Ponsel Lipat adalah Mainstream Masa Depan

Ponsel yang sudah dianggap menjadi sebuah bagian dari gaya hidup manusia.  Dimana masyarakat di Indonesia sangat mementingkan kenyamanan gaya hidup, salah satunya adalah dengan menggunakan ponsel untuk meningkatkan kasta atau status dirinya.

Namun bagaimana jika ponsel lipat yang akan menjadi mainstream dimasa depan ?

Siapa sih yang nggak kenal ponsel lipat ?

Kini ponsel lipat yang menjadi trean di tahun 2000-an  akan segera hadir lagi dimasa depan. dan kabar nya nih, ponsel lipat ini akan mengalah populitas ponsel pintar yang menjadi teman kita melakukan aktivitas.

Wah apa bakal balik ke zaman duluh lagi nih ? yang dimana pada zaman old, ponsel lipat sangat populer pada saat itu.

Ponsel lipat merupakan ponsel dengan desain seperti kulit kerang, yang dimana tengahnya terlipat dan bisa di buka karena adanya  engsel penghubung dibagian tengah ponsel. 

Dengan layar dibagian atas dan keyboard dibagain bawah. Sama seperti ponsel yang lainnya, ponsel lipat yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan telpon atau mengirim pesan dengan sms.

Teknologi yang semakin maju, akan membuat tampilan ponsel lipat semakin canggih lagi, kalau sebelumnya hanya digunakan untuk telpon atau sms. Ponsel lipat kali ini dilengkapi dengan fitur yang sama seperti  ponsel pintar.

Desain ponsel lipat dimasa yang akan datang

Nah, berbeda dengan ponsel lipat di zaman now kali ini. Ponsel lipat zaman now yang dimana memiliki desain ponsel yang membutuhkan ukuran layar yang lebih besar dari desain sebelumnya. 

Hal ini terjadi, karena  ponsel yang kita punya lebih tepatnya digunakan untuk mempermudah kita melakukan aktivitas, mulai dari belajar, bekerja, menonton film dan acara tv, dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan fitur split screen saat multitasking. Contohnya kita bisa menonton youtube sambil membalas chatting di medsos secara bersamaan tanpa kesulit.

Kita juga bisa menggunakan ponsel lipat untuk menonton tv disaat kita sedang bersantai, bahkan ponsel yang kita punya juga bisa berubah menjadi jam tangan dengan menggulung ponsel di pergelangan tangan.

Wah sangat hebat dan membuat kalian semakin tertarik bukan ?

Kalau tadi kita sudah berandai-andai, mengenai bentuk dan jenis ponsel lipat di masa depan. 

Kini salah satu pengamat gadget yang bernama Lucky Sebastian telah memperkirakan bahwa ponsel layar lipat nantinya akan memiliki desain yang semakin ramping dan tentunya semakin canggih, sehingga lebih nyaman dalam genggaman kita.

Keunggulan yang dimiliki dari ponsel lipat 

Ponsel lipat yang dilengkapi dengan teknologi display OLED atau Display Organic Light Emmiting Diode, yang memiliki jutaan pixel berwarna dengan ukuran yang sangat kecil dan tidak terlihat secara kasat mata. 

Pada bagian display OLED ini, dimana teknologi ini menghasilakan cahaya yang begitu tajam dan jelas. 

OLED yang terpasang dengan lapisan plastic tipis dapat dioprasikan dengan segala bentuk rupa, maka dari itu, ini lah jawaban mengapa ponsel bisa di tekuk.

Dengan kecanggihan OLED ini lah yang membuat teknologi dimasa depan berubah menjadi 180 derajat. Dengan desain yang lebih besar, panjang, dan tentunya bisa dilipat.

Layar OLED yang merupakan perangkat keras dari ponsel juga masih memerlukan suplay energy yang lebih banyak dari ponsel pintar yang kita punya. 

 Kekurangan Ponsel Lipat

Kekurangan ponsel lipat ini , dimana ada kemungkinan ponsel lipat lama-lama bisa rusak bahkan patah, jika ponsel terus menerus di buka dan ditutup. Penggunaan display OLED juga, yang membuat layar lebih tajam dan jelas bisa membuat ponsel lipat lebih boros pada penggunaan baterainya. 

Sedangkan, untuk harga ponsel lipat sendiri yang dibandrol dengan harga Rp. 21 jt keatas, membuat posel ini tergolong sangat mahal dari ponsel pintar yang lainnya.

Para perusahaan ponsel juga harus memperhatikan perangkat lunaknya  yang perlu dimodifikasi secara massif. Dimana ponsel lipat harus memiliki fungsi ganda serta harus responsive saat berahli dari mode ponsel ke tablet.

Dengan perubahan ukuran layar pada ponsel lipat, semua aplikasi dan sistem oprasinya harus bisa menyesuaikan dengan ukuran layar yang dimana daya prosesnya lebih besar. 

Contohnya pada layananan iflix yang harus bisa mencari cara untuk menyesuaikan ukuran video dengan ukuran layar. Karena cara kerjanya tidak semudah memutar ponsel secara vertical atau horizontal.

Maka dari itu produsen ponsel harus mendesain ulang beberapa komponen, bahan pembuatanya, metoden serta mesin yang digunakan. 

Hal ini juga masih diragukan, karena pelindung layar lipat pun belum ditemukan. Seperti yang kita ketahui bagian komponen dari ponsel yang dimana clip dan baterai tidak bisa dilapat, dan jika terlalu lentur maka ponsel akan meledak. Itula alasan, mengapa ponsel lipat belum dirilis ditahun ini.

Kalu gitu, kira-kira bisa nggak yah ponsel lipat dirilis ditahun 2021 ?

Tentunya bisa dong.

Seperti yang kita ketahui bahwa Samsung yang sudah mengeluarkan produk terbaru nya yaitu Samsung galaxy fold. Dimana ponsel ini sudah membuktikan bahwa sudah saat nya kita beranjak dari desain ponsel yang seperti itu saja.

Samsung Galaxy Fold merupakan Ponsel Layar lipat dengan gabungan antara ketipisan Microsoft surface duo dan layar yang benar-benar melipat dan menyambung.

Kita belum banyak melihat ponsel lipat dipasaran karena harga produksinya yang mahal. Namun, beredar isu mengenai Samsung yang mengeluarkan produk ponsel lipatnya, perangkat ponsel lipat merk lain juga tidak mau kalah, mereka juga akan mengeluarkan produknya seperti Oppo, vivo, Xiaomi, dan merk lainnya ditahun 2021 mendatang.

Ada kemungkinan jika dari banyak merk ponsel yang mengeluarkan produksi ponsel lipatnya, Maka harga ponsel lipat yang sulit dijangkau tidak lagi sulit dijangkau, malahan akan menjadi mainstream masyarakat Indonesia untuk memiliki ponsel lipat tersebut.

Kesimpulan 

Jadi kesimpulannya, kehadiran ponsel lipat dimasa depan membuktikan bahwa teknologi yang ada semakin maju, dan sebagaian orang beranggapan bahwa ditahun yang akan datang tidak hanya ponsel yang bisa dilipat melaikan barang elektronik lainnya.

Nah, apakah merk ponsel lainnya segera meluncurkan produk nya ditahun 2021 mendatang ?

Kita tungguh saja kabar selanjutnya…

Sekian pembahasan mengenai ponsel lipat dimasa mendatang, semoga bermanfaat ya buat kita semua. 

Add comment