Voice search vs Visual search

Kalian perna ga kesulitan dalam mencari kata kunci untuk mengetahui suatu kebutuhan sehari-hari, misalnya kalian ingin mencari suatu film pada smartphone atau mungkin pada android tv ? tapi kalian kesuliatan bahkan kebingung bagaimana sih tulisan yang sebenarnya ?

Eats , jangan bingung lagi. Karena semua teknologi yang kita punya memiliki kecanggihan yang luar bisa, yang dimana smartphone bahkan android tv yang ada dirumah sudah dilengkapi dengan Voice search dan Visual search yang bisa menolong kamu dari kesulitan itu. 

Penggunaan smartphone yang terus melonjak, membuat semua aktivitas berjalan dengan lancar. Mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai urusan bisnis yang tidak diragukan lagi bahwa smartphone memainkan peran besar dalam perjalanan pelanggan.

Apakah Kamu tau ? Sekarang semua smartphone dan android tv merek apapun sudah dilengkapi dengan voice search dan visual search. Oleh karena itu, beberapa bisnis terbesar mengeluarkan banyak uang untuk mengembangkan pencarian suara (voice search) serta teknologi pencarian visual (visual search).

Kalau sebelumnya kita mengetik semua yang ingin kita telusuri pada kueri penelusuran. Berbeda dengan voice search dan visual search yang akan memepermudah kamu untuk menemukan kata kunci.

Apa itu voice search ?

Voice search merupakan penelusuran suara yang berkisar pada teknologi melalui pengenalan ucapan yang memungkinkan pengguna menelusuri dengan mengucapkan istilah alih-alih mengetiknya. Read also: Tokopedia & Traveloka bakal IPO.

Dengan bantuan astitent pintar digital di smartphone yang sangat canggih yaitu ‘oke google’ pada semua perangkat android dan ‘siri’ pada perangkat ios. Dengan adanya voice search membuat semua aktivitas yang kita lakukan berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Contohnya : kamu ingin menonton film teletubbie , tapi kamu tidak tahu tulisan yang benar bagaimana, lalu kamu kesulitan bahkan kebingungan. Kamu bisa menggunakan voice search dengan bantuan asisten digital di smartphone kamu baik itu ‘oke google’ atau ‘siri’.

Caranya cukup menekan tombol mikrofon dan mengucapkannya, atau kamu juga bisa langsung mengucapkan ‘oke google’ disertai film yang ingin kamu cari (‘okey google film teletubbies di youtube’), maka semua episode film teletubbies yang ada di youtube akan muncul. 

Voice search sama halnya jika kamu ingin menonton film di android tv. Dengan kemampuan voice search yang berperan sangat penting pada android tv.

Android TV adalah versi sistem operasi android google yang telah dikonfigurasikan secara khusus untuk TV. Berbeda dengan sistem android pada smartphone dengan layar penuh aplikasi seperti browser, cuaca, atau saham.

Android tv lebih fokus untuk membantu dalam menemukan berbagai konten yang dapat dinikmati. Dilengkapi dengan google assistant yaitu ‘oke google’ yang sama hal dengan smartphone. Untuk mengaktifkan fitur ini di android tv, hanya dengan mengatakan ‘oke google’ atau menekan tombol mikrofon.

Nah, voice search secara keseluruhan akan membantu kamu untuk mencari apapun dengan lebih cepat dari pada pencarian menggunakan teks yang harus diketik terlebih dahulu.

Voice search juga, tidak hanya membantu kita untuk mencari film, mencari tempat makan, atau bahkan mencari suatu produk, melainkan juga bisa membantu kita untuk melakukan aktivitas yang lainnya, misal mengantur alarm kerja, mengatur jadwal dikalender, dan membantu kita untuk membuka aplikasi yang ada di smartphone melalui ‘okey google’ yang ada di prangkat smartphone.

Hal ini juga yang dapat kita pahami sebagai jenis sistem dialog yang umumnya berinteraksi dan terdiri dari putaran interaksi. Jadi pencarian yang lebih cepat juga memastikan jawaban yang lebih cepat bagi pengguna. 

Dengan kemampuan suara yang dianggap lebih efektif untuk pencarian seluler, menjadi sebuah alasan mengapa lebih banyak orang-orang  diluar sana memilih pencarian suara daripada mengetik kata kunci untukpencarian seluler sendiri.

Apa itu Visual search ?

Visual search merupakan cara penelurusan dengan menggunakan gambar yang diambil dari kamera pada aplikasi google itu sendiri. Terdapat di pojok kanan atas pada sebuah mesin pencarian yang berbentuk kamera untuk melakukan suatu pecarian dengan menjepret gambar tersebut. 

Namun visual search di perangkat ios, memerlukan bantuan aplikasi google lens yang merupakan layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) artificial intellegence dan machine learning yang mampu mendeteksi objek secara cerdas langsung  melalui perangkat kamera smarthone. 

Google Lens yang bekerja dengan memudahkan pengguna mengenali objek hanya dengan mengarahkan lensa kamera ke objek yang diinginkan. Misalnya, jika kamu mengarahkan kamera ke objek bunga. Google Lens tidak hanya akan mengidentifikasi jenis dan nama bunga itu, tetapi juga memberikan informasi lainnya, seperti letak toko bunga tersebut. 

Google Lens bekerja paling baik untuk mengidentifikasi teks, sebuah produk, bangunan terkenal, nama makan dan minuman terenak, restaurant terdekat, dan masih banyak lagi. 

Google Lens juga dapat menampilkan ulasan, akun media sosial, dan informasi bisnis, misalnya, ketika diarahkan ke tenda sebuah toko yang sudah masuk di dalam jangkauan Google. Selain itu, Google Lens juga dapat memindai kode QR, menyalin teks tertulis, dan bahkan menerjemahkan dokumen langsung dari bahasa lain. 

Berbeda dengan teks search dan voice seacrh, visual search dengan penelusuran visual menggunakan gambar sebagai kueri penelusuran. Ini berbeda dengan penelusuran Gambar Google, yang teksnya masih digunakan untuk menemukan gambar yang paling cocok. 

Hal ini membuat cara kerja yang mengubah ponsel kamera menjadi mesin telusur. Kamu dapat mengarahkannya ke objek apa pun yang ingin kamu cari dengan mengambil gambar atau mengunggahnya dari galeri, lalu kamu  akan menerima hasil pencariannya. 

Namun visual search tidak bisa membantu kita untuk mengatur alarm, mengatur jadwal di kalender, dan mambantu membuka aplikasi yang ada di smartphone.

Nah sekarang kita akan mencoba membandingkan dari keduanya  mana yang lebih unggul dari voice search dan visual search. Disini untuk membandingkannya aku menggunakan google asistent.

Kesimpulan 

Jadi kesimpulannya adalah dengan adanya voice search dan visual search yang sangat membantu aktivitas keseharian kita. Dan lewat perbandingan yang sudah kita lihat di video ini, yang dimana voice search lebih unggul dari visual search. 

Mulai dari penggunaan voice search yang tidak ribet dibandingkan visual search, karena voice search secara lansung bisa mendekteksi suara tanpa membuka aplikasi tersebut, dibandingan dengan visual search yang harus terlebih dahulu membuka aplikasinya, mengarahkan kamera ke suatu objek yang ingin dicari dan menjepretnya.

Nah balik lagi ke kamu nih, lebih nyaman menggunakan yang mana apakah voice search atau visual search ?

Add comment