Pengertian Portal WEB

Portal web merupakan fitur yang dapat kalian temukan di dalam web browser. Portal web dapat kalian jumpai di dalam sebuah browser dengan kemampuan portal yang lebih spesifik dapat menyediakan informasi yang dapat diakses menggunakan berbagai perangkat, misalnya di komputer, notebook, dan di handphone.

Berikut ini artikel akan kami jelaskan mengenai portal web.

Pengertian Portal WEB

Portal WEB adalah situs web yang memiliki tujuan tertentu serta mengarahkan pembaca supaya membaca, melihat, dan berinteraksi dengan informasi yang ada pada situs website tersebut. Secara teknis, portal web merupakan penyedia layanan informasi untuk menarik minat pembaca agar masuk pada halaman website yang dicari dan bisa diakses melalui berbagai perangkat seperti tablet, desktop, dan mobile.

Tujuan portal WEB

1. Marketing (Alat Pemasaran)

Situs web dibuat dengan memiliki tujuan untuk mempromosikan melalui media internet atau situs yang lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Produk yang dipromosikan dapat berupa jasa pelayanan pada suatu perusahaan atau berupa company profile.

2. Katalog 

Jika kalian masih menggunakan katalog cetak yang memakan waktu lama dan mengeluarkan biaya cetak ?, dengan sebuah situs yang satu ini, kalian bisa menggunakan katalog elektronik dengan menampilkan produk-produk yang akan dijual oleh suatu perusahaan.

Dengan alasan utama, dibuatnya situs ini adalah untuk memasarkan produk dan pelayanan yang sediakan untuk publik melalui media internet. Dan banyaknya ketersediaan serta informasi produk yang membuat produk harus dapat di-update dengan mudah dan cepat.

3. Value Added (Nilai Tambah)

Dibuatnya situs web yang hanya sebagai nilai tambah dalam suatu perusahaan besar dan ternama yang akan kalah bersaing dengan perusahaan lainnya yang telah memiliki sebuah situs untuk mempromosikan perusahaan mereka. Mungkin saja perusahaan tersebut tidak terlalu membutuhkan sebuah situs web, tetapi dengan teknologi internet yang menjadi tren baru yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat membuat mereka ingin memiliki situs web juga.

4. E-Learning

Teknologi internet yang berkembang sangat pesat dengan munculnya aplikasi di dunia pendidikan yang berbasis teknologi internet. E-learning merupakan sekolah maya dan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital dengan teknologi internet.

E-Learning adalah suatu proses belajar mengajar yang bisa dilakukan di dalam satu ruangan kelas atau disebut juga virtual. Dengan posisi guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan yang sama namun, guru tetap mengajar di depan sebuah komputer sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda pada waktu bersamaan.

5. E-Commerce

E-Commerce adalah situs web yang menyediakan suatu pelayanan dan transaksi yang dilakukan secara online. E-Commerce dapat memudahkan bisnis yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan lebih cepat.

6. Portal 

Portal merupakan situs yang dapat menghubungkan beberapa diantara satu komunitas yang besar. Situs web Portal tujuan sebagai penghubung semua web yang terhubung di didalamnya. Misalnya web Portal Berita, Portal Media edukasi dan informasi.

7. Personal 

Dan situs personal biasanya digunakan untuk sarana mempromosikan personal branding. Dan sarana yang paling sering digunakan adalah Blog. Bisanya yang memiliki situs personal ini adalah seorang artis, grup musik, penulis buku, olahragawan, dan yang lain-lainnya. 

Dengan adanya Blog, pemilik situs dapat menuliskan serta menyampaikan tulisannya lalu dapat dibaca oleh para pengunjung. Apapun yang ada di pikiran kalian, perasaan saat ini, dan kegiatan yang kalian dapat jadikan sebagai bahan tulisan.

Jenis Portal WEB

1. Portal vertikal

Portal vertikal adalah jenis portal website yang menyediakan informasi khusus dan terbatas pada topik tertentu saja. Misalnya, portal kesehatan, portal game, portal lifestyle, dan lainnya.

2. Portal horizontal

Portal horizontal adalah jenis portal website yang memberikan informasi secara umum dan mudah diakses oleh setiap orang. Portal horizontal, umumnya membahas tentang informasi yang terkait bisnis serta layanan produk.

Contoh Portal WEB

Berikutnya merupakan contoh mengenai web portal yang ada di Indonesia. Di antara lainnya, portal yang dibuat baik dalam bidang teknologi, informasi, olahraga, berita, kesehatan, bisnis, dan masih banyak lagi. Berikut contoh portal web berita terbaik yang ada di Indonesia yaitu Detik.com,Tribunnews, Kompasiana, Liputan6.com, Kapanlagi.com,  Kompas.com, CNN Indonesia, Merdeka.com, Okezone.com, dan lain-lain.

Keuntungan Pembuatan Portal WEB

  1. Membantu dalam meningkatkan strategi marketing dan bisnis

Dengan sebuah portal, maka dari itu proses pemasaran produk atau layanan dapat lebih mudah termonitoring dengan baik.

 2. Memudahkan Pengguna untuk mencari sumber informasi yang Relevan

Sangat mempermudah kalian untuk mendapatkan suatu informasi dengan cepat, jelas, dan akurat. Dan membuat suatu proses penyampaian informasi lebih tersampaikan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan dari user.

3. Meningkatkan Traffic pengunjung website

Pembuatan portal sendiri adalah mendapatkan total traffic yang banyak dengan konversi rate yang besar dan mampu meningkatkan Website Authority kalian.

Kekurangan Portal WEB

1. Kredibilitas
Yaitu dimana kalian tidak bertemu langsung dengan pembeli atau klien dan untuk mendapatkan suatu kepercayaan diperlukannya  waktu lebih lama dibandingkan  bertemu secara langsung.

2. Susah untuk mencapai target pengunjung.
Begitu banyaknya persaingan di Internet untuk mendapat posisi serta peringkat yang baik di Google akan lebih susah, namun jika kalian menggunakan jasa seo yang professional dalam membantu kalian.

3. SPAM 
Merupakan salah satu dari resiko kalian yang harus dihadapi dan ketika kalian mempublikasikan No.Hp/Telp,  Alamat, dan Email  di dalam website ada kemungkinan untuk mendapatkan sms atau email SPAM yang tinggi

Perbedaan Portal dan Website

Untuk perbedaan dari portal dan website adalah dilihat dari sisi tujuan pembuatannya. Apabila kalian ingin membangun brand atau mungkin profil perusahaan, maka website merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Dan apabila kalian berfokus untuk meningkatkan traffic mengenai suatu produk yang akan ditawarkan, kalian harus mencoba membuat sebuah web portal. 

Kesimpulan

Web portal adalah situs halaman yang menampilkan informasi khusus dan mempengaruhi pembaca untuk masuk pada situs tersebut dan bertujuan untuk bisnis. Untuk Jenis web portal sendiri terbagi menjadi dua yaitu vertikal dan horizontal. Dan contoh dari penggunaan portal website di Indonesia yaitu berupa portal web berita, gaya hidup, kesehatan, teknologi,  bisnis, dan lainnya.

Add comment