akan terulang lagi karena Android OS sudah kembali lagi ke sistem asal yang lebih stabil dibandingkan dengan Android yang sudah di-root.

Cara melakukan dan kemampuan untuk dapat atau tidaknya melakukan un-root HP Android tentu berbeda-beda tergantung jenis smartphone yang kita miliki. Namun proses dasarnya unroot merupakan proses mengembalikan ROM Android yang ada ke stock ROM bawaan produksi.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, kita pun tahu apa yang dimaksud dengan force close. Kita pun tahu bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan force close dapat terjadi pada android yang kita miliki. Selain itu, kita juga tahu cara mengatasi android yang mengalami force close!

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan mengatasi android kita yang mungkin sering mengalami force close ya, sobat!

Add comment