Silicon Valley, ADIOS !

Ada ga si yang sama dengan aku kalau mendengar kata silicon valley itu langsung inget sama serial drama korea StartUp yang popular itu ?

Meskipun teknologi, internet, dan gadget menjadi 3 hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari dan kita selalu menggunakannya. Namun, apakah kalian mengenal kata silicon valley yang sering dikaitkan dengan teknologi itu ?

Mungkin kebanyakan orang masih belum mengetahui apa itu silicon valley dan kalau aku ga nyari tahu tentang silicon valley ini, aku juga ga bakalan tau deh kayaknya kalau silicon valey itu beneran ada. Baca juga: Belajar Mengenali Ketepatan Waktu Dari Nikhil Kamath.

Kirain, cuma kisah fiktif yang dibuat di drakor StartUp aja. Apa ada ni dari kalian yang sama lagi dengan aku yang ga tau silicon valley itu real ? 

Sesuai judul diatas,  kita akan membahas kenapa banyak perusahaan-perusahaan besar berbondong-bondong pergi dari silicon valley ? 

Sudah bukan asing lagi kan dengan nama youtube, google, facebook, sama apple?

Nah kalian tau ga si tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi dunia itu dimana? 

Pernah juga ga si penasaran sama markas mereka?

Yesss betul, kalau yang tahu pasti jawabnya di silicon valley. 

Ternyata.. perusahaan-perusahaan raksasa itu berkumpul di satu kawasan yang sama, yaitu silicon valley.

Coba bayangkan satu kawasan ini tempat berkumpulnya orang-orang dibalik bisnis besar mereka yang menguasai seluruh dunia. Wah gila, besar sekali ya pastinya.

Bisa dibilang kalau silicon valley itu adalah ibukotanya teknologi dunia. Memang pantas si sebutan itu disematkan pada silicon valley, mengingat silicon valley adalah rumah bagi banyak perusahaan-perusahaan teknologi raksasa yang ada sekarang.

Dan sudah bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan menginginkan kantornya berada dikawasan tersebut.  

Lalu kenapa kawasan yang terletak di san francisco, California – amerika serikat itu mulai ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan besar? 

Padahal kompleks perusahaan teknologi raksasa itu menjadi impian bagi banyak perusahaan untuk berada disana dan kawasan itu sudah menjadi pusat dari berdirinya perusahaan-perusahaan teknologi raksasa itu sejak berpuluh-puluh tahun lalu. 

Sebetulnya apa yang terjadi di silicon valley? Kok banyak perusahaan yang memutuskan untuk memindahkan kantornya dari kawasan tersebut ?

Nah ada beberapa spekulasi yang mengatakan ini akibat dari pandemic covid yang terjadi sekarang, katanya pandemic ini sudah mengubah sistem kerja dan polarisasi politik yang terjadi di amerika serikat.

Biaya hidup yang semakin tinggi serta lokasi yang berdekatan dengan kebakaran hutan California juga menjadi alasan dari hengkangnya perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Kabarnya, itu juga karena munculnya kebijakan work from home atau pola kerja dari rumah yang semakin mendorong perusahaan tersebut untuk memindahkan kantornya dari wilayah tersebut. Alhasil, kebijakan tersebut mengurangi kebutuhan adanya kantor.

Selain itu juga, akibat manajemen yang berantakan di kota dan negara bagian tersebut semakin membuat sejumlah perusahaan teknologi raksasa itu meninggalkan san fransisco. 

Kawasan California itu juga telah mengimplementasikan pembatasan social lebih ketat dibandingkan Florida dan Texas. Harga properti dan pajak penghasilan individu yang tinggi di silicon valley juga memicu beberapa perusahaan yang ada disana untuk hengkang.

Nah silicon valley sendiri itu pertama kali tercipta ketika Hewlett dan Packard mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) pada tahun 1939. Tapi beberapa bulan lalu malah perusahaan tersebut akhirnya memutuskan untuk memindahkan kantor pusatnya menuju Texas. 

Padahal Hewlett-Packard (HP) merupakan salah satu perusahaan teknologi awal yang berdiri di silicon valley.

Ternyata langkah tersebut juga diikuti oleh beberapa perusahaan teknologi yang lain, yaitu Oracle yang juga berencana memindahkan kantor pusatnya ke Austin, Texas. 

Pemindahan oracle tersebut dilakukan untuk menerapkan kerja pegawai yang lebih fleksibel. Selain itu juga, pemindahan ini diharapkan agar oracle mengalami pertumbuhan terbaiknya serta memberikan kesempatan lebih banyak kepada flesibilitas tentang dimana dan bagaimana mereka dalam bekerja.

Orang terkaya kedua didunia, elon musk si iron man dikabarkan juga telah memindahkan kantornya menuju Texas. Tesla sekarang dikabarkan tengah membangun gedung seluas 4 juta kaki di Austin, yang diperkirakan bisa menyerap 5000 tenaga kerja.

Eksodus ini pertama kali dikabarkan oleh Oracle, mereka mengatakan sedang memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada para pekerjanya tentang dimana dan bagaimana mereka bekerja. Nah oracle sendiri didirikan tahun 1977 di silicon valley, 

Sebetulnya perusahaan software bernama Oracle sudah terlebih dahulu keluar dari silicon valley pelan-pelan, ia membuka kantornya di Austin, Texas pada 2018 lalu dengan memanfaatkan biaya hidup yang rendah di daerah itu.

Beberapa bulan lalu, Hewlett-Packard Enterprise dikabarkan menyusul oracle untuk memindahkan kantor pusatnya dari California ke Houston. 

Dikabarkan juga dalam waktu dekat ini, elon musk memutuskan secara pribadi pindah ke Texas.

Memang akibat pandemi covid19 ini mengharuskan setiap karyawannya untuk bekerja dari rumah karena kebijakan yang diharuskan pemerintah, hal itu juga membuat banyak perusahaan yang kekurangan penghasilannya.

Nah berikut ini aku mau kasih tahu beberapa perusahaan-perusahaan yang ada di silicon valley:

  • Apple 

Steve jobs, Ronald wayne, dan steve wozniak yang mendirikan apple mulai beroperasi pada tahun 1976 di Kawasan silicon valley tersebut.

  • Google 

Mesin  pencipta yang saat ini digunakan oleh seluruh penduduk di dunia ini didirikan pada tahun 1988 oleh larry page dan sergey brin yang telah mempekerjakan lebih dari 10.000 orang. Kantor pusat google berada di mountain view, California.

  • Facebook 

Setiap orang yang mengenal facebook, pasti juga mengenal nama mark Zuckerberg sebagai penciptanya. Kantor facebook sendiri telah berbasis di Menlo park, California sejak tahun 2004.

  • Yahoo 

Yahoo didirikan pada tahun 1995 di santa clara, California yang merupakan salah satu kawasan di silicon valley.

Selain ke empat perusahaan teknologi raksasa tadi, ada juga:

– Palo Alto Network, 

– Twitter , 

– Linkedln, 

– PlayStation, 

– eBay, 

– Adobe dan yang lainnya.

Dari beberapa perusahaan yang aku sebutin tadi, menurut temen-temen perusahaan mana ni yang teman-temen tahu ada disilicon valley ???

Terus apa yang bakal terjadi jika semua perusahaan raksasa itu pada meninggalkan silicon valley ? Apa nantinya bakal ada yang menciptakan silicon valley yang baru lagi ? 

Add comment