Strategi laut biru/Blue Ocean Strategy 

Apa yang terbayang oleh kamu ketika mendengar tentang laut biru ? pastinya terbayang betapa luasnya dan tentu saja keindahan pemandangan laut yang ada. Namun dengan keindahan yang ada ternyata laut biru menyimpan banyak sekali makna yang bisa kita ambil, termasuk dalam strategi laut biru/ Blue Ocean Strategy. 

Strategi laut biru berfokus pada peningkatan permintaan dan menghindari dari kompetensi dengan membuat suatu nilai dan keunikan yang berbeda.

 Seperti halnya analogi lautan biru yang luas sehingga membuat potensi yang tak terduga, kuat, dan luas di ruang pasar yang belum dijelajahi dan sehingga strategi bisnis laut biru bisa terbilang memiliki  pangsa pasar yang cukup menguntungkan.Strategi laut biru/Blue Ocean Strategy ini juga dibahas pada buku W. Chan Kim dan Renée Mauborgne. 

Nah gimana kalo kita bahas bersama tentang strategi laut biru ini ? 

Tapi, Sebelum ke pembahasan lebih lanjut silahkan klik tombol like, dan subscribe channel ini agar kalian gak ketinggalan video lainnya. 

Menurut Wikipedia, menjelaskan strategi laut biru, atau lebih populer dengan istilahnya dalam Bahasa Inggris, Blue Ocean Strategy, adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari samudra merah persaingan berdarah (sudah banyak saingan berat) dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan.

Strategi laut biru ini tentang merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan tren terbaru.

Karena produk belum ada sebelumnya. Strategi laut biru ini dapat memenuhi permintaan baru dengan membiasakan produk unik dengan fitur-fitur canggih yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Baca juga artikel lainnya: Menjadi Spesialis atau Serba Bisa ?

Bisa dibilang, strategi ini memicu perusahaan untuk menawarkan produk yang sangat bernilai kepada pembeli dan mendukung perusahaan untuk lebih menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. 

Esensi dari strategi laut biru ini yaitu mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari oleh yang lain. Dengan demikian produk yang menggunakan strategi laut biru ini mampu menguasai pasar.

Berikut step – step untuk memulai strategi laut biru

  1.  Menciptakan dan meriset pasar baru
    Jika ingin menciptakan pasar baru, kalian perlu tahu jenis pasar seperti apa yang ingin dimasuki. Hal ini mencakup dengan riset pasar, strategi pemasaran, jenis kompetisi, hingga cara bagaimana memenangkan hati konsumen.Hal ini menjadi poin penting untuk inovasi yang akan dikembangkan nanti.
  2. Mengetahui Peluang Sukses & Gagal
    Mereset seberapa besar kemungkinan Anda sukses dan gagal pada strategi pemasaran yang akan dipilih.
  3. Peningkatan nilai tambah luar biasa pada pelanggan
    Meningkatkan Keuntungan pelanggan yang utama, meminimalisir harga jual, biaya, dan bagaimana mengadaptasikan inovasi baru pada keadaan internal maupun extern.
  4. Sikap dan Perilaku Eksekusi Strategy yang konsisten
    Diperlukan komitmen dan kepercayaan yang tinggi terhadap team yang akan melakukan eksekusi strategy sehingga terciptanya suasana yang mendukung dalam pelaksanaan eksekusi strategy.

Kelebihan dan Kekurangan dari strategi bisnis laut biru

Adapun beberapa yang menjadi kelebihan dan kekurangan strategi laut biru ini yaitu memiliki kelebihan seperti penetapan harga jual tidak dipengaruhi oleh kompetitor dalam red ocean, dan dapat meningkatkan kualitas produksi perusahaan dan mempertahankan perusahaan jika terjadi krisis ekonomi yang terakhir yaitu terciptanya brand baru pertama kali dan sukses akan sangat dikenal pelanggan..

Sedangkan kelemahan dari strategi laut biru ini pastinya Membutuhkan investasi dan biaya yang cukup besar dan perlu mengedukasi awal kepada pelanggan agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai produk yang dijual.

Contoh Brand yang menggunakan strategi laut biru yaitu WARDAH

Brand kosmetik Wardah ini menjadi pelopor yang berhasil menerapkan strategi laut biru. Kenapa ?
Karena wardah pertama kali menciptakan produk dengan nilai keagamaan dalam kehalalan produknya.

Wardah berhasil menemukan mangsa pasarnya yang luas, dimana wardah menargetkan wanita Indonesia dimana mayoritas adalah muslim. Dengan itu, menjadikan wardah brand yang cukup terkenal dikalangan wanita muslimah.

Kesimpulan

Nah setelah kita bahas dapat kita tarik kesimpulan. Saat ini dimana zaman semakin maju persaingan usaha semakin ketat, sehingga pelaku bisnis harus dapat mencari ide-ide dan strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif. Dengan adanya strategi laut biru ini, maka peluang bisnis akan lebih terbuka dan lebih mudah dalam meraup untung besar. 

Tapi pastinya kalian perlu menerapkan inovasi yang tidak terpikirkan oleh pesaing bisnis lainnya. Meskipun inovasi yang diciptakan di luar dari zona nyaman yang ada.
Sekian pembahasan kita kali ini, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di video selanjutnya !

Add comment