Pengertian Workshop Dan Manfaatnya

Workshop tentu bukan kata yang asing lagi di telinga kita karena tentu kita pernah mendatangi apa yang disebut dengan workshop. Eh tapi, sebenarnya kita sendiri sudah tahu benar belum apa yang dimaksud dengan workshop dan apa manfaatnya? Nah untuk kita yang belum tahu, yuk simak dulu penjelasan yang sudah ada pada artikel di bawah ini!

pengertian workshop dan manfaatnya

Pengertian Workshop

Workshop merupakan kegiatan di mana dalam kegiatan tersebut orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu berkumpul dan berdiskusi tentang permasalahan tertentu dan memberi pengajaran dan atau pelatihan kepada para peserta.

Dapat dikatakan bahwa workshop adalah acara di mana pemateri memberikan pengajaran dan atau pelatihan kepada para peserta, mengenai teori dan juga praktek pada suatu bidang.

Atau dengan kata lain workshop merupakan tempat latihan untuk peserta yang bekerja secara perseorangan atau secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas yang sebenarnya dengan maksud untuk memperoleh sebuah pengalaman. Baca Juga: Apa itu Cloud Hosting?

Jenis-Jenis Workshop

Workshop memiliki beberapa jenis yang dibagi berdasarkan lembaga atau organisasi, waktu dan berdasarkan sifatnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Jenis Workshop Berdasarkan Lembaga atau Organisasi

Workshop yang masuk ke dalam kategori yang satu ini misalnya adalah workshop dalam dunia pendidikan yang membahas tentang permasalahan yang selalu muncul dalam pendidikan dan menyelesaikan persoalan tersebut. Dengan kata lain, workshop ini tergantung pada lembaga atau organisasi yang menyelenggarakannya.

2. Jenis Workshop Berdasarkan Waktu

Jenis workshop berdasarkan waktu ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  • Workshop Beruntun, merupakan suatu workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu dan diadakan secara terus menerus–biasanya workshop ini dilakukan selama tiga hari secara terus menerus.
  • Workshop Berkala, merupakan workshop yang hanya dilakukan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

3. Jenis Workshop Berdasarkan Sifat

Jenis workshop yang satu ini juga dibagi lagi ke dalam dua bagian yaitu:

  • Workshop Bersifat Mengikat
Workshop yang bersifat mengikat adalah jenis workshop yang diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga tertentu, di mana hasil workshop tersebut mengikat setiap peserta yang mengikutinya. Contoh workshop yang bersifat mengikat yaitu workshop tentang standarisasi ISO.
  • Workshop Tidak Mengikat
Workshop yang bersifat tidak mengikat ini merupakan jenis workshop yang hasilnya tidak mengikat setiap peserta yang mengikutinya. Apapun hasil yang nantinya diperoleh dari workshop tersebut tidak wajib dituruti oleh setiap peserta. Contoh workshop yang bersifat tidak mengikat adalah workshop tentang zat kimia berbahaya yang dihasilkan kendaraan.

Ciri-Ciri Workshop

Workshop memiliki ciri-ciri seperti yang ada di bawah ini:

  • Permasalahan yang dibahas adalah permasalahan yang muncul atau berasal dari peserta workshop itu sendiri.
  • Penyelesaian masalah yang ada dicari dengan cara musyawarah dan juga penyelidikan, sehingga semua peserta workshop yang ada bisa mengambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut secara aktif.
  • Setiap peserta harus aktif dan berpartisipasi dalam memberikan bantuan di dalam kegiatan workshop ini untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang menjadi topik, sehingga dengan berakhirnya workshop tersebut maka titik terang atas masalah yang dibahas dan dimusyawarahkan bisa ditemukan. 

pengertian workshop dan manfaatnya

Manfaat Workshop

Pada dasarnya kegiatan atau aktivitas workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan baru kepada seluruh peserta sesuai dengan bidang profesinya itu dengan melalui pelatihan. Misalnya, workshop strategi pemasaran online via Google Ads yang bisa atau dapat dijadikan acuan oleh para pebisnis sehingga dapat memasarkan produknya melalui internet.

Selain itu, tentu workshop memiliki manfaat lain misalnya:

  • Kegiatan workshop ini juga bermanfaat didalam menambah kualifikasi profesi seseorang sesuai dengan bidang kerjanya. Dengan kata lain, kegiatan atau aktivitas workshop ini bisa/dapat memberikan serta meningkatkan kecakapan dan juga kualitas diri seseorang.
  • Selain itu, kegiatan workshop ini juga dapat bermanfaat sebagai wadah di dalam membangun kemitraan, kebersamaan, serta kerjasama antar peserta.
  • Kegiatan atau aktivitas workshop ini juga merupakan media yang efektif untuk mendiskusikan serta merumuskan metode strategis dan juga mensosialisasikan suatu program kepada para pesertanya.
  • Sebagai salah satu wadah dalam membangun kebersamaan (membership), kemitraan (partnership), dan kerjasama.
  • Media penyampaian masalah yang diharapi, mendiskusikan dan merumuskan metode strategis, implementasi pemecahan masalah.
  • Mensosialisasikan sebuah program.

Kelebihan Workshop

  • Peserta workshop dapat memperoleh informasi atau keterangan dengan teori yang mendalam tentang permasalahan tertentu.
  • Peserta workshop memperoleh berbagai petunjuk yang praktis supaya bisa melaksanakan tugasnya.
  • Peserta workshop mendapatkan pelatihan untuk bersikap dan berpikir secara ilmiah.
  • Peserta workshop menjadi terlatih untuk bisa mampu bekerjasama dengan orang lain.

Kekurangan Workshop

  • Ada banyak persiapan yang harus dibuat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu worksgop relatif lama.
  • Memerlukan banyak tenaga dan menghabiskan biaya yang cukup besar.
  • Jika workshop dilaksanakan di suatu sekolah atau lembaga pendidikan lainnya, biasanya hal ini akan mengganggu guru dalam kegiatan belajar-mengajar siswa.
  • Bisa mengakibatkan perselisihan pendapat (pro dan kontra) saat ada peserta yang mengajukan pendapat maupun membahas masalah yang ada.

pengertian workshop dan manfaatnya

Susunan Acara Workshop

Dalam melaksanakan suatu acara tentunya kita membutuhkan susunan acara. Berikut ini terdapat beberapa susunan acara workshop, terdiri atas:

1. Pembukaan

Dalam pembukaan, biasanya berisi pembacaan doa, upacara pembukaan yang langsung dipimpin oleh ketua pelaksana. Ada acara menyanyikan lagu Indonesia Raya juga. Apa yang ada terbilang fleksibel tergantung kepada panitia acara yang bersangkutan.

2. Sambutan pihak pelaksana kegiatan workshop

Biasanya, kata sambutan ini merupakan bagian dari acara pembuka. Kata sambutan biasanya akan langsung disampaikan oleh ketua pelaksanaan kegiatan workshop. Isinya adalah berupa pelaporan akan kegiatan workshop. Pelaporan akan berisi latar belakang dari pelaksanaan workshop, garis besar pelaksanaan workshop, dan lain sebagainya.

3. Acara inti

Acara ini mrupakan acara workshop yang akan langsung dipegang langsung oleh narasumber workshop. Penyampaian materi dengan memaparkan semua materi yang akan dibahas adalah hal yang paling awal disampaikan.

Di dalamnya nanti ada pelatihan atau praktik nyata dari materi yang disampaikan. Ada sub bab acara di dalam acara inti ini, yaitu : Pemaparan tujuan utama tema workshop, pemateri akan menyampaikannya secara gamblang, dan Penentuan masalah yang ini baik dijadikan ajang perkenalan, karena peserta akan diajak berpendapat.

4. Diskusi

Kegiatan ini juga masuk Dalam acara inti, karena ada acara sharing. Di sini Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan dalam hal belum pahamnya teori atau belum pahamnya praktik.

5. Penutupan

Sama-sama kita ketahui bahwa tentunya penutupan merupakan acara terakhir dalam workshop. Kita akan mengambil benang merah dari solusi masalah yang telah diskusikan sepanjang acara berlangsung.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas tentu kita tahu bahwa workshop memiliki banyak kelebihan dan manfaat untuk kita yang mengikutinya. Bahkan pada artikel di atas kita mengetahui jenis-jenis workshop yang mungkin sebelumnya tidak kita ketahui. Semoga apa yang sudah kita baca pada artikel di atas bisa membantu kita untuk menambah pengetahuan, ya, sobat!

Add comment