Perbedaan CPU vs GPU

Central Processing Unit dan Graphics Processing Unit merupakan komponen penting yang ada di komputer dan sudah tidak asing lagi. Keduanya memiliki peran penting di komputer dan fungsi masing-masing di komputer.

Maka dari itu, tidak banyak orang tau peran penting keduanya terhadap komputer. Kali ini saya akan membahas keduanya mulai dari pengertiannya, fungsinya, komponen dan kelebihan serta kekurangannya.

Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit salah satu komponen komputer yang akrab di sapa CPU atau sering di sebut juga processor. Memiliki tugas sebagai menerima dan melaksanakan perintah serta data dari perangkat lunak. CPU juga sangat menentukan kualitas dan teknologi komputer itu sendiri, serta cepat dan lambatnya perfoma dari sebuah komputer tersebut.

Fungsi CPU

  • Berperan penting dalam keseluruhan pengoprasian komputer serta memiliki kesamaan dengan kalkulator dengan daya proses yang lebih cepat dan kuat.
  • Menjalankan suatu program yang tersimpan di dalam memori utama dengan cara menerjemahkan instruksi serta mengeksekusi sesuai alur perintah.
  • Memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah. Tak hanya itu juga, cpu juga mengoperasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari informasi dan memori yang dimasukkan melalui perangkaat keras untuk menunjang pengoprasian pada komputer.

Komponen CPU

  1. Unit control

Salah satu bagian dari prosesor yang mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti ada di dalam CPU. Salah satu tugasnya yaitu, untuk mengambil intruksi dari memori utama serta menentukan jenis dari instruksi tersebut. Dengan hasil dari pengolahan data dan dibawa oleh unit kendali ke memori utama supaya disimpan, dan ketika akan disajikan ke alat output. Dengan itu, unit kontrol dapat mengontrol komputer agar sinkronisasi kerja antar komponen dapat berjalan sesuai fungsinya.

  1. Register 

Bagian yang terdapat pada CPU sebagai alat untuk penyimpanan yang berukuran kecil dan relatif tapi memiliki kecepatan mengakses yang cukup tinggi serta berfungsi untuk menyimpan data serta intruksi yangb sedang diproses. Bersifat semantara dan digunakan untuk menyimpan data yang sudah diolah untuk data pengolahan selanjutnya.

  1. Aritmathic Login Unit

Aritmathic Login Unit atau yang sering disebut ALU atau juga bisa disebut sebagai mesin bahasa. Merupakan salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi  aritmatika serta logika dengan berdasarkan instruksi yang ditentukan. ALU terdiri menjadi dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi serta memiliki tugas sendiri. 

Tugas utamanya yaitu melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program serta melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Kelebihan dari CPU

  • Dapat mengendalikan serta mengatur alat input maupun output
  • Dapat mengambil intruksi-intruksi yang terdapat pada memori utama
  • Dapat mengambil data yang ada di memori utama untuk diproses
  • Dapat mengirimkan instruksi ke ALU saat ada perhitungan aritmatika
  • Dapat mengawasi kerja dari ALU
  • Dapat menyimpan hasil proses ke memori utama

Kekurangan dari CPU

    • Perangkat ini melekat pada motherboard membuat susah diganti pada keduanya jika terjadi kerusakkan.
    • Untuk cara kerjanya juga tidak secanggih PC Desktop karna tidak bisa untuk di upgrade
    • Sayangnya, CPU tidak memiliki fitur multicore

CPU kurang cocok jika digunakan untuk bermain game dan editing.

Graphics Processing Unit (GPU)

Graphics Processing Unit atau yang sering disebut dengan VPU (Visual Processing Unit) yang berperan khusus dalam menyediakan data yang menghasilkan sistem dalam bentuk gambar. Komponen dalam GPU memang sangat berbeda dari CPU karena mengolah suatu data menjadi gambar dengan kemampuan yang khusus.

 Graphics Processing Unit memiliki chip yang fungsinya  sebagai pemroses (rendering) data grafis, maupun data grafis 2 dimensi serta 3 dimensi dan memiliki kinerja yang begitu kompleks.

Ternyata, GPU dikemas dalam 3 bentuk diantaranya, yaitu ;

1. Dikemas dalam wujud kartu (card) : Terpisah dari motherboard dan bisanya disebut dengan GPU atau Grafis eksternal atau diskrit.
2. Dikemas menyatu bersama motherboard : Yang sering disebut dengan GPU Internal.
3. Dikemas bersamaan : Yaitu dikemas menjadi satu modul kedalam kemasan mikroprosesor.

Fungsi GPU

  • Memiliki grafik 2 dimensi atau 3 dimensi
  • Memperoses masuknya grafis yang ada
  • Penampilan pada layar monitor dengan kualitas yang tinggi
  • Meringankan komputasi paralel pada data yang berjumlah banyak

Komponen GPU

1. Graphics Processing Unit 

Disebut juga dengan Visual Processing Unit (VPU) adalah prosesor khusus dan bertugas untuk mengolah gambar berdasarkan encoding yang digunakan dilengkapi kemampuan pemrosesan gambar tingkat lanjut, khususnya di grafis 3 dimensi.

2. Vidio memori

Kegunaannya untuk menyimpan gambar yang telah di proses oleh GPU sebelum ditampilkan dilayar monitor dan semakin besar video memori, maka semakin baik juga kartu grafis dalam menangani tampilan 3 dimensi. Selain itu juga yang sering disebut dengan sebutan frame buffer ini bertugas menyimpan gambar sebelum ditampilkan dengan menggunakan teknologi DDR2, GDDR3, GDDR4 atau GDDR5.

3. Random Access Memory Digital-to-Analog Converter (RAMDAC)

RAMDAC adalah semacam chip RAM yang tugasnya untuk mengatur fungsi dari kartu grafis dan juga digunakan untuk mengkonversi gambar digital yang tersimpan di frame buffer menjadi sinyal analog untuk dikirim ke monitor. 

4. Vidio BIOS

Merupakan  program kecil, yang pengaturan awal dan untuk mengontrol kartu grafis. Terdapat  Informasi dan kandungan yang dapat berupa RAM, memory timing, voltase prosesor, kecepatan operasi, dan yang lainnya.

5. BUS Interface

adalah slot yang terdapat pada motherboard dan digunakan untuk menghubungkan kartu grafis dengan motherboard. Untuk versi kartu grafis yang lama banyak menggunakan interface jenis AGP atau PCI, sedangkan kartu grafis yang versi modern menggunakan interface jenis PCI-Express.

6. Output Interface

Dikenal dengan istilah connection yang fungsinya untuk menghubungkan kartu grafis dengan monitor dan beberapa macam koneksi yang umumnya ada pada kartu grafis.

Macam-macam GPU

1. Mali

Mali merupakan GPU yang dibuat oleh ARM. Versi GPU Mali yang saat ini merupakan Mali-G72 MP 18 tercepat, dan sampai saat ini tidak banyak yang menggunakan GPU . Tingkatan Produk Mali yang dari Terlambat hingga Tercepat, Mali 450MP,  Mali 400MP, Mali T760, Mali T880,  Mali T628MP6, Mali-G31, Mali-G52 dan Mali-G72v dan salah satu Smartphone yang telah menggunakan GPU adalah Samsung Galaxy S9 Plus (S9+) .

2. PowerVR

Sering digunakan pada Iphone dan Ipad, teknologi yang satu ini tidak digunakan lagi untuk Iphone 6 sampai produk terbaru. Versi terbaru dari GPU ini adalah PowerVR Series 7XT, dan salah satu yang menggunakan GPU yaitu Apple Ipad Pro.

3. Tegra 

Pada tahun 2008 tegra dibekalkan oleh Zune HD dan pertama kali diperkenalkan, namun tidak memiliki App Store sendiri jadi tidak banyak orang mengenalnya. Pada tahun 2010  teknologi ini mulai dikenalkan dan dipasarkan di berbagai Vendor yang terkenal antara lainnya Acer dan Samsung.

4. Adreno 

 Adreno adalah Graphics Processing Unit yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram yaitu dari Radeon Produk dari ATI(Akademi Teknologi Industri).

Kelebihan GPU 

  • Meningkatkan performa pada saat gaming di gadget
  • Menjernihkan gambar ketika memutar video full HD

Kekurangan GPU

  • Penggunaan daya listrik boros
  • Tidak semua aplikasi support full HD
  • Mengandalkan optimasi Driver

Kesimpulan 

Central Processing Unit dan Graphics Processing Unit yang disebut juga CPU dan GPU merupakan komponen dari komputer yang sangat penting. Dan dari penjelasan diatas membantu anda untuk tidak bingung untuk menggunakan dan bisa membedakan fungsi dari keduanya. Berikut penjelasannya semoga bermanfaat untuk anda, Terimakasih. 

Add comment