Posisi Menentukan Prestasi | Perbedaan Duduk Meja Panjang dan Bundar

Artikel kali ini merupakan pembahasan tentang arti posisis duduk pada saat meeting dan interview.

Kalian tau ga sih ? kalau posisi duduk kita pada saat meeting dan interview pekerjaan itu sangat berpengaruh loh ?

Berdasarkan riset yang di dapat bahwa posisi duduk seseorang pada saat meeting dan interview bekerja itu sangat berpengaruh karena pada saat kita memasuki ruangan meeting bukan hanya penampilan rapi dan menarik yang harus kita perhatikan tetapi juga perhatikan pemilihan tempat duduk yang tepat.

Pada saat kalian memasuki ruang meeting yang di hadiri oleh beberapa orang (misal 5 orang), pilihla tempat duduk yang di tengah.

Karena posisi duduk yang tengah akan selalu menjadi fokus pemimpin melihat pada saat pemimpin meeting tersebut berbicara menjelaskan suatu hal yang sedang di bahas kepada semua anggota meeting. Walupun banyak anggota yang mengikuti rapat pada saat itu namun posisi yang di tengah akan selalu menjadi fokus pemimpin rapat tersebut hal ini di sebabkan pada saat seseorang berbicara orang tersebut akan memandang lawan bicaranya yakni kontak mata atau menatap lawan bicara.

Sebab, studi ilmiah membuktikan bahwa kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi diri Anda. Studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science menyatakan bahwa menatap lawan bicara dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang tersebut.

Posisi ini juga adalah posisi yang paling strategis karena saat Anda sedang mengemukakan pendapat maka semua orang dapat melihat dengan jelas. Dari posisi duduk saat meeting ini Anda juga jadi lebih mudah memperhatikan orang lain yang sedang berbicara dari segala posisi.

Dan kebanyakan orang yang mengetahui posisi tersebut menguntungkan akan banyak yang memperebutkan posisi tersebut.

Hal ini disebabkan keaktifan seseorang pada saat meeting akan menjadi penilaian dan poin lebih atasan menilai karyawannya.

Pada saat anda sedang melakukan interview bekerja dan pada saat itu ada beberapa orang yang akan di interview kerja maka pada saat itu juga sebaiknya anda mempersiapkan diri anda sebaik mungkin dan sesiap mungkin. Yang perlu diingat adalah waktu 30 detik pertama bisa menentukan alur wawancara. Perhatikan dengan benar cara bersalaman, tangan dan termasuk posisi duduk.

Pilihla juga posisi duduk yang di tengah hal ini juga di sebabkan pandangan interviewer akan fokus kepada anda yang duduk di tengah, interviewer akan lebih banyak bertanya kepada anda yang duduk di tengah. Interviewer juga akan lebih mendengarkan pendapat yang duduk di tengah.

Maka hal ini juga akan memudahkan interviewer lebih mengingat anda yang duduk di posisi tengah dan akan menjadi bahan pertimbangan jika bagus akan lebih di pertimbangkan.

Setelah membahas posisi duduk saya akan membahas bentuk meja yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebuah kantor/perusahaan meletakannya di ruang meeting. Baca juga artikel lainnya: Jangan Jadi Seperti YAHOO!

Perbedaan Duduk Meja Panjang dan Bundar

  1. Meja Bundar

Menggunakan meja ini akan membuat anggota rapat duduk  saling berhadapan dan melingkar, dengan pola melingkar dan saling berhadapan itu menunjukkan bahwa para anggota rapat ini saling berada dalam satu meja besar, saling mengetahui lawan bicaranya sehingga memudahkan anggota untuk bertukar pikiran.

  1. Meja Panjang

konsep tempat duduk ini dapat memaksimalkan komunikasi dan interaksi para peserta satu sama lain. Terutama itu karena konsep bangku yang berhadapan, dapat dipastikan bahwa 90% dari peserta tersebut memiliki tingkat konsentrasi yang lebih maksimal untuk memperhatikan pembicara.

Add comment