Pengertian Traksi Dalam Startup

Istilah startup merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita akhir-akhir ini. Tapi, mungkin kita belum benar-benar mengetahui apa yang dimaksud dengan startup itu sendiri. Traksi merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam startup, nah untuk mengetahui lebih jelas tentang startup, traksi dalam startup dan hal lain yang mungkin masih berhubungan dengan startup, yuk simak artikel yang ada  di bawah ini!

Pengertian Traksi Dalam Startup

Pengertian Startup

Sebelum mengetahui apa yang dimaksud traksi dalam startup, tentu ada baiknya kita lebih dulu mencari tahu tentang apa itu startup? Baca Juga: Apa Itu Destructive Device?

Startup merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Arti startup ini sendiri merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan sedang berada di dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Pengertian startup yang dijelaskan di atas mungkin lebih pada terminologinya, akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan.

Istilah startup ini mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak dikaitkan dengan segala yang berhubungan dengan teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya, terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai terkenal secara internasional pada masa buble dot-com. Eh apa lagi tuh buble dot-com ?

Fenomena buble dot-com ini merupakan peristiwa pada periode (1998-2000) di mana banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang.

Namun sebenarnya Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Pengertian Traksi Dalam Startup

Perkembangan bisnis Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak pemilik Startup baru bermunculan. Menurut data yang ada, terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan yang sangat menjanjikan untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia kini atau beberapa tahun yang akan datang. Selain itu, daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Pengertian Traksi Dalam Startup

Nah setelah mengetahui tentang startup, kini kita akan membahas tentang traksi dalam suatu startup. Apa itu traksi yang ada di dalam suatu startup?

Traksi diartikan sebagai sumber daya tambahan yang berguna untuk melejitkan perkembangan bisnis, biasanya terkait dengan pendanaan.

Dalam dunia startup traksi menjadi acuan keberhasilan sebuah startup menjalankan bisnisnya. Traksi yang baik menunjukkan potensi serta masa depan dari startup, yang tentunya mampu memberikan kesan yang baik kepada pihak terkait, dalam hal ini adalah investor.

Traksi juga menjadi validasi bahwa layanan atau produk disukai oleh konsumen. Sebuah bisnis start up harus sudah berhasil mencapai traksi sebelum kehabisan dana. Di awal membuka bisnis, tentu akan banyak modal yang dibutuhkan untuk menumbuhkan bisnis.

Gunakan modal yang ada untuk mengakuisisi sebanyak mungkin target market. Gampangnya, buatlah target tahunan supaya pertumbuhan bisnis bagus. Karena syarat untuk mendapatkan traksi ini, bisnis yang ada growth-nya sudah harus bagus dulu.

Namun bisa saja bisnis yang ada ini akan mengalami kehabisan dana sebelum profit, karena seluruh modal telah habis untuk growth (mengakuisisi pasar, memperkenalkan brand, menambah karyawan, dsb). Maka dari itu, sebelum kehabisan dana, bisnis yang ada ini sudah harus mendapatkan traksi.

Investor tentunya lebih menyukai berinvestasi kepada bisnis yang sudah terbukti memberikan keuntungan dibandingkan dengan yang belum. Tapi jika bisnis yang kita miliki belum menghasilkan profit, tidak masalah.

Pengertian Traksi Dalam Startup

Kita sebagai pemilik tetap bisa mengajukan suntikan dana ke investor. Asalkan growth bisnis yang ada ini bagus.Karenanya selalu evaluasilah perkembangan bisnis yang ada. Buat patokan-patokan angka yang pasti, yang bisa digunakan untuk mengukur laju perkembangan bisnis.

Namun demikian definisi traksi yang sebenarnya bukan hanya kepada pendapatan, profit atau meningkatnya jumlah konsumen atau pengguna, terdapat hal-hal lain yang bisa menunjukkan startup yang kita punya memiliki traksi yang positif.

Intinya adalah jika startup yang dibangun bisa memberikan layanan atau produk yang memiliki nilai maka konsumen pasti akan menyukainya, namun jika startup ada tidak bisa menyediakan nilai tersebut, produk atau layanan tentu akan kurang diminati oleh konsumen.

Kegunaan TraksiFaktor Penunjang Peningkatan Traksi
menjadi acuan keberhasilan sebuah startup menjalankan bisnisnya.Membuat situs dan jadikan situs tersebut sebagai platform untuk promosi, informasi terhadap produk atau layanan yang akan dihadirkan.
menunjukkan potensi serta masa depan dari startup.perhatikan adalah berapa banyak pengguna aktif yang bersedia membayar secara rutin terhadap layanan atau produk yang ditawarkan.
menjadi validasi bahwa layanan atau produk disukai oleh konsumen.pastikan memiliki produk dan tim pengembang yang solid dan tentunya mengetahui dengan pasti rencana serta target dari startup untuk masa depan.

Faktor Penunjang Peningkatan Traksi Startup

Setelah mengetahui bahwa suntikan dana dari investor atau yang biasa disebut traksi dalam startup merupakan hal yang penting untuk melanjutkan bisnis yang sudah kita rintis, tentu kita ingin tahu apa saja yang bisa menunjang peningkatan traksi ini. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menunjang peningkatan traksi dalam startup:

  • Formasi

Ketika ide dan model bisnis telah ditemukan idealnya kita akan melakukan langkah awal agar nantinya saat proses penggalangan dana dan kegiatan pemasaran dilakukan, kita telah siap dan memiliki materi yang bisa dipresentasikan.

Salah satu langkah awal yang wajib dilakukan adalah, membuat situs dan jadikan situs tersebut sebagai platform untuk promosi, informasi terhadap produk atau layanan yang akan dihadirkan. Jangan lupa lakukan validasi dan pastikan bahwa Anda telah memiliki target pasar yang tepat.

Jika sebelumnya kita sebagai pemilik tidak melakukan langkah awal ini, akan berpengaruh kepada bagaimana nantinya bisnis akan berjalan. Persiapan di awal merupakan pertanda bahwa kita siap dan menguasai bisnis yang ada.

  • Pelanggan

Jika saat ini kita sudah memiliki pengguna aktif jangan terlalu cepat puas, karena yang perlu kita perhatikan adalah berapa banyak pengguna aktif yang bersedia membayar secara rutin terhadap layanan atau produk yang kita tawarkan.

Jika saat ini kita belum banyak memiliki pelanggan berbayar, artinya produk atau layanan yang ada belum cukup maksimal. Pelanggan yang berbayar dalam jumlah yang cukup besar dan terus meningkat, bisa membantu kita mendapatkan traksi, artinya kita sebagai pemilik pun tidak harus melakukan penggalangan dana kepada investor.

Banyak cara yang bisa dilakukan startup untuk membuktikan bahwa produk atau layanan telah memiliki cukup banyak pelanggan melalui testimoni. Namun demikian testimoni yang cukup banyak dimuat di situs, bukan berarti produk atau layanan yang ada cukup populer dan diminati.

Idealnya, testimoni hanya berupa platform untuk penghargaan atau komentar dari pelanggan yang telah mencoba dan puas terhadap layanan atau produk startup yang ada. Jangan terlalu banyak bergantung kepada testimoni untuk meningkatkan traksi meski testimoni juga berperan cukup penting.
  • Produk dan tim pengembang
Salah satu alasan utama investor bersedia untuk memberikan pendanaan kepada startup adalah produk serta latar belakang tim yang dimiliki. Intinya, tim yang baik dan memiliki kemampuan serta pengetahuan yang luas, cenderung menarik perhatian investor dan pihak terkait lainnya.

Untuk itu, pastikan kita memiliki produk dan tim pengembang yang solid dan tentunya mengetahui dengan pasti rencana serta target dari startup untuk masa depan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel yang ada di atas kita jadi tahu bahwa startup merupakan perusahaan yang baru berkembang, meski pada awalnya startup bukan hanya perusahaan yang bergerak di bidang online, kini startup lebih identik dengan dunia maya. Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam startup salah satunya adalah traksi.

Traksi merupakan suntikan dana tambahan dari investor. Artikel di atas juga sudah memberi tahu kita bagaimana cara mendapatkan traksi. Yap, semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang startup dan kawan-kawannya, ya!

Add comment