‘S3 Marketing’  Konsep Penjualan Viral di Media Sosial!

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai strategi S3 Marketing, Slogan marketing viral yang ada di sosial media. 

Dari artis, Selebgram, maupun para pebisnis yang ada di sosial media saat ini sudah mulai banyak menggunakan teknik ini, untuk menjalankan campaign iklan produk mereka. 

Tentunya, bagi kalian pengguna sosial media aktif sudah gak asing bukan dengan istilah S3 Marketing satu ini ? Dan pasti sering melihat berbagai komentar netizen di kolom komen mengenai kalimat s3 marketing.

Jangan – Jangan kalian salah satu yang pernah kena jebakan batman s3 marketing di sosial media ?

Namun tahukah kalian apa itu s3 marketing sebenarnya ?

Yuk! kita bahas bersama.. 

Sebenarnya apa sih konsep s3 marketing itu, dan kira-kira apakah sangat berpengaruh ke produk yang akan di jual di media sosial ? dan bagaimana caranya ? 

Media sosial merupakan media yang sangat luas bagi seorang pebisnis untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, dan merupakan pangsa pasar yang cukup menjanjikan dan menjadi pilihan yang efektif dan cukup efisien dalam memasarkan suatu produk maupun jasa. 

Dengan begitu, para pebisnis berlomba-lomba memasarkan produknya di media sosial, sehingga berbagai produk dan brand saat ini sudah hampir kita temui di media sosial.

Oleh sebab itu, semakin banyak pula pesaing tentunya untuk memasarkan produk di media sosial. Hal ini lah yang membuat para pebisnis online harus memutar otak untuk menjualkan produknya agar terlihat berbeda dan melakukan pemasaran yang tidak biasa. 

Salah satu upaya nya yaitu dengan cara menggunakan trik S3 Marketing.

Apa itu S3 Marketing ? yaitu suatu metode pemasaran yang tidak biasa dengan cara menimbulkan suatu konflik dan menggiring pemikiran para pengguna sosial media ke suatu hal yang tidak biasa.

Istilah ini tentunya bukan istilah akademis, tapi istilah gaul, dimana membuat suatu iklan yang unik dan tidak terduga atau nyeleneh atau bisa disebut out of the box. Sehingga masyarakat menjuluki dengan sebutan ‘S3 marketing’ karena marketingnya di luar dugaan yang ada. 

Jenis marketing seperti ini biasanya sangat banyak mengundang perhatian netizen karena rasa penasaran, sehingga netizen pun ikut heboh dan membuat netizen lain tergerak untuk membagikan konten tersebut pada teman-temannya.

Kemudian menjadi viral di media sosial, seperti instagram, tiktok, twitter, youtube, whatsapp, dll. Sehingga memiliki dampak penjualan yang sangat efektif di media sosial.

Karena hal tersebut, membuat teknik s3 marketing ini menjadi sangat efisien alias berbiaya rendah tapi sangat efektif mengenalkan produk yang ada, dan konsepnya pun diatas rata-rata dan tak terduga yang bikin geleng-geleng kepala para netizen yang sudah terkecoh dengan campaignnya..

Saat ini sudah banyak brand besar melakukan s3 marketing ini menggunakan influencer atau content creator yang bekerja di bidang industri kreatif. 

Karena dinilai lebih mampu membuat konten menarik dan memiliki engagement tinggi di media sosialnya.

Bagi kalian yang berminat menggunakannya, berikut trik untuk menjalankan S3 marketing:

  • Pertama, kalian harus menyiapkan Ide yang tidak biasa dan tidak umum, bahkan tidak pernah terpikirkan, baik dari produk yang akan di jual, nama merek, slogan produk, iklan (gambar/video), hingga harus memilih influencer yang akan menjalankan trik marketing tersebut di media sosialnya secara tepat.
  • Kedua, Pilih konsep yang mungkin akan dipandang sebelah mata alias diremehkan dan sedikit nyeleneh, bahkan enggan dilakukan oleh sebagian besar orang. Karena memungkinkan peluang untuk menarik rasa penasaran netizen lebih tinggi, dan tentunya tidak pernah terbayangkan oleh siapapun bahwa itu adalah sebuah iklan.
  • Ketiga, Kalian dapat melakukannya tidak pada tempatnya, tidak pada waktunya, atau bahkah salah audiance (sasaran iklan), sifatnya bisa acak sehingga sasaran untuk men share campaign nya juga lebih luas.

Berikut, Beberapa influencer dan artis yang sudah berhasil menggunakan s3 Marketing dan sempat viral di sosial media. 

AWKARIN

Baru – Baru ini selebgram Karin Novilda atau familiar di media sosial sebagai Awkarin sempat membuat heboh dunia maya karena dikabarkan membeli sebuah hotel. 

Banyak orang memberikan komentar positif kepada Awkarin ini, karena dapat membeli properti hotel di usianya yang baru ke 23 tahun.

Kabar mengenai Awkarin membeli sebuah hotel itu pun viral di instagram hingga menjadi trending topic di Twitter, karena membuat para remaja seusianya merasa insecure.

Tapi ternyata Awkarin bukan membeli hotel namun hanya mem-booking kamar karena sedang ada promo Traveloka. wah! siapa ni yang ikut terkecoh dengan s3 marketing yang satu ini?

ARIEF MUHAMMAD (POCONGGG)

Youtuber dan influencer Arief Muhammad sempat menjadi perbincangan dan menjadi viral di sosial media, setelah foto dirinya bergaya seperti calon Presiden terpampang pada sebuah baliho raksasa di pinggir jalan dan dilengkapi dengan tulisan ‘Siap Menjadi Nomor 1’, tidak sedikit netizen yang kemudian mengira Arief akan mencalonkan diri untuk mengikuti Pilkada. 

Tidak sampai di situ para teman influencernya pun sempat merepost foto tersebut di akun media sosialnya dan ikut memberikannya dukungan , sehingga membuat para netizen semakin yakin bahwa arief muhammad ini akan maju untuk mengikuti pilkada. 

Tapi lagi, lagi para netizen di buat terkecoh. Ternyata Arief memasang baliho tersebut bukan untuk mencalonkan diri ikut Pilkada, melainkan untuk menjadi salah satu bos merek fashion pria Prepp Studio.

Iqbal Ramadhan 

Billboard atau papan iklan dengan sosok pemuda yang mengaku Iqbaal Ramadhan. Pemuda yang mengenakan kacamata hitam di billboard tersebut disandingkan dengan tulisan “Authentic itu cuma soal rasa!” dan keterangan Iqbaal Ramadhan di sampingnya.

Pemuda tersebut memang hanya mengaku-ngaku sebagai Iqbaal Ramadhan saja. Pasalnya, walaupun sekilas mirip, dia berbeda dengan Iqbaal yang asli.

Billboard itu sendiri mengiklankan Caffino, sebuah merek kopi instan 3-in-1 pertama yang menggunakan kopi asli. Sayangnya billboard Caffino ini menggunakan foto Iqbaal KW atau palsu ini pun telah terlanjur dipublikasikan dan sempat ditanggapi oleh iqbal ramadhan asli di media sosialnya, Sontak hal tersebut menjadi perbincangan hangat di sosial media. Bahkan sampai masuk di akun gosip lho!

Ternyata, setelah ditelusuri, Iqbaal yang asli memang membiarkan Iqbaal KW untuk menggantikannya di billboard iklan tersebut. Bagaimana bisa?

Iqbaal memiliki prinsip #BeAuthentic yang digunakan di produk caffino. Artinya, walaupun ada yang berpura-pura sebagai orang lain, setiap orang tetaplah memiliki keautentikan serta keunikannya masing-masing.

Nah, setelah kita bahas tadi gimana nih pendapat kalian mengenai s3 marketing ini? apakah cukup efisien ? dan jika kalian seorang pebisnis online apakah kalian berminat untuk menggunakan s3 marketing ini ? 

Add comment