Pengertian MOOC

Hallo, sobat gaptex.id! Pernah tidak sih mendengar tentang MOOC? Apa sih sebenarnya MOOC itu? Secara garis besar MOOC merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online. Yap, karena zaman sudah sanggat canggih, segala hal memang bisa kita dapatkan hanya dengan satu genggaman tangan saja, ya, sobat. Untuk lebih jelas dan lengkapnya tentang apa itu MOOC, yuk kita langsung saja simak pembahasan tersebut di dalam artikel yang sudah ada di bawah ini!

Pengertian MOOC

Pengertian MOOC

Massive Open Online Course (MOOC) merupakan sistem pembelajaran berupa kursus online yang diselenggarakan secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tanpa batas yang dapat diakses melalui web.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa MOOC memiliki sifat pembelajaran yang terbuka, sasarannya adalah siapa saja tanpa mengenal perbedaan latar belakang usia, waktu, profesi, jarak serta lokasi dengan media online sebagai salurannya. Baca Juga: Apa Itu Frame Rate?

Dilihat dari aspek-aspek tersebut, pembelajaran dengan metode ini dapat dikatakan mencerminkan sebagian ciri-ciri dari model “pendidikan demokratis” dan MOOC adalah perkembangan yang paling baru dalam bidang pendidikan secara online atau jarak jauh yang mungkin lebih kita kenal dengan nama e-learning.

MOOC menyediakan materi belajar dengan bentuk video, bacaan dan pembahasan masalah. Selain itu, MOOC pun menyediakan forum yang dapat membantu mahasiswa, dosen dan asisten pengajar berinteraksi secara lebih aktif.

Perkembangan MOOC

Istiah Massive Open Online Course (MOOC) ini dicetuskan oleh Stephen Downes dan George Siemens pada tahun 2008. Downes dan Siemens bermaksud menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan semua siswa bisa berinteraksi secara online.

Awalnya, MOOC dimulai dengan menyelenggarakan kursus online yang diikuti oleh 25 siswa Universitas Manitoba yang hadir di kampus, dan lebih dari 2300 siswa  lain dari seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 2011, ilmuwan Stanford Sebastian Thrun dan Peter Norving juga mengajak siswa untuk mengikuti kursus online dengan tema “pegantar kecerdasan buatan” yang diikuti lebih dari 160.000 siswa seluruh dunia.

Satu tahun setelahnya, tepat pada Februari 2012 Thrun mendirikan perusahaan bernama Udacity. Pada bulan April di tahun yang sama, Andrew Ng dan Daphne Koller memulai Coursera ( situs yang menyediakan kursus online ).

Lalu MIT dan Harvard tidak ingin ketinggalan, mereka turut mengembangkan platform MITx yang kemudian bernama edX. Konsorsiom edX mengembangkan dan menawarkan kursus online dengan menggandeng perguruan mitra, diantaranya UC Berkeley dan McGill. edX juga menyediakan platform open source yang dapat digunakan oleh institusi yang lain.

Pengertian MOOC

Sejak awal dibuat hingga kini, MOOC berkembang dengan sangat pesat. Dalam tulisannya pada tahun 2018, Dhawal Shah–seorang yang juga berkutat dalam dunia MOOC, mempublikasikan bahwa pada akhir 2018 ada lebih dari 900 universitas dari seluruh dunia meluncurkan puluhan ribu MOOC, dengan sekitar 2000 program baru.
Selain itu, Dhawal Shah juga menyebut bahwa ada sekitar 20 juta pelajar yang baru bergabung dengan MOOC pada akhir tahun 2018–yang tentunya kini sudah berkembang pesat menjadi lebih banyak lagi. 

Keuntungan Menggunakan MOOC

Sesuai dengan apa yang dijelaskan di atas, metode MOOC ini tentu memiliki banyak keuntungan bagi kita yang menggunakannya, di antaranya adalah :

  1. Mata kuliah yang disediakan beraneka ragam dan tersedia dari berbagai perguruan tinggi kelas dunia.
  2. Biasanya, MOOC menerapkan biaya yang murah atau bahkan tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis.
  3. MOOC dapat dibuka melalui website yang membuat penggunanya lebih mudah untuk belajar dimana pun dan kapanpun–dengan catatan tentunya pengguna harus memiliki koneksi internet.
  4. Pengajar yang memberi materi di dalam website MOOC menyampaikan pelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
  5. Jika kita bergabung dengan MOOC, maka secara otomatis kita juga menambah teman dan pengalaman berkerja secara tim dengan orang yang baru dikenal–karena, ada ada beberapa penyedia kursus di MOOC mewajibkan siswa yang tergabung untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
  6. Supaya MOOC dapat diikuti oleh siswa, MOOC rutin melakukan desain dan evaluasi secara berkelanjutan.
  7. Beberapa website MOOC memberikan siswa sertifikat untuk mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan, hal ini mungkin dapat menjadi nilai tambahan ketika kita akan melamar pekerjaan.

Kerugian Menggunakan MOOC

Selain memiliki keuntungan yang cukup banyak yang cukup memudahkan para pelajar, tentu MOOC juga memiliki kekurangan, beberapa kekurangan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Siswa tidak dievaluasi secara tatap muka langsung oleh guru sehingga memungkinkan siswa tidak termotivasi dan memengaruhi tingkat penyelesaian pembelajaran pada siswa.
  2. MOOC memiliki jenis penilaian atau ujian yang cukup terbatas. Guru atau dosen yang mengajar akan sulit memeriksa atau menilai essay yang dibuat siswa.
  3. Karena bersifat fleksibel, maka siswa bisa dengan mudah masuk dan keluar atau drop out sesuka hati.
  4. Permasalahan dengan materi, copyright dan intellectual property.
  5. Saat ujian, kemungkinan tindakan tidak jujur seperti saling mencontek lebih besar karena tidak ada guru yang mengawasi secara langsung.
  6. Sertifikat MOOC mungkin belum diakui untuk kita yang ingin melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Indonesia.
KeuntunganKerugian
Mata kuliah yang disediakan beragam.Siswa tidak dievaluasi secara tatap muka langsung oleh guru.
Biaya yang murah.MOOC memiliki jenis penilaian atau ujian yang cukup terbatas.
Mudah digunakan kapanpun dimanapun.Siswa bisa dengan mudah masuk dan keluar atau drop out.
Materi disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan.Permasalahan dengan materi, copyright dan intellectual property.
Menambah teman dan pengalaman berkerja secara tim dengan orang yang baru dikenal.Kemungkinan tindakan tidak jujur seperti saling mencontek lebih besar.
MOOC rutin melakukan evaluasi secara berkelanjutan.Sertifikat MOOC mungkin belum diakui di beberapa perusahaan di Indonesia.
Beberapa website MOOC memberikan siswa sertifikat untuk mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan.

Situs Penyedia MOOC

Jika masih kebingungan mencari situs untuk mendaftarkan diri mengikuti program yang ada di MOOC, berikut ini adalah beberapa situs yang mungkin dapat kita coba :

1. Udemy

Pengertian MOOC

Udemy merupakan situs yang menyediakan kursus online mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

2. Coursera

Pengertian MOOC

Coursera merupakan situs MOOC yang berdiri sejak 2012, sama seperti Udemy, situs ini juga menyediakan kursus online secara gratis dan ada yang berbayar.

3. Khan Academy

Pengertian MOOC

Khan Acdemy merupakan situs yang berdiri sejak 2006 dan tidak memungut sepeser pun uang bagi penggunanya alias gratis.

4. Udacity

Pengertian MOOC

Berbeda dengan situs-situs sebelumnya, Udacity ini hanya menyediakan kursus online yang berbayar.

5. edX

Pengertian MOOC

edX merupakan situs yang sebelumnya sudah kita singgung di atas, situs ini mulai beroperasi sejak tahun 2012, dan pada situs ini pengguna tidak akan dimintai biaya sepeserpun alias seluruh kursus yang ada pada situs ini gratis!

6. IndonesiaX

Pengertian MOOC

Setelah lima situs sebelumnya merupakan situs yang dibuat oleh negara lain, kali ini ada situs yang berasal dari Indonesia . Situs tersebut adalah IndonesiaX yang diluncurkan pada 17 Agustus 2015, tepat ketika Indonesia berusia 70 tahun. Situs ini memberikan kursus secara cuma-cuma, gratis!

Selain situs yang sudah dituliskan pada artikel di atas, ada banyak situs lain yang bisa kita gunakan untuk mendaftar dan mulai mengikuti kursus secara online. Beberapa universitas bahkan membuat situs MOOC nya sendiri, contohnya adalah :

Kesimpulan

Nah, bagaimana, sobat? Setelah mengetahui apa itu MOOC lengkap dengan kekurangan juga kelebihannya serta beberapa situs yang dapat kita gunakan untuk mendaftar, apalagi alasan kita untuk tidak menuntut ilmu? Yuk kita coba daftar di salah satu situs yang sudah disebutkan di atas! Semoga artikel yang sudah dibaca ini  dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang dunia online yang kian hari semakian maju, ya! Jangan mau kalah, ayo kita sebagai pengguna juga harus terus maju!

Add comment