Tiktok Edukasi

Apasih TIKTOK EDUKASI ITU ?

Kita semua pasti tau bahkan pasti punya aplikasi yang berdurasi 15 detik sampai 60 detik ini, aplikasi yang berasal dari CINA yang  sudah diunduh 2 miliar diGoogle Play Store maupun App Store per awal bulan Mei. Jumlahnya melonjak dua kali lipat dalam 15 bulan, salah satunya karena pandemi corona.

Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi Covid-19 ini. Kolaborasi berbagai pihak menjadikan TikTok tak hanya menghibur, namun juga memberikan rasa saling terhubung dan menginspirsi semua orang. Konten-konten yang diunggah ke aplikasi TikTok pun beragam, seperti dance, memasak, dan make up.


Kalian tau nggak sih ? ternyata tidak hanya konten yang seperti itu yang menarik minat pengguna tiktok, tapi salah satunya yang paling popular adalah konten tiktok edukasi.

Eeehmmm …

Kalian pasti bingung apasih tiktok edukasi itu ?

Yang bagaimana sih tiktok edukasi itu ?

TikTok Edukasi sendiri adalah sebuah video singkat yang didalamnya  berisikan tentang pengajaran dan informasi yang disertakan dengan music,voice note,dan teks,sehingga membuat penggemar tiktok makin tertarik dengan konten tiktok edukasi tersebut. Konten edukasi berupa video dan musik selain sebagai wawasan informasi dan pengetahuan, juga sebagai wadah menyalurkan ekspresi kreativitas penggunanya dan melatih motivasi dan kemampuan remaja serta anak-anak untuk mengasah skill editing video di dunia teknologi smartphone dan pastinya untuk konten edukasi yang sangat bermanfaat.

Dan kalian harus tau dan wajib tau.

Mendukungnya tiktok edukasi ini, sampai diadakannya lomba edukasi dari tiktok lewat kontes daring dengan mencantumkan tagar #TikTokPintar dan #SamaSamaBelajar. Tidak hanya itu, untuk memperkuat konten tiktok edukasi diadakannya program belajar lewat aplikasi tersebut. Untuk meramaikan konten #BelajarBareng, Program ini merupakan kolaborasi TikTok dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud). Baca juga: Teknologi 5G Impian di Masa Depan.

Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat seluruh kegiatan belajar mengajar berpindah ke ranah digital. Para pengajar dituntut cepat beradaptasi dengan transformasi digital dan menyesuaikan cara mengajar agar tetap efisien serta mudah dipahami oleh pelajar. Dengan memanfaatkan TikTok sebagai platform edukasi, para pengajar profesional dapat membagikan ilmu mereka tak hanya untuk anak didiknya, tapi juga ke seluruh pengguna TikTok.

Apa saja sih konten tiktok edukasi yang paling popular ?

Pertama, yang paling dicari informasinya adalah mengenai teknologi yang dibagikan oleh Gadgetin. Misalnya berbagi tips membeli laptop atau sebagainya. Salah satu akun yang mampu mencetak angka tertinggi dilihat masyarakat adalah Mulai Media yang mampu mencetak 2,5 M ditonton. 

Kedua, paling banyak dicari adalah mengenai kesehatan. Salah satu akun yang videonya banyak ditonton adalah Tanyakan Dokter. Pemilik akun ini adalah seorang dokter kulit yaitu Dr.Yessic Tania sehingga ia sering memberikan tips dan informasi mengenai kesehatan kulit yang umum dialami masyarakat. Bahkan salah satu videonya mampu mencetak 17,3 M kali dilihat oleh masyarakat.

Ketiga, mengenai tips berolahraga yang dibagikan oleh DienLimano. Ia adalah seorang certified personal trainer yang berisi berbagai tips dan contoh gerakan olahraga yang bisa dicoba di rumah. Selain itu, akun dienlimano juga membagikan konten yang berisi penjelasan dari mitos kesehatan yang keliru.

Maka dari itu di sini para kreator ditantang untuk menghasilkan konten edukasi yang berkualitas dalam berbagai tema seperti pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, teknologi dan masih banyak lagi.

Semakin banyaknya konten edukasi di TikTok berpengaruh kepada keberagaman kreator serta konten.  melalui tips dan juga kompetisi yang mendorong mereka untuk menghasilkan konten yang semakin bagus dan informatif,

Kesimpulan 

Dengan adanya tiktok edukasi yang diiringi canggihnya teknologi smartphone membuat kita semakin pintar. Pintar dalam mengolah teknologi yang semakin hari semakin canggih sebagian besarnya adalah aplikasi tiktok ini.

Nah,gimana setelah mendengar penjelasan yang sudah saya jelaskan kalian khususnya pengguna tiktok makin tertarik bukan ?untuk mengenal edukasi dari aplikasi tersebut. Atau mungkin kalian tertarik untuk mencoba membuat tiktok edukasi yang bermanfaat untuk orang lain. 

Add comment