Siri vs Google Assistant

Berkembangnya teknologi yang terus maju dan semakin modern dari masa ke masa menghasilkan berbagai macam penemuan yang memudahkan tugas manusia. 

Salah satunya adalah perkembangan teknologi Personal Assistant  yang diintergrasikan dengan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence). 

Siri dan Google Assistant adalah dua Personal Assistant yang cukup banyak digunakan saat ini. Siri tersedia hanya pada produk Apple, sedangkan Google Assistant tersedia diseluruh perangkat pada Android.

Siapa yang lebih unggul ?

Siri atau Google Assistant ???

Oke mari kita bahas..

Di era teknologi sekarang, fitur dengan asisten suara diberbagai perangkat digital bukanlah hal yang asing lagi.

Kecerdasan buatan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan oleh kita semua saat ini untuk bisa memiliki assistant pribadi lewat perangkat seluler smartphone.

Kehadiran seorang assistant, walaupun hal itu datangnya dalam bentuk assistant digital seharusnya membuat semua orang patut untuk bersyukur. 

Karena seperti yang kita ketahui, bahwa assistant digital seperti Siri dan Google Assistant memang mempunyai banyak manfaat bagi penggunanya.

GOOGLE ASSISTANT

Google Assistant merupakan personal assistant yang dinamis dan cerdas yang dibuat oleh Google yang telah diluncurkan pada tahun 2016 lalu, yang juga merupakan update-an dari Google Now. 

Google assistant bisa sangat membantu kita mulai dari hal yang sederhana, seperti menerjemahkan bahasa, menyuruh untuk memutarkan music, bahkan untuk menyetel alarm hingga mengatur jadwal dalam kalender kita dan untuk membuka aplikasi. 

Google assistant juga bisa membantu kita disaat kita bingung untuk mencari tempat makan. Kita bisa menanyakannya kepada google assistant, seperti “tempat makan favorite di Palembang” atau “tunjukkin tempat makan terdekat”

Kita juga bisa bermain-main dengan Google assistant atau menjadikannya sebagai teman hiburan disaat kita sedang gabut. 

Bilang saja “kamu mau ga jadi pacar aku?” atau “aku sedang bosan nih”

Cara menggunakannya adalah cukup bilang “Ok Google” lalu kita bisa memerintahkannya.

SIRI

Siri merupakan personal assistant yang pintar dan dapat menyelesaikan sesuatu yang kita perintahkan.

Siri merupakan personal assistant tertua yang pertama kali diluncurkan di App Store pada tahun 2010 lalu dan hanya tersedia di perangkat Apple dengan sistem operasi iOS.

Sama seperti Google Assistant, Siri juga memiliki fungsi-fungsi yang menarik yang sangat membantu kita, seperti membuka aplikasi, mencari informasi, mengirim pesan, menelpon, dan masih banyak lagi.

Siri juga dapat menanyakan sesuatu kembali jika memerlukan informasi lebih lanjut untuk menyelesaikan tugasnya.

Namun siri mempunyai kelemahan dalam bahasa, Siri belum bisa menggunakan bahasa Indonesia, hanya bisa menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.

Cukup mengucapkan “Hi Siri” lalu memberi perintah, jika ingin menggunakannya.

Lantas jika kita membandingkan antara Siri dan Google Assistant, siapa yang lebih unggul ? 

KESIMPULAN

Dengan adanya SIRI dan Google Assistant ini membuktikan kemajuan teknologi yang semakin maju, terutama dibidang kecerdasan buatan yang tersedia di setiap perangkat digital kita.

Kita bisa lihat dari perbandingan tadi kalau keduanya sama-sama pintar. Siri lebih interative menjelaskan dan menanyakan kembali untuk menawarkan informasi lebih pada jawaban untuk beberapa hal dibandingkan Google Assistant, namun Google Assistant lebih mengerti bahasa-bahasa yang santai dibandingkan Siri dan jika ada pertanyaan yang lebih kompleks, Google Assistant menunjukkan kecerdasannya.

SIRI dan Google Assistant adalah asisten digital dari dua platform yang berbeda. Keduanya adalah Personal Assistant yang popular serta cerdas. 

Jika ingin memilih SIRI atau Google Assistant, pilihlah perangkat seluler yang paling sesuai untuk kalian, lalu pelajari apa saja yang dapat dilakukan asistennya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Add comment