Strategi Marketing Unik Coca Cola 

Siapa sih yang gak tau sama brand minuman soda satu ini, dari anak kecil sampai orang dewasa pun pasti tau lah ya..

Bukan hanya terkenal di Indonesia coca cola juga terkenal hampir di seluruh dunia (sound tepuk tangan)

Seperti yang bisa kalian lihat dari judul nih, kita kali ini akan membahas bersama strategi marketing unik yang dijalankan oleh coca cola, sehingga coca cola pun masih eksis saat ini.

Mengenal Coca Cola

Coca-Cola merupakan minuman bersoda yang berasal dari perusahaan yang paling besar yang ada di dunia yaitu The coca cola company, Perusahaan ini pun merupakan sebuah manufaktur raksasa, bahkan juga merupakan sebuah distributor terbesar lho !

Namun, sebelum namanya besar seperti sekarang siapa sangka coca cola pada tahun pertama perilisannya hanya terjual 25 botol.Tentu saja coca cola telah melewati sejarah yang amat panjang untuk sampai pada titik saat ini dimana produk minuman soda nya bisa dikatakan brand kelas dunia.

Brand kelas dunia ? yak! karena coca cola ini telah dijual dan juga di nikmati di lebih dari 200 negara yang ada di berbagai toko, restoran, dan juga di beberapa vending machine yang ada di seluruh dunia. Baca juga : Strategi laut biru/Blue Ocean Strategy.

Di balik kesuksesan penjualannya, Ternyata coca cola menerapkan strategi marketing unik dan luar biasa hingga namanya pun selalu lengket di kepala kita.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih mengenai rahasia di balik strategi marketing unik Coca-Cola, berikut kami rangkum beberapa taktik marketing viral Coca Cola  yang mungkin dapat menginspirasi bisnismu.

Strategi marketing unik yang dijalankan coca cola yang pertama yaitu dari segi Iklan, Dimana Coca Cola selalu menghadirkan iklan yang unik dan bisa sampai viral, contohnya: 

  1. Chok

Chok ini merupakan salah satu iklan Coca Cola yang mengkolaborasikan teknologi game dan iklan.

Sebelum digunakan, konsumen telah diminta untuk men-download aplikasi tersebut untuk dapat turut bermain.

Untuk memainkan Chok ini kalian harus menggunakan smartphone sehingga bisa membuka tutup botol Coca Cola hingga terbang melintasi layar televisi.

Jika pemutaran iklan Coca cola tersebut diumumkan. Mereka yang telah mengunduh aplikasi tersebut bisa langsung bersiap di layar televisi dan langsung memainkan Chok ini..

Strategi unik inilah yang membuat 3880 ribu orang mendownload chok sejak pertama kali dirilis sehingga nama coca cola menjadi perbincangan hangat saat itu, dan nama nya pun menjadi terkenal.

Strategi satu ini memanfaatan teknologi digital untuk dapat berhubungan dengan pasar dan juga teknik dari marketing yang cerdas, dimana untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat secara lebih intensif.

  1. Iklan Coca Cola versi Brrr 

    Yang menarik dari iklan Coca Cola versi brrr ini yaitu keberagaman konsep iklan sesuai dengan kultur negara dimana kampanye tersebut ditayangkan. Konsep iklan tersebut sesungguhnya sama tetapi dibuat dalam versi yang berbeda-beda.

konsep iklan coca cola ini yaitu ingin menonjolkan minuman segar yang mampu membuat mereka yang meminumnya secara instan, dapat merasa segar kembali.

sehingga menciptakan ekspresi yang sama yaitu ucapan “brrr”  setelah meneguk Coca Cola.

Strategi marketing unik yang dijalankan coca cola yang kedua yaitu dari segi kemasan, dimana kemasan coca cola ini selalu hadir dengan desain yang inovatif dan kreatif. Contohnya:

  1. Share a Coke ( Berbagi Coca-Cola )

Share a Coke ini merupakan kampanye Coca-Cola yang paling unik. Kampanye ini bukanlah ide yang sederhana dan mampu menghasilkan sesuatu yang mengagumkan dalam penjualan coca cola itu tersendiri dan berjalan sekitar 2 tahun lho! cukup lama ya..
Kampanye “Share A Coke” ini berupa botol Coca-cola berlabel 150 nama orang yang mungkin salah satunya yaitu namamu.

Dimulai pada 2011, kampanye ini dapat meningkatkan 7 persen penjualan. Tidak hanya itu, kampanye ini juga meningkatkan 870 persen kunjungan di Facebook Coca cola dengan jumlah likes bertambah 39 persen.

  1. Desain sesuai dengan hari-hari besar

Selain desain share a coke, coca cola juga selalu hadir dengan desain yang menyesuaikan hari-hari besar. Seperti di desain pada bulan ramadhan, dan natal. Dengan adanya desain tersebut coca cola banyak merebut hati masyarakat karena dinilai menghargai hari-hari besar yang ada.

Strategi marketing terakhir yang dilakukan coca cola agar terkenal menjadi brand dunia yaitu coca cola selalu ikut serta di Event Olahraga

Mungkin banyak orang berpikir, Coca-Cola merupakan minuman yang kurang menyehatkan bagi tubuh.

Untuk menghapus stigma tersebut, Coca Cola selalu aktif menjadi sponsor event olahraga besar seperti Olimpiade dan Super Bowl. Bahkan, perusahaan ini juga mengajak para atlet untuk menjadi bintang iklan minuman mereka. Oleh karena itu saat kita menonton pertandingan selalu terlihat nama coca cola bukan ?

Kesimpulan

Selain trik marketing yang luar biasa dan unik yang dilakukan coca cola, coca cola juga mengkonsep penjualnya yaitu “Daripada hanya sekedar menjual minuman, Coca-Cola lebih ‘menjual’ pesan positif seperti kebahagiaan. Sehingga semua orang bisa dekat dengan Coca-Cola.

Dengan konsep tersebut, Coca-Cola dapat melekat di pikiran dan produknya juga mudah ditemui sehingga penjualan coca cola sangat sukses dan produknya dapat mencuri hati konsumennya.

Yap begitulah sedikit pelajaran yang dapat kita ambil dari video strategi marketing unik dari coca cola kali ini. 

 

Add comment