Pengertian Hotspot

Di zaman sekarang, semua orang dari berbagai kalangan dan rentang usia pasti sudah biasa berkutat dengan teknologi dari dunia maya. Pasti kita juga merupakan salah satunya, bukan? Nah, ketika ingin mengakses dunia maya, tentunya kita membutuhkan jaringan internet.

Saat kita sedang tidak memiliki kuota yang menjadi pengganti pulsa ketika kita ingin berselancar di dunia maya, kita tentu tidak asing dengan yang namanya ‘hotspot’. Tapi, apa kita sendiri sudah betul-betul memahami apa itu hotspot? Yuk tambah wawasan dengan membaca artikel yang ada di bawah ini!

pengertian hotspot

Pengertian Hotspot

Hotspot merupakan hal yang sangat banyak peminatnya di zaman sekarang untuk menikmati jaringan internet–yang biasanya diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Apa sih pengertian hotspot yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia terdengar aneh karena memiliki arti ‘titik panas’ ini?

Hotspot merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah area di mana seseorang yang bersangkutan atau user dapat mengakses jaringan internet tersebut.

Biasanya hotspot diakses menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP).

Jika di perangkat seperti PC, Laptop, Notebook gadget atau perangkat lainnya memliki fitur WiFi tersebut, maka perangkat tersebut dapat mengakses jaringan internet tanpa menggunakan media tambahan, seperti kabel misalnya. Baca Juga: Pengertian Tunneling

Penggunaan hotspot juga relatif lebih mudah digunakan dari pada WiFi meskipun keuntungan menggunakan WiFi lebih banyak daripada menggunakan jaringan hotspot, tetapi jika kita menggunakan WiFi, maka kita tidak dapat membawa kemana pun perangkat tersebut.

Karena dalam menggunakan WiFi kita harus menjalani beberapa tahapan. WiFi yang akan kita gunakan pun harus diinstal pada tahapan tertentu yang mengharuskan perangkat kerasnya diletakkan diarea yang tidak tergantung dan lebih baik tidak jauh dari televisi.

Alasannya adalah karena perangkat WiFi tersebut dapat mengaktifkan beberapa progam khusus ditelevisi kita. WiFi merupakan akronim dari Wireless Fidelity yang dimaksud sebagai sebuah jaringan nirkabel dengan menggunakan suatu frekuensi radio yang sering disebut dengan radio frequency.

Sejarah Hotspot

Konsep hotspot ini awalnya diusulkan oleh Henrik Sjodin pada saat berlangsungnya konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center, San Francisco pada bulan Agustus tahun 1993.

Pada awalnya, Sjodin tidak menggunakan istilah “hotspot” untuk menyebut jaringan ini, namun jaringan ini disebut wireless local area networks (wireless LANs) yang dapat diakses oleh publik.

pengertian hotspot

Perusahaan komersial yang pertama kali mencoba membuat public local area access network adalah perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang dikenal sebagai PLANCOM (Public Local Area Network Communications).

Para pendiri perusahaan tersebut, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart membubarkan perusahaannya pada tahun 1998, sedangkan Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks.

Perusahaan tersebut merupakan salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi-lokasi akses publik seperti Starbucks, American Airlines, dan Hilton Hotel.

Perusahaan ini kemudian dijual ke Deutsche Telecom pada tahun 2001, dan berganti nama menjadi “T-Mobile Hotspot”. Saat itulah istilah “hotspot” menjadi populer sebagai petunjuk untuk memberi tahu di mana lokasi Wireless LAN tersedia untuk bisa diakses oleh publik agar terhubung ke internet.

Jenis-Jenis Hotspot

1. Free Hotspot

Sesuai namanya, Free Hotspot merupakan jaringan hotspot di mana publik dapat mengakses jaringan dengan bebas dan gratis.

Fasilitas free hotspot ini biasanya disediakan sebagai fasilitas pelengkap untuk pelanggan hotel, Cafe dan usaha di tempat umum lainnya. Free hotspot juga sering dipasang semi permanen di acara pameran komputer atau konferensi atau seminar komputer.

Pada kasus tersebut, admin menjadi orang yang mengontrol jaringan menonaktifkan persyaratan otentikasi (authentication requirements) dan membuka koneksi jaringan sehingga kita bisa mengakses jaringan tersebut.

2. Hotspot Berbayar

Karena tidak semua Hotel, Cafe atau perusahaan bisa memberikan layanan internet secara gratis, maka dari itu mereka mengambil kebijakan untuk menyediakan layanan hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).

Untuk pengguna yang ingin menggunakan Hotspot Berbayar, maka pengguna harus membayar sewa hotspot langsung ke pemilik gedung, transaksi ini sendiri biasa terjadi di ruangan hotel, restoran atau kedai kopi.

3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis Hotspot berbayar semacam Boingo dan iPASS ialah sebuah jaringan internasional yang mempunyai berjibun pengguna maupun pemakai mobile secara internasional.

Jenis HotSpot berbayar yang satu ini biasanya digemari oleh semua orang yang sering berjalan-jalan jauh bahkan ke luar negeri, misalnya traveler atau pengusaha yang sering mengadakan bisnis di luar negeri.

pengertian hotspot

KelebihanKelemahan
Dapat terhubung dengan jaringan internet.Tidak bisa digunakan dari jarak yang terlalu jauh.
Tidak memerlukan perangkat tambahan seperti kabel atau yang lainnya.Keamanan perangkat tidak terjaga.

Kelebihan Hotspot

Secara garis besar dapat kita rangkum bahwa keuntungan atau fungsi dari menggunakan hotspot ini adalah :

  • Kita dapat terhubung dengan jaringan internet dan melakukan berbagai hal yang ingin kita lakukan di internet.
  • Mudah digunakan karena tidak memerlukan perangkat tambahan seperti kabel atau yang lainnya.

Kelemahan Hotspot

Selain dapat mempermudah kita tersambung dengan internet dan berbagai kemudahan lain yang diberikan hotspot, tentu hotspot memiliki kekurangannya juga. Berikut ini adalah kekurangan dari hotspot.

  • Tidak bisa digunakan dari jarak jauh.Kita yang menggunakan hotspot ini tidak dapat berjauhan dengan perangkat yang mengaktifkan hotspot tersebut dikarenakan hotspot ini memiliki jangkauan yang cukup kecil sinyal atau frekuensinya.
  • Keamanan perangkat kita tidak terjaga.
    Salah satu bahaya tetap terhubung ke internet yang sebenarnya membantu kita dalam mengerjakan pekerjaaan sehari-hari adalah rentan terhadap peretas dan pencuri identitas.

    Peretas tersebut dapat mendistribusikan malware–perangkat lunak yang dapat merusak atau menonaktifkan komputer yang kita miliki–melalui koneksi Wi-Fi yang tidak aman, terutama jika kita menggunakan berbagi file program melalui jaringan yang sama.

Tips Menggunakan Hotspot Agar Aman

Dikarenakan sambungan internet menggunakan hotspot ini kurang aman, beberapa tips berikut perlu kita ketahui demi menggunakan jaringan hotspot ini dengan aman:

  • Saat terhubung dengan jaringan hotspot atau jaringan publik, ada baiknya kita tidak mengaktifkan file sharing folder PC atau laptop, karena kemungkinan yang ada adalah orang lain juga dapat mengakses folder yang sedang kita sharing atau bagikan.
  • Sama seperti hal di atas, ada baiknya kita juga mematikan sharing printer PC atau laptop.
  • Untuk berjaga-jaga, kita dianjurkan untuk selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali berikan username dan juga password Anda kepada orang lain.
  • Saat mencari hotspot Wi-Fi publik, pastikan kita menghubungkan smartphone atau laptop hanya ke penyedia yang tepercaya, misalnya, jaringan nirkabel hotel atau kedai kopi.
  • Berhati-hatilah saat menghubungkan ke hotspot yang salah eja seperti Bongo, bukan Boingo, karena peretas kadang-kadang menggunakan nama yang kelihatannya tidak salah untuk mengelabui pengguna sibuk yang tidak cermat.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentu kita jadi lebih paham tentang apa itu hotspot, bahkan kita juga tahu bahwa hotspot cukup mengancam keamanan perangkat yang terhubung–tapi, di atas juga sudah disebutkan bagaimana cara supaya tetap aman menggunakan hotspot.

Semoga apa yang sudah kita baca bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, ya, sobat!

Add comment