Pengertian Gateway dan Fungsinya

Gateway yang berasal dari dua kata diksi bahasa Inggris yang dijadikan satu. Gate dan Way memiliki arti yaitu gerbang (pintu) dan jalan, yang diartikan satu menjadi satu urusan maka hasilnya adalah jalan antar gerbang, memungkinkan isi gerbang untuk menempuh akses antar jaringan.

Gateway adalah perangkat yang bertujuan untuk menghubungkan jaringan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Gateway juga adalah suatu perangkat yang dapat menghubungkan jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehingga membuat informasi jaringan komputer akan dialihkan akan dengan media jaringan yang berbeda.

Gateway sendiri merupakan jembatan penghubung antara hardware dan software yang dimana jaringan keduanya tidak kompatibel sehingga bisa mentransfer masing-masing komputer yang berbeda jaringan.

Tidak hanya satu, dua, bahkan tiga komputer jaringan yang dapat dikoneksikan oleh gateway, namun getaway dapat mencakup dalam jumlah jaringan yang cukup besar pun justru penggunaan gateway sangat penting untuk dilibatkan. Tanpa melibatkan suatu instrumen pada gateway yang jelas koneksi antara jaringan tidak bisa dilakukan.

Fungsi gateway di komputer 

  • Mempermudah Setiap Akses Terhadap Informasi

Gateway yang berfungsi untuk mempermudah pengguna agar mendapatkan akses terhadap suatu informasi, karena kedua komputer saling terhubung dan siap untuk saling bertukar informasi atau data. Tanpa adanya gateway, pertukaran di antara kedua komputer yang berbeda protokol kemungkinan tidak bisa. Baca juga: Apa itu Server Proxy ?

  • Sebagai Protocol Converting

Seperti sebelumnya, gateway merupakan perangkat yang dapat menghubungkan antara kedua komputer dengan protokol yang berbeda. Ketika  kedua komputer ingin saling terhubung, maka gateway berfungsi untuk menyelaraskan kedua protokol, sehingga dapat terkait dan terhubung.

Jaringan gateway yang akan dioperasikan setiap tingkatnya yang terdapat pada model lapisan Open System Interconnection(OSI). Gateway akan mengkonversi protokol untuk mengkonfigurasikannya dalam sebuah perangkat lunak.

  • Berbagi Perangkat Keras

Khusus  untuk printer server misalnya, dalam sebuah jaringan kantor terdapat satu buah printer yang ingin digunakan bersama-sama, maka sistem gateway bisa diterapkan penggunaanya.

  • Pengaturan data dan pengamanan

Dengan adanya gateway dalam suatu organisasi atau perusahaan dapat membantu mengintegrasi serta mengorganisasi data yang dianggap penting, karena dalam sebuah perusahaan dan organisasi terdapat berbagai macam departemen yang bekerja tidak satu ruangan atau terpisah-pisah.

  • Meningkatkan dan Menstabilkan Performa Komputasi

Jaringan yang dibentuk oleh gateway, jika kamu ingin melakukan peningkatan performa komputasi, maka tugas komputasi dapat dibagi-bagi secara merata ke setiap komputer sehingga menjadi stabil serta performanya meningkat.

  •  Menghubungkan Jaringan Komputer Besar Dengan Jaringan Komputer Besar yang Lainnya

Gateway yang memiliki fungsi yaitu untuk menghubungkan serta juga menggabungkan jaringan komputer besar yang satu dengan jaringan komputer yang lebih kecil. Selain itu juga getaway juga bisa menggabungkan antar jaringan yang memiliki topologi dan arsitektur yang berbeda.

  •  Menggabungkan Jaringan Dengan Topologi dan Arsitektur Yang Berbeda Menjadi Satu Jaringan Yang Utuh

Jaringan memiliki topologi, arsitektur, dan juga pola yang sama. Ketika anda akan menghubungkan jaringan tersebut menjadi satu, maka tentu saja akan mengalami sedikit kesulitan, karena arsitektur yang berbeda pasti akan mengalami masalah kompatibilitas. 

Karena itulah digunakan gateway. Gateway juga akan membantu menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya, meskipun jaringan tersebut memiliki pola topologi dan arsitektur yang berbeda.

  • Sebagai Pintu Masuk Jaringan Satu Dengan Jaringan Lainnya

Sesuai dengan judulnya yaitu pintu gerbang. Hardware jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya. Dengan adanya gateway ini, maka suatu jaringan yang dapat terbentuk menjadi satu kesatuan yang utuh secaraa besar.

Cara Kerja Gateway
Gateway bekerja seperti pintu dalam satu jaringan internet yang membuat koneksi dengan jaringan yang dimana di setiap gerbang memiliki dua macam interface jaringan. Ketika mengakses internet ke sebuah alamat website yang dapat ditempuh melalui gateway dengan memberikan arah atau rute untuk sebuah paket data yang mampu sampai ke tempat tujuan yang diinginkan.

Keuntungan Gateway

  1.  Resource Sharing, ternyata dapat menggunakan sumber daya secara bersamaan. Seorang pengguna mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Maka hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak sehingga pengguna mengalami kesulitan
  2. Menghemat uang, Komputer berukuran kecil yang mempunyai rasio, harga, dan kinerja yang lebih baik. Sedangkan komputer yang besar seperti mainframe yang memiliki kecepatan dengan perkiraan sepuluh kali lipat kecepatan. Namun, untuk harga mainframe berkisar seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidak seimbangan yang membuat rasio, kinerja, harga, dan kecepatan yang dapat membuat para perancang sistem akan membangun sistem yang terdiri dari komputer pribadi.
  3. Reliabilitas tinggi, terdapat pada jaringan komputer yang mendapatkan reliabilitas tinggi sehingga memiliki sumber alternatif. Misalnya, semua file dapat disimpan dan di copy kedua maupun ketiga bahkan lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga salah satu mesin rusak, maka ada salinan di mesin yang lain yang bisa digunakan.
  4. Hardware sharing,Dengan adanya hardware secara bersamaan membuat fasilitas jaringan serta menggunakan alat yang bernama printer server. Maka sebuah printer laser dapat dipakai secara bersamaan oleh 10 orang pegawai. 
  5.  Pengaturan data dan Keamanan, dalam lingkungan bisnis dengan adanya jaringan ini membuat administrator untuk mengorganisasi semua data penting yang ada di kantor. Data yang penting dapat di manage dalam sebuah server back end, kemudian di replikasi dan diback up sesuai kebijakan perusahaan. Admin juga dapat mengontrol semua data yang penting sehingga dapat diakses serta di edit oleh orang yang memiliki haknya saja.

Kekurangan 

  1. Biaya yang tinggi, pembangunan jaringan dengan meliputi berbagai aspek yaitu,pembelian software, hardware, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, serta ada biaya jasa pembangunan dari jaringan itu sendiri. 
  2. Administrasi sistem dan suatu organisasi perusahaan, administrasi yang dirasakan merupakan hal di tahapan yang paling penting. Karena suatu point ini dapat mengakibatkan suatu peninjauan ulang dan konstruksi ulang jaringan. 
  3. Virus dan metode hacking, hal ini selalu menakutkan bagi semua orang, karena mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan klasik karena system yang sudah direncanakan secara tidak baik. Untuk lebih jelasnya sudah dijelaskan di bab keamanan jaringan.
  4. File yang tidak diinginkan,untuk memudahkan sharing file dalam jaringan yang ditujukan hanya dipakai oleh orang-orang tertentu saja. Seringkali juga digunakan sehingga mengakibatkan sharing folder dapat dibaca oleh orang lain yang tidak berhak. Hal ini selalu terjadi karena tidak diatur oleh administrator jaringan.
Kesimpulan
Jadi Gateway mempunyai peran penting dalam sebuah hardware jaringan komputer yang terutama dalam situasi dimana ada dua jaringan atau lebih dari jaringan komputer dengan arsitektur yang berbeda sehingga akan dihubungkan menjadi satu jaringan yang sangat utuh.

Sekian artikel mengenai Getaway semoga membantu.

Add comment