Si Hebat CANVA

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan itu kita dapat berkreasi sesuai keinginan kita.

Canva, salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para kreator dalam konten visual. Konten visual sendiri berperan penting di dunia maya, namun menciptakan konten visual bukanlah keahlian sembarang orang, maka dari itu CANVA adalah alternative yang paling tepat,untuk para pemula bahkan yang tidak mempunyai keahlian khusus , dengan porsi elemen grafis yang memadai, membuat audiens akan lebih tertarik dengan konten yang kita buat

Canva sendiri memiliki dua versi, yaitu berbayar dan gratis. namun kalian tidak usah khawatir karna ada beberapa fitur yang sudah dapat kita nikmati tanpa membeli versi premiumnya. 

Manfaat CANVA 

Canva dikenal sebagai aplikasi desain grafis yang sangat mudah digunakan. Keunggulan Canva dibandingkan aplikasi lainnya ada berbagai macam desain yang bisa kita buat dengan canva, termasuk:

  • Logo, adalah salah satu hal terpenting  yang menjadikan ciri khas untuk membedakan branding atau produk dengn poduk yang lain, baik itu sebuah blog, toko online, atau bisnis. Nah, di Canva ada beragam template yang memudahkan kalian untuk membuat logo unik.
  • Poster, kalian ingin membuat iklan untuk sebuah produk, jasa, atau acara? Canva adalah cara yang tepat untuk kalian bisa membuat desain poster yang menarik dengan mudah.
  • Featured Image Blog , Keberadaan featured image dalam sebuah artikel dapat mempercantik desain blog dan membuat pengunjung lebih betah membaca. 
  • Infografik, Agar konten blog lebih variatif, kalian dapat menyelingi artikel dengan infografik. Jenis konten ini rumit dan tidak semua orang mampu membuatnya. Namun, Canva menyulap proses pembuatan infografik menjadi sangat mudah.
  • Newsletter, jika email marketing ada dalam daftar teknik pemasaran yang kita lakukan, pastinya Anda kenal dengan newsletter. Nah, dengan Canva Anda dapat menghemat waktu dalam pembuatan konten email tersebut.
  • Konten Media Sosial, Konten Facebook yang disertai gambar lebih menarik perhatian netizen. Canva sangat mudah untuk mendesain berbagai media visual yang cocok untuk media sosial.
  • Thumbnail Youtube, Thumbnail atau gambar yang mewakili video youtube kalian tidak harus berupa cuplikan dari video, Dengan Canva kalian  bisa mendesain thumbnail Youtube yang unik.
  • Desain Kemasan Produk, Canva juga dapat membantu kalian untuk membuat desain kemasan berbagai jenis produk, mulai dari label botol hingga kotak karton.
  • Invoice, toko online pun perlu memberikan invoice atau rincian pembayaran bagi pembeli. Dengan canva kalian bisa membedakan invoice dengn menggunakan canva. 
  • Banner Iklan, membuat banner untuk iklan website kalian agar menarik bisa dilakukan jika kalian menggunakan Canva.

ternyata, Canva juga memiliki 8.000 lebih template untuk bebagai jenis konten visual di versi non-berbayar.

Kelebihan canva

  • Kustomisasi Teks

 Canva juga dapat dimanfaatkan untuk membuat slide presentasi, dokumen, dan berbagai media cetak, dan dilengkapi fitur untuk memasukkan teks.

  • Ratusan Icon dan Ilustrasi

Canva juga dapat memasukkan icon dan ilustrasi ke dalam karya kalian dengan, variasi icon dan ilustrasi  yang meliputi berbagai tema. 

  • Pilihan Background yang Bervariasi

 Canva juga, mempunyai beragam pilihan gambar dan gradien warna serta membuat background atau latar belakang karya kalian tidak membosankan. Tak hanya itu, kalian juga dapat mengedit setiap background yang digunakan. Sebagai contohnya, kalian bisa mengatur kontras, meningkatkan intensitas warna, dan menambahkan vignette pada latar belakang yang dipilih. Baca juga: Tiktok Edukasi.

  • Media Pembelajaran

Canva menghadirkan video panduan yang meliputi berbagai topik dari tips dan trik Canva hingga penggunaan desain grafis untuk branding bisnis.

Di samping itu, blog Canva juga merupakan ladang ilmu. Melalui artikel-artikel di dalamnya kalian dapat belajar berbagai teknik pemasaran yang menggunakan konten visual.

Cara Menggunakan Canva

  1. Membuat Akun Canva

Untuk menggunakan Canva, kalian harus perlu membuat akun terlebih dahulu. Caranya dengan klik tombol “sign up” yang  ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar. Kalian  dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau alamat email. Setelah itu akun sudah siap digunakan.

  1. Membuat Desain Pertama

Untuk menciptakan desain pertama Anda, klik tombol “create a design” yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada gambar di atas, lalu pilih jenis konten visual yang ingin dibuat.

  1. Memilih Background

Ada dua menu yang bisa kalian pilih ketika ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain, yaitu “Photos” dan “Background”.Pada menu “Photos”, kalian bisa menemukan beragam foto dengan gaya yang berbeda, dan memiliki orientasi  yang berbeda, beberapa di antaranya horizontal dan yang lainnya vertikal.

Di sisi lain, menu “Background” menyediakan berbagai gradien warna dan gambar dengan gaya minimalis. Semua opsi yang ada dalam menu ini berbentuk horizontal.

  1. Mengedit Background

Kalian juga dapat membuat background sendiri. Salah satunya memilih foto untuk dijadikan latar belakang dan meenyesuaikannya sesuai selera kalian.

  1. Menambahkan Teks

Ada dua cara dalam tahap ini. pertama, cara yang lebih praktis bisa menggunakan template yang disediakan oleh canva. Kedua ,kalian bisa membuat sendiri teks secara manual jika tidak tertarik dengan variasi template yang ada.

 Untuk cara ini, klik salah satu dari tiga model tulisan yang ada di atas daftar template. Dengan itu kalian bis memilih model,mengubah ukuran, warna, dan gaya tulisan serta kalian juga bisa memindahkan letaknya sesuai selera.

  1. Mengunduh atau Membagikan Desain Anda

Setelah desain yang kalian buat sudah selesai, kalian bisa mengunduh desain tersebut atau membagikannya ke platform lain, seperti website media sosial.  Canva memiliki fitur auto save, dan karya kalian bisa disimpan secara otomatis pada folder penyimpanan.

Nah, demikian cara penjelasan serta  cara penggunan canva. Mudah bukan? Dan pastinya membuat kalian tertarik untuk menggunakan canvas.

Kesimpulan 

Dengan Canva kalian bisa menyalurkan ide-ide kalian, karna canva merupakan salah satu aplikasi yang hebat dan gratis untuk membuat berbagai macam desain grafis dengan mudah.

Add comment